Panduan Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

Cara-Menggunakan-WordPress-Bagi-Pemula

WordPress bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin membuat website tanpa coding. Membuat website menjadi lebih mudah dilakukan dengan WordPress, bahkan untuk pemula sekalipun. Proses pembuatan website menggunakan WordPress akan terasa lebih praktis karena tidak memerlukan bahasa pemrograman yang rumit. Lalu, apa itu WordPress? Bagaimana cara menggunakan WordPress?

Ingin tahu lebih dalam mengenai cara menggunakan WordPress bagi pemula? Pelajari panduan lengkapnya melalui artikel ToffeeDev berikut ini!

Mengenal apa Itu WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan untuk membuat website. WordPress memiliki tampilan UI (User Interface) yang user friendly dan bisa dioperasikan tanpa coding, sehingga mudah dipahami dan sangat cocok untuk pemula.

WordPress juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung Anda untuk membuat website yang berkualitas dan proper. Selain itu, WordPress bersifat open source. Artinya, layanan yang disediakan WordPress untuk membuat sebuah website bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun, apabila ingin membuat website yang lebih profesional, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah hosting dan domain.

Baca Juga: 6 Langkah Cara Membuat Website di WordPress untuk Pemula

4 Fungsi WordPress

Awalnya, WordPress hanya dapat digunakan untuk membuat website sederhana yang menampilkan tulisan. Namun, seiring berjalannya waktu, kini WordPress dapat difungsikan untuk membuat berbagai jenis website sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh jenis website yang bisa Anda buat menggunakan WordPress.

Fungsi WordPress

1. Website Perusahaan

Pertama, Anda bisa membuat website yang profesional dengan menggunakan WordPress. WordPress menyediakan banyak tema yang sangat cocok untuk website perusahaan. 

Tema-tema tersebut dapat dimodifikasi atau dipersonalisasi berdasarkan keinginan, sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah website perusahaan yang profesional dan sesuai dengan karakter perusahaan. 

2. Website Forum Online

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat website forum online. WordPress menyediakan beberapa layanan atau fitur yang banyak digunakan pada beberapa forum online seperti Kaskus, Quora, ataupun Reddit.

Beberapa fitur yang dimaksud diantaranya adalah pembuatan sebuah akun untuk pengunjung, membuat sebuah postingan, hingga kolom komentar untuk memberikan tanggapan terhadap postingan pengunjung lainnya.

Baca Juga: Kriteria CMS Untuk Website yang Paling Tepat

3. Website Blog atau Berita

Fungsi WordPress yang paling umum adalah untuk membuat website blog atau berita. Pada awalnya, WordPress memang merupakan sebuah blogging platform, sehingga fitur untuk membuat blognya tidak perlu diragukan lagi.

WordPress menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan media visual dari Youtube untuk menunjang informasi yang diberikan di dalam website. Selain itu, ada juga fitur kategori konten yang memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari.

4. Website Online Shop

Penggunaan WordPress untuk membuat toko online akan memberikan Anda kemudahan yang lebih leluasa dalam melakukan pengaturan dibandingkan menggunakan marketplace.

WordPress menyediakan fitur ala e-commerce yang memudahkan pengunjung melakukan transaksi seperti keranjang pesanan, estimasi ongkos kirim, pengembalian dana, halaman checkout dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mantapkan SEO dengan Taksonomi Website yang Baik

5 Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

Setelah mengetahui apa itu WordPress dan fungsinya, kini saatnya membahas topik utama pada artikel ini, yaitu cara menggunakan WordPress bagi pemula. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

1. Masuk ke Halaman Admin WordPress

Ketika Anda ingin mengelola website yang dibuat, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah masuk ke dalam halaman admin WordPress. Cara untuk memasuki halaman admin WordPress sangatlah mudah.

Pertama, ketikkan pada address bar: namadomain.com/wp-admin. Nantinya, Anda akan langsung diarahkan ke halaman login WordPress. Selanjutnya, masukkan username/email dan password yang didaftarkan sebelumnya, lalu klik “Login”.

2. Mengganti Tema Website

Saat pertama kali menggunakan WordPress, biasanya tampilan website masih belum sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membuat tampilannya sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mengubah temanya. 

Mengganti tema website pada WordPress bisa dilakukan dengan cara pergi ke menu “Appearance” lalu pilih “Themes”. Setelah itu, pilih tema yang Anda suka kemudian klik “Install”. Ketika tema telah berhasil di-install, klik tombol “Activate” untuk membuat tampilan websitenya berubah.

3. Memasang Plugin

Plugin merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menambahkan fitur tertentu pada WordPress, sehingga proses pembuatan atau pengelolaan website Anda akan makin mudah.

Untuk menambah plugin, caranya pergi ke menu “Plugins” lalu pilih “Add New”. Kemudian, cari plugin yang ingin Anda install pada kolom pencarian. Ketika sudah ketemu, langsung saja klik “Install Now” lalu klik “Activate” untuk mengaktifkannya.

4. Mengatur Permalink

Permalink merupakan link dari suatu halaman website atau postingan artikel. Pada pengaturan default, permalink akan menjadi sangat panjang. Selain sulit diingat oleh pengunjung, permalink yang terlalu panjang juga akan menghambat performa SEO. Maka dari itu, Anda perlu mengaturnya.

Anda bisa mengatur permalink dengan pergi ke menu “Settings” lalu pilih “Permalinks”. Setelah itu, pilih “Custom Structure” dan atur permalink sesuai kebutuhan. Jika sudah, klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.

Baca Juga: Apa itu Slug? Apa Kegunaannya Untuk Website Anda?

5. Menambahkan Page Baru

Penambahan page atau halaman pada website ini berguna untuk menampilkan informasi yang lebih lengkap kepada pengunjung. Cara menambahkan halaman pada WordPress juga sangat mudah dilakukan.

Pertama, buka menu “Pages” dan pilih “Add New”. Kemudian masukkan judul dan isi konten pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya klik “Publish” untuk menerbitkan halaman tersebut.

Jasa SEO

Bagaimana? Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda tertarik untuk membuat website sendiri menggunakan WordPress? Untuk bisa membuat website yang profesional dan berkualitas memang tidaklah mudah. Diperlukan banyak latihan, kesabaran, dan juga ketelitian yang tinggi untuk mewujudkannya.

Namun, apabila Anda menginginkan sebuah website profesional dalam waktu yang singkat, gunakan saja jasa pembuatan website dari ToffeeDev. Website yang dibuat ToffeeDev sudah disesuaikan dengan standar SEO, sehingga bisa menempati peringkat teratas Google. Selain itu, tampilannya juga dibuat user dan mobile friendly agar mudah dipahami dan diakses dengan apa saja. Segera hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat