Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Bisakah kita melakukan cek kecepatan website? Terlebih lagi, website yang mudah diakses adalah salah satu syarat mutlak kelancaran bisnis digital. Bila website lambat sedikit saja, pengunjung bisa cepat tidak betah. Meskipun produk atau jasa yang ditawarkan berkualitas, kelambatan website saat diakses berakibat buruk bagi bisnis.

Tenang, saat ini sudah banyak website hingga tools untuk mengecek cepat atau tidaknya suatu website. Dari hasil pengecekan, kita bisa tahu masalah yang menyebabkan hal tersebut.

5 Alasan Cek Kecepatan Website Sangat Penting bagi Bisnis Digital

Namanya juga bisnis digital. Pengunjung pasti berharap website Anda mudah dan cepat diakses. Inilah lima alasan kecepatan website sangat penting bagi bisnis digital:

1. Berpengaruh pada Kesan Pertama

Jika kesan pertama sudah jelek, jangan harap pengunjung akan betah mengakses website Anda. Tidak hanya itu, mereka juga bisa bercerita ke mana-mana soal lambatnya website bisnis Anda. Jangan harap akan banyak pengunjung datang sesudah kejadian tersebut, kecuali bila ada perbaikan segera.

2. Berpengaruh pada Profit Bisnis

Selanjutnya sudah bisa ditebak. Website lambat, pengunjung ogah. Cerita pengalaman mereka pun menyebar ke mana-mana. Karena tidak ada yang tertarik mengunjungi website Anda, tidak ada pembeli produk yang Anda tawarkan. Akibatnya, pendapatan pun berkurang.

Baca Juga: Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

3. Berpengaruh pada Pengalaman Pengunjung

Kemungkinan besar, bisnis yang Anda tawarkan bukan satu-satunya atau yang unik saat ini. Pengunjung lebih punya kebebasan memilih di era digital. Bisa jadi, saat membuka website Anda, mereka juga tengah mengecek website kompetitor. Bila punya kompetitor terbukti lebih cepat, mereka akan langsung melupakan milik Anda dan beralih ke saingan. Yah, hilanglah calon pelanggan Anda.

4. Berpengaruh pada Ranking Website di Google

Bolehlah berbangga dengan kualitas konten website sendiri. Namun, bila website sering lambat saat diakses, Google akan enggan mengecek dan menilai website tersebut. Google pasti akan lebih memilih website yang lebih mudah diakses dan dengan kecepatan bagus.

5. Berpengaruh pada Persepsi Publik dalam Waktu Lama

Sudah rahasia umum pengguna internet bila satu website lambat saat diakses, kemungkinan besar ada virusnya. Memang tidak semua, tetapi prasangka ini dapat memperburuk reputasi website Anda dalam waktu yang lama. Satu pengunjung saja punya dugaan seperti ini, kredibilitas website Anda sudah sulit untuk diselamatkan. Ingat, di dunia digital, opini publik menyebar lebih cepat daripada fakta.

3 Cara Cek Kecepatan Website

Inilah tiga cara untuk cek kecepatan website:

1. Menggunakan Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights sangat mudah digunakan. Beginilah caranya:

  • Akses laman Google PageSpeed Insights.
  • Ketik URL website Anda di kolom pengujian yang terdapat pada laman tersebut.
  • Klik tombol Analyze.
  • Tunggulah sampai hasil pengujian rampung.
  • Begitu hasil pengujian selesai, Anda bisa langsung melihat hasilnya.

2. Menggunakan GTMetrix

Cara menggunakan GTMetrix juga mirip-mirip dengan menggunakan Google PageSpeed Insights. Beginilah caranya:

  • Akses laman GTMetrix.
  • Ketik URL website Anda di kolom pengujian yang terdapat pada laman tersebut.
  • Klik tombol Test Your Site.
  • Tunggulah hingga hasil pengujian rampung.
  • Saat hasil pengujian sudah selesai, Anda akan langsung diberikan hasilnya.

3. WebPageTes

Lewat WebPageTest, Anda bisa mengecek kecepatan website dari lokasi, perangkat, hingga browser berbeda. Meskipun tampilan desainnya kurang menarik karena kurang cerah, WebPageTest menyediakan tes kecepatan website dari kelas pemula hingga lanjutan.

Meskipun banyak website dan tools untuk cek kecepatan website, sebaiknya cukup fokus pada maksimal tiga cara untuk perbandingan. Paling penting, apa yang akan Anda lakukan sesudah melihat hasil tes tersebut?

Sumber:
https://qwords.com/blog/cara-mengecek-kecepatan-website/
https://glints.com/id/lowongan/tools-untuk-cek-kecepatan-website/#.YE4B650zbIU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post