5 Cara Meningkatkan CTR yang Mudah

Dalam konteks digital marketing, trafik yang tinggi bukanlah satu-satunya parameter penting untuk mengukur kesuksesan promosi atau kampanye. Anda juga perlu memperhatikan Click Through Rate (CTR) untuk—setidaknya—menganalisis bounce rate. Maka dari itu, penting bagi tiap digital marketer memahami cara meningkatkan CTR sebagai skill dasar memenangkan persaingan.

Sekilas Tentang CTR

CTR adalah jumlah pengunjung yang mengklik iklan maupun tautan yang Anda pasang. CTR berfungsi untuk mengetahui rasio jumlah klik terhadap jumlah pengunjung yang melihatnya (disebut juga penayangan atau impression).

Seperti contoh, Anda memasang iklan dan berhasil meraih impressions sebanyak 500 kali. Namun ternyata, hanya 20 orang yang mengklik iklan tersebut sehingga CTR-nya adalah 4%.

Lantas, berapa angka minimal CTR untuk dapat dianggap sukses? Hal ini sangat bervariasi dan tiap digital marketing experts mempunyai pandangan berbeda. Seperti contoh, di AdWords, CTR dianggap berhasil jika mencapai 2%.

Baca Juga : Apa itu Click-Through Rate? Berikut Memaksimalkannya?

Cara Meningkatkan CTR

Ada banyak alasan mengapa CTR begitu rendah sekalipun traffic maupun impression yang dihasilkan tinggi. Beberapa di antaranya boleh jadi karena copywriting kurang mengena, kualitas konten buruk, dan proporsi teks dan gambar kurang ideal.

Lantas, apa saja cara meningkatkan CTR yang dapat dilakukan?

1. Memahami Audiens

Bisnis apa pun perlu memperhatikan dengan betul siapa dan karakter yang menjadi targetnya. Hal ini hanya dapat dilakukan melalui riset. Kerap kali, memang, riset membutuhkan waktu yang tidak singkat dan bahkan dilakukan secara kontinyu.

Setiap pakar SEO setuju bahwa riset keyword adalah aktivitas paling mendasar dan esensial untuk kesuksesan digital marketing. Tanpa riset, keyword yang Anda buat sangat mungkin tidak sesuai dengan search intent para pengguna internet.

Baca Juga : 5 Cara Untuk Mengenal Target Audiens Kamu

2. Membuat Judul dan Meta Deskripsi yang Efektif

Tak cuma menarik, judul harus dibuat seefektif mungkin. Pengguna internet hanya memerlukan beberapa detik untuk menentukan situs mana yang akan dikunjungi. Riset dari Copyblogger bahkan menemukan bahwa 80 persen pengguna internet yang hanya membaca judul artikel dan hanya 20 persen yang juga ikut membaca konten.

Salah satu tips efektif dalam pembuatan judul adalah menggunakan angka (misal: 5 Cara Tetap Fokus Saat WFH). Metode ini selaras dengan data dari Content Marketing Institute, yakni penggunaan angka pada judul artikel blog menghasilkan 45% performa organic CTR yang lebih baik.

Selain itu, perhatikan pula meta description karena deretan kalimat ini akan membangun ekspektasi audiens. Tulislah meta description yang singkat, padat, dan memuat gambaran informasi yang diharapkan audiens. Adapun sesuai kaidah SEO, jumlah karakter untuk meta description adalah 160.

Baca Juga : Penggunaan Meta Description, Title Tag Dan Meta Keyword dalam Hasil Pencarian

3. Menambahkan Gambar Relevan

Sebagai pengguna internet, Anda juga akan merasa bosan jika membaca artikel—apalagi jika panjang dan tanpa subheading—yang hanya memuat teks, bukan? Sudut pandang ini yang perlu pula Anda perhatikan untuk memperbaiki kualitas situs.

Sertakan gambar-gambar yang menarik, relevan, dan representatif. Gambar yang dimaksud juga dapat berupa tabel maupun informasi kuantitatif yang dibutuhkan.

4. Mengoptimalkan URL

Tiap master SEO tak akan melewatkan cara meningkatkan CTR yang satu ini kendati banyak marketer yang tidak mengindahkannya. Pasalnya, URL yang deskriptif dan SEO-friendly akan menghasilkan daya tarik yang lebih tinggi bagi para audiens.

Seperti contoh:

Dari dua URL di atas, pengguna internet akan lebih tertarik untuk memilih URL yang pertama karena dianggap lebih informatif, tepat, dan meyakinkan.

5. Meningkatkan Kecepatan Akses Situs

Klik baru dihitung jika audiens sudah masuk ke dalam situs Anda. Jika proses loading atau redirecting lama, maka audiens akan lebih dulu merasa kesal dan urung mengunjungi website.

Kalau sudah begitu, tentu CTR tidak akan meningkat. Guna mengatasinya, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, seperti menggunakan tema web yang ringan dan memilih hosting yang cepat dan andal.

Baca Juga : Apa Pengaruh Hosting Terhadap Bisnis?

Nah, itulah lima cara meningkatkan CTR yang mudah untuk Anda lakukan. Tentunya, jangan lupa, pastikan pula bahwa isi konten tetap berkualitas di samping mengimplementasikan beberapa tips di atas, ya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat