Cara Terbaik Mendapatkan Traffic untuk Website Bisnis Anda

Pemilik bisnis masa kini wajib tahu cara meningkatkan traffic ke website, terutama jika kesuksesan bisnis tergantung pada promosi lewat internet atau media sosial. Jika jumlah pengunjung sedikit, jumlah pemasukan dan kesuksesan bisnis bisa terpengaruh. Ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan, tetapi tidak semuanya mendatangkan hasil serupa.

Solusinya? Pahami berbagai metode meningkatkan traffic ke website Anda, dan kombinasikan cara-cara terbaik agar jumlah pengunjung bertambah secara konsisten.

Darimana Traffic Website Datang?

Ketika Anda mulai menayangkan website untuk mempromosikan produk atau jasa, Anda harus mulai memikirkan cara menarik arus pengunjung. Pengguna internet bisa menemukan situs Anda lewat beberapa jalur, misalnya sebagai berikut:

1. Hasil Pencarian

Hasil pencarian lewat situs pencari seperti Google mendatangkan arus pengunjung ke website secara tidak langsung. Misalnya, jika Anda menjual baju resmi motif batik, orang yang mengetik kata-kata “dress batik” atau “kemeja batik murah” di Google mungkin akan menemukan website Anda.

2. Kunjungan Langsung

Arus dari kunjungan langsung terjadi ketika pengguna internet secara sengaja mengetik alamat website Anda untuk berkunjung. Ini bisa terjadi ketika si pengguna mendapat referensi langsung ke toko atau website Anda.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

3. Media Sosial

Media sosial bisa mendatangkan kunjungan ke website Anda, misalnya lewat akun khusus bisnis yang Anda buat atau referensi dari akun media sosial orang lain.

4. Iklan 

Arus kunjungan untuk situs komersial bisa datang dari iklan yang sengaja dipasang untuk mempromosikannya.

Jasa SEO

5. Email

Pemasaran lewat email termasuk salah satu metode paling awal yang hadir sejak internet mulai populer untuk berbisnis. Akan tetapi, email masih bisa mendatangkan arus kunjungan cukup signifikan.

Selain kelima sumber tersebut, arus kunjungan bisa hadir lewat sumber-sumber yang tidak terduga, misalnya promosi dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?

Tips Ampuh Meningkatkan Arus Kunjungan

Setelah mengetahui sumber arus kunjungan di atas, Anda bisa meningkatkannya dengan menggunakan strategi khusus yang menyasar masing-masing sumber kunjungan. Berikut beberapa cara yang paling direkomendasikan.

1. Manfaatkan Fitur Iklan Media Sosial

Media sosial populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn memiliki pilihan untuk membuat konten sponsor atau iklan. Sisihkan dana investasi bisnis Anda untuk secara rutin memesan konten iklan atau bersponsor. Fitur ini biasanya memiliki paket-paket harga tergantung berapa lama Anda ingin konten tersebut muncul. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan dana.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

2. Jadilah “Pakar” lewat Blog

Situs bisnis biasanya memiliki fitur untuk halaman blog. Manfaatkan fitur tersebut dengan membuat konten mendalam terkait produk Anda. Pastikan setiap konten memberi wawasan atau sesuatu yang menarik dan berguna bagi pembaca. Ketika konten Anda semakin populer, merek atau produk yang berkaitan dengan konten tersebut juga ikut terdongkrak.

Misalnya, jika Anda menawarkan jasa katering sehat, gunakan fitur blog untuk membuat beragam konten terkait makanan sehat. Jika Anda menjual produk fashion, buat konten tentang mode yang cocok untuk target pemasaran.

3. Buat Konten Media Sosial lebih Menarik

Hindari penggunaan media sosial yang terlihat seperti spam. Jika website Anda punya akun media sosial khusus, gunakan dengan cara yang akan menarik perhatian. Misalnya, buat konten menggunakan infografik, GIF, ilustrasi menarik, video singkat, atau kutipan lucu agar pengikut akun Anda tertarik untuk mengunjungi tautan.

Anda juga bisa menggunakan tren untuk memasarkan produk. Gunakan tagar yang sedang populer atau tren yang banyak dibicarakan untuk membuat konten yang masih berhubungan. Akan tetapi, pastikan konten dan tren tersebut tidak akan menyinggung orang lain.

4. Gunakan Situs Q&A

Situs dengan fitur Q&A seperti Quora dan Reddit bisa menarik jumlah kunjungan karena memancing rasa ingin tahu pengguna internet. Anda bisa memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan terkait wawasan atau informasi di balik produk dan layanan yang Anda tawarkan. Hal ini bagus untuk memicu kunjungan karena Anda memanfaatkan perhatian dari orang-orang yang memang sudah tertarik atau penasaran.

5. Tawarkan Giveaway

Jika Anda menjajakan produk yang cukup populer atau menarik perhatian, giveaway bisa menjadi cara untuk menarik kunjungan. Pastikan menggunakan foto paling menarik dari produk dan buat deskripsi yang mengundang. Manfaatkan giveaway untuk mengajak orang mengikuti akun media sosial dan mengunjungi situs Anda.

Baca Juga: 10 Taktik Memboosting Ranking Website Anda di Google

6. Buat Konten Video

Konten video lewat YouTube bisa mengundang banyak kunjungan karena paduan aspek audio dan visual yang menarik. Anda sebaiknya membuat kanal khusus untuk mempromosikan bisnis, lengkap dengan nama, deskripsi, dan ilustrasi profil yang menarik tetapi konsisten. Video seperti ulasan peringkat, video pengetahuan, hingga video promosi yang dikemas secara menarik bisa menarik cukup banyak pengunjung.

7. Perbarui Konten Lama

Apakah Anda sudah menjalankan website sejak lama, tetapi belum juga mendapat peningkatan kunjungan? Cobalah memperbarui konten lama. Anda bisa melakukannya dengan merapikan tampilan konten, menambah ilustrasi baru dengan deskripsi yang mendukung isi konten, menambahkan informasi baru dan menghapus yang lama atau tidak lagi akurat, serta menambahkan kata kunci terbaru. 

Jika ada banyak konten lama yang Anda perbarui seperti ini, kunjungan ke website bisa meningkat. Jangan lupa mengumumkan pembaruan konten tersebut agar pembaca baru maupun lama bisa mengetahuinya.

8. Menjadi Penulis Tamu

Menjadi penulis tamu di blog atau website lain yang sudah mengembangkan reputasi baik akan mendongkrak popularitas situs Anda. Selain meluaskan saluran akses bagi orang lain untuk mengetahui website Anda, menjadi penulis tamu juga membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung baru karena adanya faktor reputasi tersebut.

9. Kolaborasi

Jangan ragu berkolaborasi untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda. Kolaborasi ini bisa berupa pembuatan konten gabungan bersama pemilik brand lain yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Ada juga kolaborasi dengan profesional, misalnya konsultan SEO yang membantu Anda dalam aspek teknis.

Jika Anda mencari konsultan SEO profesional, gunakan jasa tepercaya seperti Toffeedev. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

Solusi Meningkatkan Kunjungan Website

Mengapa memilih Toffeedev untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda?

Toffeedev menggunakan strategi SEO untuk mengantar situs Anda ke peringkat atas di halaman hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Ketika situs Anda hadir di peringkat atas lewat pencarian kata kunci tertentu, situs tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapat kunjungan dan klik.

Toffeedev menawarkan berbagai layanan seperti:

  • Konsultasi strategi SEO yang efektif dan bisa langsung diterapkan
  • Bantuan pemecahan masalah terkait SEO serta arus kunjungan yang terlalu kecil
  • Bantuan untuk optimasi situs agar mampu mengundang lebih banyak pengunjung dan meningkatkan laba bisnis
  • Bantuan penggunaan alat-alat SEO kelas profesional
  • Pembuatan laporan lengkap untuk keperluan evaluasi dan pengembangan bisnis

Meningkatkan kunjungan ke website bisnis membutuhkan paduan dari beberapa metode sekaligus agar hasilnya maksimal. Selain menerapkan metode yang bisa dilakukan sendiri, Anda akan mendapat keuntungan ekstra dengan menggunakan jasa Master SEO dan Pakar SEO profesional. Gunakan Toffeedev sebagai solusi SEO untuk mendukung metode Anda yang lain, dan tingkatkan kunjungan website serta laba dalam waktu singkat!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat