5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Selama ini, blog sering dipahami sebagai platform digital untuk membagikan tulisan. Padahal, blog juga bisa menjadi alat untuk menghasilkan uang. Bahkan cara yang bisa Anda coba pun cukup banyak. Semuanya mudah dilakukan dan tidak memerlukan proses yang berbelit-belit. Penasaran caranya? Simak lima cara mendapatkan uang dari blog berikut ini.

Pilihan Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan uang dari blog. Setiap cara ini bisa Anda praktikkan dengan baik asal mau mengikutinya.

1. Bergabung dengan program afiliasi

Cara mendapatkan uang dari blog yang pertama adalah bergabung dengan program afiliasi. Afiliasi atau affiliate marketing adalah strategi pemasaran berbasis komisi. Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil mempromosikan produk. Cara kerjanya mirip sistem pembagian kode referral.

Di blog, Anda bisa memasang link afiliasi suatu brand atau perusahaan. Untuk setiap klik dari pengunjung blog, perusahaan akan memberikan komisi kepada Anda. Nah, pertanyaannya, di mana bisa menemukan program afiliasi ini? Kebanyakan e-commerce yang ada sekarang menawarkan afiliasi, tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan Anda.

2. Menawarkan banner iklan

Cara lainnya adalah menawarkan pemasangan banner iklan di blog Anda. Ada banyak platform yang menyediakan layanan ini, namun yang paling populer adalah Google AdSense. Dengan mengikuti program AdSense, artinya Anda menawarkan blog kepada Google untuk dijadikan media pemasangan iklan digital.

Seluruh proses, mulai dari mencari klien hingga pemasangan iklan, akan dilakukan oleh Google. Anda tinggal membuat akun AdSense saja. Untuk metode penghitungannya, Anda bisa memilih metode CPC, cost per click (bayar setiap klik) atau CPM, hingga cost per thousand (bayar setiap 1.000 impresi dari audiens).

Baca Juga : Pelajari 4 Cara Berikut Untuk Monetisasi Blog 

3. Menulis konten sponsor

Jika blog Anda memiliki banyak pembaca dan memiliki engagement rate tinggi, biasanya akan ada tawaran dari brand atau perusahaan untuk menulis tentang produk mereka di blog. Kesempatan ini tentu bisa menjadi cara mendapatkan uang dari blog.

Katakanlah Anda memiliki blog tentang review handphone dan audiens Anda cukup besar, maka kemungkinan tawaran menulis dari brand seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, hingga Apple pun terbuka lebar. Bagi brand, ini adalah strategi pemasaran yang efisien. Anda pun bisa untung karena umumnya penulisan konten sponsor bisa dikenai tarif khusus.

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Blogger Indonesia Terkenal

4. Menjadi penulis tamu

Berikutnya, cara mendapatkan uang dari blog juga bisa dilakukan dengan menjadi penulis tamu. Media digital biasanya memiliki kolom khusus yang ditulis oleh pakar atau penulis tamu. Anda yang memiliki konten blog khusus tentu punya peluang besar untuk menjadi penulis tamu tersebut.

Misalnya, Anda senang menulis tentang skincare dan makeup di blog. Media digital yang punya segmentasi pasar pengguna skincare dan makeup tentu berminat untuk menjadikan Anda sebagai penulis tamu di platform mereka. Biasanya, penulis tamu pun akan mendapatkan komisi. Namun, jika tidak, jadikan kesempatan tersebut sebagai sarana promosi blog Anda agar lebih dikenal masyarakat luas.

5. Menjual produk di blog

Terakhir, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual produk di blog. Produk yang ditawarkan pun tidak harus produk “fisik” seperti merchandise. Namun, Anda juga bisa menawarkan produk digital yang lebih mudah distribusinya.

Cobalah tawarkan e-book karya Anda, kursus online atau workshop pelatihan, hingga konten video berbayar. Namun, perlu diperhatikan, konten berbayar tersebut harus memiliki kualitas yang benar-benar baik agar audiens Anda tidak menyesal untuk mengeluarkan uang. 
Berdasarkan pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ternyata cara mendapatkan uang dari blog punya peluang yang cukup menjanjikan. Bahkan jika traffic dan engagement-nya tinggi, Anda bisa mengembangkan blog menjadi sebuah website. Alhasil, reputasi Anda pun akan meningkat secara positif, terutama jika website tersebut didesain seprofesional mungkin. Jadi, jangan ragu mengoptimalkan blog Anda hingga bisa menjadi media untuk mendapatkan pemasukan tambahan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post