Cara Menjadi Influencer di Media Sosial

Media sosial membawa angin segar di dalam kehidupan sosialisasi masyarakat dunia. Berkat kehadirannya, maka banyak orang yang lebih mudah untuk melakukan sosialisasi, menambah teman baru, memperluas koneksi, sekaligus memberikan pengaruh lebih. Ya, untuk alasan terakhir, bisa dibilang menjadi impian dari banyak orang yang bermain media sosial. Menjadi orang yang memberikan pengaruh lebih alias influence bisa membawa banyak sekali manfaat, untuk diri sendiri dan juga orang lain. Banyak orang yang penasaran bagaimana cara menjadi influencer di media sosial.

Tidak dapat dipungkiri, diperlukan melakukan beberapa hal sebelum akhirnya bisa menjadi influencer. Itu pun juga dipengaruhi oleh hal-hal lain yang sebenarnya tidak bisa diatur oleh diri sendiri. Setidaknya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, Anda sudah bisa maju satu langkah dalam menjadi influencer di media sosial. Apa saja caranya?

7 Tips Menjadi Influencer Sukses dan Terkenal

Meskipun hidup influencer terlihat nyaman dan super mudah, ternyata menjadi influencer yang sukses dan terkenal tidak mudah. Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan dan juga dilakukan agar dapat sukses dan memperoleh followers yang banyak.

Penasaran bagaimana cara menjadi influencer sukses? Mari perhatikan 7 tips berikut ini.

1. Tentukan Pasar Anda

Sebagai individu, Anda pastinya memiliki ketertarikan atau hobi yang bisa digali lebih dalam. Dari hal-hal yang Anda sukai, sebenarnya bisa menentukan pasar mana yang ingin dipilih. Apakah Anda lebih suka dunia olahraga? Fashion? Make up? Musik? Politik? Semuanya sama saja. Paling penting dari poin ini adalah Anda tahu bagaimana mengelola ketertarikan Anda terhadap dunia tersebut lalu dijadikan tema utama di dalam postingan Anda setiap harinya di media sosial.

Dari sana juga, Anda akan dikenal secara perlahan-lahan sebagai influencer di dunia tersebut. Untuk media sosialnya sendiri, sebenarnya sama saja. Mau Instagram, Twitter, atau Facebook, masing-masing bisa Anda jadikan senjata utama untuk menjadi influencer. Namun untuk saat ini, tidak dapat dipungkiri kalau Instagram menjadi media sosial paling tepat untuk mencapai tujuan Anda ini. Sebenarnya lebih baik lagi kalau Anda menampilkan citra sesuai dengan apa yang dikerjakan sehari-hari agar postingan semakin relevan juga.

Baca Juga: Apa itu Influencer? Apa Kriterianya?

2. Buatlah Personal Branding

Perhatikanlah para influencer favorit Anda. Apa yang membuat mereka berbeda daripada yang lain? Tentu mereka memiliki keunikan tersendiri bukan? Itulah yang disebut sebagai personal branding. Pada saat ini, ada jutaan pengguna media sosial yang berlomba-lomba untuk menjadi influencer terkenal selanjutnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah personal branding unik yang akan membedakan Anda dari yang lain.

Personal branding dapat dibentuk dari berbagai macam aspek, seperti kepribadian Anda, cara berpakaian, cara berbicara, tagline pembuka konten, gaya estetik foto atau video, dan masih banyak lagi. Mulailah dengan yang sederhana, misalnya menentukan tagline pembuka dan penutup konten video YouTube atau gaya penulisan caption Instagram.

Dalam membentuk personal branding, tidak usah berusaha menjadi orang lain. Tidak usah dibuat-buat, jadilah diri Anda sendiri. Karena followers nantinya bisa membedakan kepribadian yang dibuat-buat dan justru akan menghindari influencer yang tidak “tulus”. Kemudian, sebisa mungkin hindari personal branding yang negatif, seperti terlalu banyak drama atau terlibat skandal. Drama memang dapat membuat nama Anda viral untuk sementara waktu, tapi kemungkinan akan Anda banyak orang yang tidak menyukai Anda juga. Menjadi influencer yang memiliki personal branding positif jauh lebih baik untuk reputasi Anda sebagai influencer dalam jangka panjang.

Jasa SEO

3. Buatlah Postingan Terjadwal

Konsistensi adalah salah satu kunci utama dalam menjadi influencer yang sukses. Dalam mengunggah konten di akun media sosial apapun, sebaiknya jangan direncanakan secara mendadak atau sembarangan. Baik Anda mengunggah foto ke akun Instagram ataupun mengunggah video ke channel YouTube, Anda memerlukan jadwal posting yang terstruktur sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Seorang influencer sukses tidak perlu mengunggah sebanyak mungkin konten sesering mungkin. Anda hanya perlu membuat jadwal yang terbaik dan sesuai dengan kesukaan Anda. Contohnya setiap hari satu postingan atau dalam satu minggu ada 3-4 postingan. Sesuaikan dengan apa yang Anda mau. Kuncinya adalah mengunggah konten berkualitas secara konsisten. Dengan begitu, followers akan memiliki ekspektasi yang jelas terkait konten Anda.

Selain itu, jangan hanya memikirkan foto atau video yang indah saja. Tetapi pikirkan caption, artikel, dan konten tertulis yang baik secara bahasa, tertata rapi, dan bisa memberikan insight baru kepada orang-orang yang membacanya. Dengan demikian postingan Anda bisa menjadi satu paket lengkap yang mampu membuat orang terinspirasi dan terus ingin mengikuti aktivitas Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Social Media Calendar dengan Baik

4. Cari Tren Terbaru

Pada era ini, tren sosial datang dan pergi dengan cepat. Untuk menjadi influencer yang sukses dan populer, Anda tidak boleh malas untuk mencari tren baru yang menarik untuk dijadikan konten. Untuk mendapatkan tren baru, jangan hanya melihat platform sosial media lokal saja. Carilah berbagai tren yang sedang viral di luar negeri. Biasanya, tren yang sedang viral di luar negeri akan mulai booming di Indonesia 1-6 bulan kemudian. Di sanalah Anda memiliki kesempatan untuk menjadi trendsetter di Indonesia.

Setelah mendapatkan tren baru, buatlah beberapa konten, baik foto, video, atau artikel terkait dengan tren tersebut. Jangan lupa untuk memodifikasi beberapa aspek dari tren tersebut agar ada ciri khas dari Anda. Jika tidak, maka Anda akan dicap hanya “mengekor” dan tidak kreatif. Selanjutnya, jangan terlalu lama dan terlalu banyak membuat konten dengan satu tren saja. Cepat carilah topik tren baru lainnya untuk membuat feed konten Anda tetap fresh agar followers tidak mudah bosan.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2021

5. Perluas Networking

Di dunia media sosial, networking adalah salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan engagement dan jumlah followers. Sebagai seorang influencer, Anda juga harus mulai bergaul dan berinteraksi dengan influencer lainnya. Coba mulai jangkau dan buka pembicaraan dengan influencer lain yang memiliki minat yang mirip dengan Anda.

Mungkin ada yang menganggap hal ini sebagai pansos atau panjat sosial. Tetapi, panjat sosial tidak selalu harus berkonotasi negatif. Bagaimana caranya? Pertama, jangan perluas networking dengan cara melibatkan diri dalam drama atau skandal, sekalipun hal tersebut bisa meningkatkan exposure. Sebaliknya, cobalah mulai berikan komen-komen positif di konten influencer-influencer lain. Selain itu, Anda juga bisa mencoba datang ke event-event yang sesuai dengan minat Anda.

Setelah memperluas networking, Anda juga bisa mengajukan kolaborasi konten dengan influencer yang sudah Anda kenal. Kolaborasi konten dapat menguntungkan kedua pihak karena akan meningkatkan exposure satu sama lain di hadapan audiens baru. Bila berhasil, Anda mungkin dapat memperoleh sejumlah followers baru. Tentu saja, kolaborasi tersebut harus bersifat positif dan dapat memberi informasi atau wawasan bermanfaat bagi followers Anda.

6. Interaksi dengan Followers

Inilah hal yang sering sekali dilupakan oleh para influencer pemula. Sebagai seorang influencer, Anda tidak akan bisa meng-influence siapapun tanpa followers Anda. Oleh karena itu, tunjukkanlah rasa berterima kasih kepada followers Anda dengan cara berinteraksi dengan mereka.

Selain menyuguhkan konten menarik, pastikan Anda juga rajin berinteraksi dengan para followers Anda. Tidak perlu repot-repot, sekadar sesekali membalas komentar atau pesan pribadi mereka pun cukup. Anda juga bisa menyapa mereka apabila Anda sedang tampil live. Dengan begitu, followers Anda akan merasa dihargai. Selain itu, Anda juga akan dipandang sebagai sosok yang baik dan ramah. Dari sana, ada kemungkinan followers Anda akan menjadi semakin senang mengenalkan mereka kepada kerabat dan teman-teman mereka. Menjadi pribadi yang positif dan ramah akan berdampak baik pada reputasi dan jumlah followers Anda dalam jangka panjang.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

7. Terus Belajar

Ya, dalam hidup tentunya harus terus belajar. Begitu juga ketika ingin menjadi influencer. Ada berbagai banyak hal yang harus Anda pelajari secara perlahan-lahan. Bisa dimulai dari bagaimana membuat foto yang baik, membuat caption yang bagus, angle apa saja yang harus dicari untuk menjadi postingan di media sosial, serta hal-hal lainnya. Mengikuti cara influencer lainnya juga menjadi cara yang tepat. Jangan takut untuk belajar dari orang lain. Dengan terus belajar, maka usaha Anda menjadi influencer bisa lebih terbuka serta memiliki masa depan yang lebih baik untuk hal ini.

Itulah cara menjadi influencer di media sosial yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Lakukan cara di atas agar usaha Anda bisa lebih efektif lagi. Jangan lupa untuk memberikan komentar Anda tentang artikel ini dan jangan lupa juga untuk share artikel ini di media sosial Anda. Semoga bermanfaat!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat