Pengertian Cost per click Dalam Ads yang Perlu Anda Ketahui

Adwords

Cost per click adalah metode digital Ads yang paling sering digunakan oleh di kalangan digital marketing agency untuk meningkatkan traffic website dan juga menghasilkan konversi menuju penjualan atau closing. Lalu, apa itu cost-per-click dan bagaimana cara menghitungnya? Apakah cost per click atau yang biasa dikenal pay-per-click ini sangat efektif untuk digunakan? Kami sudah menyiapkan informasi lengkap untuk Anda di bawah ini.

Pengertian Cost per click

Anda pastinya sering melihat iklan atau ads yang ditampilkan dalam websitewebsite. Apabila Anda pernah mengklik iklan tersebut, maka klik tersebut akan dihitung sebagai biaya bagi si pemasang iklan. Itulah yang dinamakan dengan Cost per click (CPC).

Singkatnya, cost-per-click adalah salah satu fitur ads yang penagihannya berdasarkan berapa kali user melakukan interaksi dengan iklan yang Anda pasang dengan cara mengklik iklan tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat menggunakan tools dari Google yaitu Google Adwords sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian biaya.

Baca Juga : Apa itu CPC? Apa saja Keunggulannya Bagi Pelaku Bisnis?

Cara Menghitung Cost per click

Untuk memasang cost-per-click, Anda bisa memperkirakan biayanya dengan menggunakan rumus perhitungan berikut ini:

Total biaya iklan : Total klik = Harga Cost-per-click

Sebagai contoh, apabila website yang menyediakan kolom ads menerima sekitar 1.000 klik dengan harga 5 juta, maka harga yang dikenakan untuk setiap kliknya adalah 5.000. 

Gambaran di atas hanyalah sebagai contoh perhitungan untuk Anda. Semakin tinggi biaya yang Anda keluarkan memang dapat menjamin adanya peningkatan traffic yang dihasilkan, namun sebelum memutuskan untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk cost-per-click ini, Anda perlu melakukan studi banding dulu dengan menggunakan Google Adwords.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Organik

Mengapa Anda perlu melakukan studi banding? Masing-masing bidang industri yang menggunakan fitur cost per click mempunyai standar atau rata-rata biaya yang dikeluarkan. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan biaya yang perlu dikeluarkan berdasarkan rata-rata tersebut agar tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi. Anda dapat mengeluarkan biaya seefektif mungkin untuk hasil yang memuaskan.

Apakah Cost per click Efektif untuk Meningkatkan Bisnis?

Pastinya beberapa di antara Anda yang belum pernah mencoba fitur cost-per-click ini akan bertanya-tanya, seberapa efektif layanan ads ini untuk meningkatkan traffic website

Efektif atau tidaknya kembali lagi dengan beberapa faktor lainnya yang perlu Anda cek kembali. Pengguna bisa saja mengklik iklan yang tayang dan mengunjungi website Anda, tapi yang menjadi kunci di sini adalah apakah website Anda mampu membuat pengguna atau user bertahan lama di dalamnya? Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini untuk membuat cost-per-click menjadi efektif untuk meningkatkan bisnis:

  1. Tingkatkan score page experience Anda sesuai dengan perkembangan algoritma terbaru dari Google. Google sudah menciptakan panduan yang sedemikian rupa untuk mendukung perkembangan setiap website bisnis yang tentunya perlu untuk diikuti agar pengguna dapat singgah untuk waktu yang lama di dalam website Anda dan bahkan dapat terjadi proses transaksional setelahnya.
  2. Anda juga harus melihat di mana iklan tersebut ditayangkan. Dengan demikian, biaya yang sudah dikeluarkan tidak terbuang dengan sia-sia karena peletakkan iklan yang tidak sesuai dengan target market Anda. 

Baca Juga : Google’s Page Experience Update: Memahami Pengembangan Algoritma Google

Apakah Anda Ingin Mencoba Menggunakan Google Ads?

Cost-per-click bisa menjadi salah satu fitur Google Ads yang Anda coba untuk mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sistem CPC ini, Anda bisa langsung menghubungi jasa Google Ads ToffeeDev sekarang juga untuk melakukan konsultasi terkait perkembangan bisnis Anda di dunia digital marketing

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat