Inilah 10 Tips Membuat Konten yang Menarik!

apa tips untuk membuat konten menarik

Siapa yang senang membaca barisan artikel yang ada di internet? Hampir semua orang pasti senang melakukan aktivitas ini. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika sering membaca artikel di internet. Dimulai dari mendapatkan pengetahuan baru, bisa tahu update terbaru tentang keadaan saat ini, hingga bisa memberikan inspirasi baru juga. Inilah yang membuat artikel menjadi bagian penting di dalam internet saat ini, apalagi jika konten tersebut menarik.

Di dalam melakukan optimasi dengan strategi SEO sendiri, juga sangat memerlukan konten yang menarik berbentuk artikel. Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat konten menarik. Padahal di dalam menarik perhatian banyak pengunjung website, maka diperlukan konten yang menarik dan nyaman dibaca. Jika artikel yang disajikan berkualitas buruk, siapa yang mau membacanya? Alih-alih mendapatkan pengunjung berlimpah ke dalam website, yang ada malah gagal total. Inilah yang membuat setiap konten artikel yang dibuat harus menarik.

Apa Tips untuk Membuat Konten Menarik

Apa Tips untuk Membuat Konten Menarik?

Kalau Anda masih belum tahu bagaimana membuat konten yang menarik, tenang saja. Di bawah ini, ada beragam tips membuat konten yang menarik berbentuk artikel sehingga bisa langsung Anda aplikasikan di dalam website Anda.

1. Buatlah Konten yang Orisinal

Tips pertama dalam membuat konten yang menarik adalah cobalah untuk buat konten yang orisinil. Saat ini memang tersedia banyak sekali konten artikel di internet dengan ribuan macam topik yang berbeda-beda. Walaupun di luar sana sudah banyak konten artikel yang mungkin sama dengan apa yang mau Anda buat, jangan sampai Anda malah melakukan praktik copy paste di dalam konten artikel yang sedang dibuat. Jika Anda malah memutuskan untuk melakukan hal itu, maka konten yang dibuat malah dianggap tidak menarik serta membuat orang tidak menemukan suatu hal yang baru atau berbeda dibandingkan artikel sejenis lainnya. Apalagi di dalam strategi SEO, ketika ketahuan oleh Google kalau Anda menjiplak konten orang lain, bisa terkena pinalti yang membuat ranking di mesin pencari malah turun. Usaha Anda dipastikan sia-sia.

2. Gunakan Judul yang Menarik

Selain membuat konten yang orisinil, jangan lupa untuk memodifikasi bagian judul sehingga bisa menarik perhatian orang. Jika Anda berpikir itu clickbait, ya memang itulah tujuan utamanya, yaitu membuat orang lain mau meng-klik artikel tersebut karena tertarik dengan judul yang diberikan. Jangan gunakan yang biasa saja. Coba masukkan angka untuk artikel berbentuk listicle, gunakan kata “trik”, “mengapa”, dan lainnya di dalam judul sehingga membuat orang semakin penasaran dengan artikel tersebut.

Banner SEO - General 2

3. Konten Harus Bisa Memberikan Solusi

Selain untuk mendapatkan informasi terbaru, membaca artikel di internet juga berguna untuk memberikan solusi. Itulah yang harus Anda perhatikan. Jika di dalam industri bisnis Anda bekerja memiliki berbagai permasalahan yang sering dipertanyakan oleh masyarakat luas, itulah peluang terbuka untuk membuat permasalahan tersebut menjadi konten artikel. Dengan kemampuan artikel yang dibuat menjadi jawaban atas permasalahan yang ada, maka bisa dipastikan semakin banyak pula pengunjung ke laman website tersebut.

Baca Juga: Voice Search Optimization Tips Dalam SEO

4. Informasi Harus Akurat dan Bisa Dipertanggungjawabkan

Di dalam pembuatan artikel yang baik, sebaiknya semua informasi yang ditaruh harus akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai Anda membuat artikel dengan informasi yang bukan termasuk fakta dan masih tergolong belum pasti. Jika Anda malah membuat artikel dengan informasi yang tidak akurat, maka artikel tersebut bisa terhitung sebagai artikel yang tidak berguna dan tidak layak dibaca.

Baca Juga: Apa Manfaat Google My Business dalam SEO?

5. Tulis Artikel yang Engaging

Tip selanjutnya, jangan lupa untuk menulis artikel yang engaging. Maksud dari engaging adalah artikel yang bisa menarik untuk dibaca dengan kualitas penulisan serta alur artikel yang baik pula. Memang untuk membuat artikel yang engaging diperlukan jam terbang dalam menulis artikel yang panjang, tetapi hasilnya sudah pasti tidak akan mengecewakan karena bisa memuaskan para pembaca yang mau membaca artikel tersebut hingga habis. 

Baca Juga: Apa Saja Skill yang Harus Dikuasai oleh Seorang Digital Marketing untuk Sukses di Industri?

6. Interaksi dengan Audiens

Menggiatkan interaksi dengan audiens, seperti mengajak untuk memberikan komentar, memberikan feedback, atau mengajukan pertanyaan merupakan strategi yang berharga dalam menghasilkan kesuksesan konten. Hal ini menciptakan keterlibatan yang lebih mendalam dengan audiens. Alasannya, ketika audiens merasa bahwa pendapatnya diperhatikan, mereka cenderung akan terlibat secara aktif dengan konten Anda. Oleh karena itu, hal ini akan membentuk hubungan yang lebih kuat dan dapat membuka pintu konversi pengunjung menjadi pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu CTA WhatsApp dan Bagaimana Menggunakannya dalam Strategi SEO?

7. Gunakan Perspektif Unik

Menggunakan perspektif unik dalam konten berarti melibatkan sudut pandang yang berbeda dari kompetitor. Anda dapat mengungkapkan pandangan pribadi, pengalaman langsung, atau sudut pandang yang jarang ditemui dalam suatu topik. 

Konten cenderung menjadi lebih menarik dengan memasukkan perspektif baru karena memberikan cara berpikir yang segar dan berbeda. Penggunaan perspektif unik ini dapat membuat konten lebih relevan dengan permasalahan, menggugah rasa ingin tahu audiens, dan membedakan konten dari yang lain. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara untuk menyajikan ide atau informasi dengan cara yang berbeda, orisinal, dan membuat audiens melihat suatu topik dari sudut pandang yang baru.

Banner SEO - Ebook 2

8. Pahami Intent Pencarian dan Gunakan Call To Action

Memahami intent pencarian merujuk pada kemampuan untuk mengetahui alasan dibalik pencarian audiens. Hal ini mencakup pemahaman terhadap tujuan, baik mencari jawaban, informasi umum, solusi untuk masalah, atau menelusuri produk yang akan dibeli. Hal ini melibatkan identifikasi kata kunci dan topik yang relevan dengan intent pencarian audiens.

Bukan hanya itu saja, penggunaan call to action (CTA) yang memikat dapat mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu setelah melihat konten Anda. CTA harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran, seperti untuk penjualan produk, berlangganan newsletter, atau tujuan lainnya yang relevan dengan bisnis. Selain itu, pastikan untuk menggunakan CTA yang sesuai dengan intent pencarian dan tujuan pengguna. 

Sebagai contoh, jika intent pencarian adalah untuk menemukan solusi dari masalah tertentu, CTA dapat mengarahkan audiens untuk mengunduh panduan atau menghubungi bisnis Anda dalam rangka mendapatkan bantuan lebih lanjut. Melalui penyelarasan antara CTA dan intent pencarian, Anda dapat meningkatkan tingkat respons dan efektivitas konten.

Baca Juga:Cara Mengatasi Err Too Many Redirects: Panduan Langkah demi Langkah untuk Memperbaiki Masalah pada Akses Website Anda

9. Sesuaikan dengan Tren

Salah satu upaya untuk membuat konten menjadi lebih menarik adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan tren terkini. Memahami dan merespons terhadap tren industri, berita terkini, dan perubahan perilaku konsumen dapat membuka peluang untuk menciptakan konten yang relevan dan diminati oleh audiens. 

Melalui pemilihan topik yang sedang tren atau bahkan viral, Anda dapat menarik perhatian lebih banyak audiens dan memastikan konten menjawab pertanyaan dan kebutuhan, serta minat audiens. Bukan hanya membuat konten lebih menarik, hal ini tentunya dapat meningkatkan visibilitas sekaligus membangun kredibilitas merek.

Baca Juga: Alasan Pentingnya SEO Audit untuk Optimasi Website Bisnis

10. Evaluasi Untuk Hasil Berkelanjutan

Tip terakhir adalah dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja konten yang dipublikasikan. Anda perlu untuk memerhatikan feedback dari audiens untuk lebih mengetahui preferensi mereka. Selain itu, proses evaluasi juga melibatkan analisis performa konten, seperti jumlah pengunjung, interaksi, dan tingkat konversi yang dihasilkan. 

Anda dapat melakukan perbaikan dan membuat konten yang menarik secara berkelanjutan dengan memahami cara konten dapat diterima oleh audiens. Dengan demikian,  konten bukan hanya memenuhi ekspektasi audiens, tetapi juga memastikan pencapaian tujuan dari strategi pemasaran dengan hasil optimal.

Banner SEO x CRO 2

Buat Konten yang Menarik Melalui Layanan Digital Marketing di ToffeeDev

Membuat konten yang menarik dalam bentuk artikel tidak bisa disebut sebagai pekerjaan yang mudah. Perlu latihan dan jam terbang serta imajinasi yang baik di dalam praktiknya. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda.

Jadi, jangan menunda lagi untuk dapatkan peluang dalam meningkatkan kualitas konten produk bisnis Anda. ToffeeDev menyediakan jasa Digital Marketing dan membuka ruang konsultasi gratis selama 30 menit untuk membahas cara terbaik memanfaatkan situs web dalam rangka memaksimalkan profit bisnis dari channel organik. 

Hubungi ToffeeDev di sini sekarang untuk mendapatkan langkah-langkah praktis dalam membangun produk Anda secara digital.  Jadwalkan konsultasi dengan tim ToffeeDev sekarang!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat