5 Cara Riset Hashtag Instagram dengan Tepat

Riset hashtag Instagram sangatlah penting untuk dilakukan bagi Anda yang ingin menjalankan kegiatan promosi melalui media sosial tersebut. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara melakukan riset untuk mencari hashtag yang tepat ketika membuat konten di dalam Instagram.

Instagram merupakan salah satu social media yang sangat populer hampir di setiap kalangan. Anda pun mungkin juga mempunyai Instagram baik untuk keperluan personal ataupun bisnis.

Di Indonesia sendiri, saat ini pengguna Instagram sudah mencapai sekitar 92 juta pengguna di tahun 2021. Dengan banyaknya pengguna Instagram tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan promosi yang disebut dengan digital marketing.

Dalam penggunaan digital marketing, Anda perlu membuat berbagai jenis konten yang dapat menarik perhatian pengguna internet dan juga sesuai dengan kegiatan promosi bisnis yang dijalankan. Pembuatan konten itu sendiri harus memiliki strategi yang matang dan memuat berbagai informasi yang dibutuhkan atau dicari oleh pengguna internet.

Tipe konten untuk kegiatan promosi yang biasanya dapat menarik perhatian pengguna media sosial adalah konten yang bersifat kreatif, informatif, dan edukatif. Selain itu, tahukah Anda hal apa yang menjadi faktor penentu dari sebuah konten agar dapat dilihat oleh banyak orang?

Sebuah konten yang bersifat kreatif, informatif, dan edukatif tidaklah cukup untuk menarik perhatian orang jika Anda tidak memahami strategi digital marketing yang tepat. Di dalam konten digital marketing, Anda juga perlu melakukan hashtag research yang dapat berfungsi untuk menargetkan konten secara spesifik kepada target pengguna media sosial yang ingin dituju.

Lalu, sebenarnya apa itu hashtag dan bagaimana cara melakukan riset hashtag? Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan pembahasan lengkap mengenai hashtag Instagram yang penting untuk Anda pahami jika ingin melakukan kegiatan promosi melalui Instagram.

Pengertian Hashtag Instagram 

Hashtag atau yang biasa Anda lihat dengan simbol tagar (#) digunakan untuk mengelompokkan konten berdasarkan dengan kata kunci tertentu yang sesuai dengan isi konten yang disajikan. Seperti misalnya, Anda ingin mengunggah produk makanan seperti macaroon, maka hashtag yang dapat ditambahkan ke dalam konten tersebut adalah ‘#macaroon’ atau bisa juga untuk menekankan bahwa konten tersebut bersifat promosi, maka bisa menggunakan hashtag ‘#jualmacaroon’.

Fungsi dari pengelompokkan konten ini adalah untuk menemukan target audiens yang tepat agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan efektif. Apabila konten yang diunggah ke media sosial untuk tujuan promosi diarahkan kepada semua orang, maka tidak hanya kegiatan promosi tersebut membuang banyak tenaga, waktu, dan juga uang, namun juga pengguna media sosial akan merasa tidak nyaman ketika mereka terus menerus melihat konten yang tidak diinginkan.

Penggunaan hashtag ini juga tidak bisa sembarangan. Banyak content creator atau pebisnis yang sering menggunakan hashtag tidak pada tempatnya demi meningkatkan impression atau menarik lebih banyak audiens untuk melihat konten tersebut.

Seiring dengan perkembangan algoritma Instagram dari waktu ke waktu, akhirnya Instagram dapat mendeteksi konten mana yang memasukkan hashtag dengan sembarangan. Pada akhirnya, konten tersebut akan dinilai sebagai konten yang tidak berkualitas dan hal tersebut akan berpengaruh kepada profil pembuat konten secara keseluruhan.

Maka dari itu, Anda diminta untuk melakukan riset hashtag terlebih dahulu sebelum memilih hashtag manakah yang perlu ditambahkan ke dalam konten yang akan diunggah ke dalam Instagram. Dengan demikian, jika skor konten Anda dinilai baik oleh Instagram, maka konten tersebut akan semakin sering dimunculkan kepada lebih banyak audiens, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Hashtag Social Media Untuk Menarik Audiens

Bagaimana Cara Melakukan Riset Hashtag Di Instagram?

Setelah Anda mengetahui apa itu hashtag, maka sekarang ToffeeDev akan membahas mengenai cara riset hashtag di Instagram. Dengan dilakukannya riset hashtag ini, Anda dapat menemukan hashtag mana yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan apakah hashtag tersebut sering dicari oleh audiens.

Berikut ini, ada 5 cara yang perlu Anda lakukan dalam melakukan riset hashtag Instagram, yaitu:

1. Riset Hashtag Melalui Instagram

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari hashtag melalui Instagram langsung. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan siapapun.

Untuk melakukan riset hashtag di Instagram, Anda cukup menggunakan fitur pencariannya. Di dalam fitur pencarian Instagram, ada berbagai hal yang dapat ditemukan seperti konten-konten dari pengguna yang ada di luar daftar Anda, kemudian juga dapat digunakan untuk mencari username Instagram seseorang, dan tentunya ada juga bagian hashtag.

Fitur pencarian hashtag atau tags ini berfungsi untuk mencari konten sesuai dengan hashtag yang dimasukkan. Dari sana, Anda dapat melihat berapa total postingan di Instagram yang menggunakan hashtag tersebut.

Semakin banyak jumlah post dalam suatu hashtag, maka tingkat persaingan untuk setiap konten baru dengan hashtag yang sama akan menjadi lebih sulit. Namun, dengan tingginya jumlah post, Anda dapat mengetahui bahwa pengguna Instagram sering mencari konten yang berhubungan dengan hashtag tertentu.

Jasa SEO

2. Riset Hashtag Melalui Analytic Tools

Anda ingin melakukan riset hashtag dengan mudah dan mendapatkan data analisis yang benar-benar akurat serta lengkap? Maka, silakan gunakan berbagai analytic tools yang dapat digunakan untuk mencari hashtag dan ada begitu banyak tools yang menyediakan fitur pencarian hashtag secara gratis. 

Dengan menggunakan analytic tools ini, Anda tidak hanya bisa melihat berapa jumlah konten yang menggunakan hashtag tertentu. Anda juga bisa melakukan perbandingan dari berbagai macam hashtag yang ingin dipilih untuk ditambahkan ke dalam konten untuk melihat hashtag manakah yang lebih sering digunakan dalam konten dan juga dicari oleh pengguna media sosial.

Beberapa tools juga memiliki fitur untuk mencari hashtag apa yang sedang trending dalam beberapa jangka waktu tertentu sehingga Anda dapat membuat sebuah konten promosi yang mengikuti trend tersebut. Hashtag yang sedang trending dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk menarik lebih banyak audiens Instagram untuk melihat konten Instagram bisnis yang disajikan di Instagram.

Anda tertarik ingin menggunakan analytic tools untuk melakukan riset keyword. Berikut ini ada beberapa rekomendasi platform yang dapat Anda coba, yaitu:

  • Hootsuite
  • All Hahstag
  • seekmetrics

Baca Juga: Cara Meningkatkan Engagement Instagram untuk Mengembangkan Brand Anda

3. Riset Hashtag Melalui Instagram Kompetitor

Hashtag research dapat dilakukan melalui banyak hal, salah satunya Instagram kompetitor. Apakah Anda sudah mengetahui Instagram yang kompetitor miliki?

Melalui Instagram kompetitor, Anda dapat melihat hashtag apa saja yang mereka gunakan untuk konten yang disajikan di dalam Instagram tersebut. Anda bisa mencoba mencatat setiap hashtag yang mereka gunakan untuk nantinya dijadikan sebagai sumber ide dalam pembuatan konten.

Bagi Anda yang baru saja mencoba strategi digital marketing untuk melakukan kegiatan promosi melalui Instagram dan mungkin bingung dengan cara menyajikan konten yang menarik, maka Instagram kompetitor bisa menjadi referensi yang dapat dimanfaatkan dalam membuat kerangka konten. Jadi, melalui Instagram kompetitor, Anda tidak hanya bisa melakukan riset hashtag namun juga mempelajari jenis konten seperti apa yang bisa disajikan untuk menarik perhatian audiens agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan di sana.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal

4. Riset Hashtag Melalui Top Post

Di dalam fitur pencarian tags Instagram, Anda dapat mencoba untuk masuk ke dalam hasil pencarian dari hashtag tertentu yang ingin dianalisis. Di dalam halaman pencarian tersebut, Anda akan menemukan 2 jenis hasil pencarian yaitu konten yang paling baru atau konten yang masuk ke dalam top post.

Konten-konten dalam top post dengan penggunaan hashtag sesuai dengan yang Anda cari merupakan konten khusus yang dipilih oleh Instagram karena memiliki skor penilaian yang baik. Instagram melihat bahwa konten-konten yang ada di dalam top post merupakan konten yang relevan dengan hashtag yang digunakan dan juga menarik sesuai dengan impresi yang ditinggalkan oleh audience.

Melalui konten-konten yang tersaji di dalam top post, Anda dapat melihat seperti apa hashtag yang mereka gunakan dalam postingan tertentu. Anda bisa mencatat berbagai hashtag yang sesuai dengan keperluan konten atau jika ada hashtag yang dinilai menarik, maka bisa dijadikan sebagai ide untuk pembuatan konten yang akan mendatang.

Baca Juga: Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

5. Riset Hashtag Melalui List Following Influencer atau Selebgram

Instagram terus melakukan pengembangan secara berkala untuk memberikan kualitas terbaik bagi para penggunanya. Salah satu pengembangan yang dilakukan oleh Instagram adalah munculnya fitur following yang tadinya hanya dapat digunakan untuk mengikuti pengguna Instagram lainnya, namun juga dapat digunakan untuk mengikuti hashtag.

Fitur ini bertujuan agar setiap pengguna Instagram bisa mendapatkan update terbaru dari topik-topik yang menarik perhatian mereka. Maka dari itu, sebagai pemilik dari Instagram bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna Instagram yang mengikuti hashtag tertentu.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari hashtag melalui fitur ini, maka ada satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat list following dari Instagram influencer atau selebgram. Biasanya, para pengikut dari seorang influencer akan melihat hashtag apa saja yang diikuti dan mereka pun pada akhirnya mencoba untuk mengikuti hashtag tersebut.

Dari hal tersebut kita bisa melihat bahwa Anda memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk menarik perhatian audience dengan menggunakan hashtag yang diikuti oleh para influencer maupun selebgram. Namun, pastikan Anda membuat konten yang berkualitas dan jangan melakukan spamming agar pengguna Instagram bisa mendapatkan konten yang berkualitas, sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Influencer Marketing

Tips Penggunaan Hashtag untuk Meningkatkan Impression

Anda ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan hashtag dengan tepat agar konten yang disajikan melalui Instagram dapat menarik perhatian banyak orang? Untuk itu, ada beberapa tips yang akan ToffeeDev berikan khusus untuk Anda dalam penggunaan hashtag Instagram, yaitu sebagai berikut:

  • Gunakanlah hashtag yang relevan dengan konten yang ingin disajikan di dalam Instagram. Penggunaan hashtag yang tidak relevan akan berdampak pada skor penilaian yang buruk oleh Instagram.
  • Dalam menyajikan konten melalui Instagram, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah konten tersebut. Biasanya, Instagram memiliki peak hour atau masa-masa tertentu di mana pengguna Instagram sedang dalam masa aktif-aktifnya menggunakan Instagram.
  • Hashtag sangatlah penting untuk digunakan dalam konten. Namun, jangan gunakan hashtag yang berlebihan karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas konten Anda terhadap skor penilaian Instagram

Baca Juga: 6 Tips Cara Membuat Caption untuk Instagram

Jadi, itulah 5 cara riset hashtag Instagram yang bisa Anda coba terapkan dalam membuat konten promosi. Apabila Anda membutuhkan jasa Digital Marketing Agency untuk dapat membantu menyusun strategi promosi yang tepat, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga dan kami siap membantu segala kebutuhan bisnis di dunia digital. 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat