Mengenal Apa Itu Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik

Mengenal Apa Itu Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik

Ada 2 jenis lingkungan kerja yaitu lingkungan kerja fisik dan non fisik. Apa perbedaannya? Dapatkah Anda memahami perbedaan di antara keduanya?

Lingkungan kerja merupakan tempat di mana Anda dan kebanyakan orang yang berada di usia produktif menghabiskan waktu setiap harinya. Di sana Anda harus melakukan banyak kewajiban dan tanggung jawab yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Perlu Anda ketahui, lingkungan kerja mampu memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan karena terlalu lamanya waktu yang dihabiskan setiap harinya di sana. Contohnya, lingkungan kerja yang toxic akan membuat karyawannya merasa tidak nyaman untuk bekerja di sana dan sebaliknya lingkungan kerja yang sehat akan membuat karyawan merasa termotivasi serta menjadi setia terhadap perusahaan.

Pentingnya pengaruh lingkungan kerja ini membuat Anda harus memahami dan memberi perhatian lebih, apalagi jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis. Sebagai pebisnis, Anda tentu memiliki kewajiban untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat demi keamanan dan kenyamanan bersama. Tentu saja, lingkungan kerja yang sehat dapat berdampak pada kemajuan perusahaan Anda.

Untuk membangun lingkungan kerja yang sehat, Anda perlu melihatnya dari dua kacamata yang berbeda yaitu lingkungan kerja fisik dan non-fisik. Agar lebih jelas, Anda dapat langsung menyimak pembahasan lengkapnya yang akan ToffeeDev sajikan di bawah ini.

Melalui artikel ini, Anda akan memahami perbedaan lingkungan kerja fisik dan non fisik secara lebih jelas. 

Pengertian Lingkungan Kerja

Sebelum membahas perbedaannya, Anda tentu harus memahami terlebih dahulu apa itu lingkungan kerja. Jadi, apa sebenarnya pengertian dari lingkungan kerja?

Arti lingkungan kerja sangatlah sederhana di mana segala hal dan aktivitas yang berhubungan dengan suatu perusahaan atau lembaga disebut sebagai lingkungan kerja. Ada pun berbagai aspek yang termasuk ke dalam lingkungan kerja seperti fasilitas dan budaya perusahaan.

Baca juga: 6 Jenis Lingkungan Kerja yang Sering Ditemui

2 Jenis Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja dibagi ke dalam dua jenis yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis yang dapat Anda pahami.

1. Lingkungan Kerja Fisik

Di mana Anda bekerja? Fasilitas apa saja yang bisa Anda gunakan di perusahaan atau organisasi tersebut? Adakah peralatan yang dapat mendukung pekerjaan Anda? Seluruh pertanyaan ini memiliki jawaban yang merujuk pada benda, ruangan, ataupun manfaat yang bisa Anda dapatkan dan hal ini yang disebut dengan lingkungan kerja fisik.

Sederhananya, lingkungan kerja fisik merupakan segala hal yang memiliki bentuk fisik yang disediakan atau berada di perusahaan. Lingkungan kerja fisik dengan berbagai fasilitas yang memadai dapat dikatakan sebagai salah satu ciri lingkungan kerja yang sehat.

Apa saja contoh dari lingkungan kerja fisik? Meja, kursi, printer, dispenser, AC, lampu untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan, dan masih banyak lagi. Intinya, segala benda atau tempat yang dapat Anda sentuh dan terlihat oleh mata dikategorikan sebagai lingkungan kerja fisik.

2. Lingkungan Kerja Non-Fisik

Tadi Anda sudah memahami apa itu lingkungan kerja fisik dan selanjutnya kita akan bersama-sama memahami lingkungan kerja non-fisik. Dapatkah Anda mengira-ngira seperti apa lingkungan kerja non fisik?

Hubungan antar karyawan di dalam suatu perusahaan disebut sebagai lingkungan kerja non fisik. Hal yang menjadi kunci utama dalam jenis lingkungan kerja ini adalah hubungannya.

Di dalam setiap perusahaan atau organisasi, tentu ada hubungan yang terjalin baik itu antar karyawan, karyawan dengan atasan, hingga karyawan dengan pihak lainnya yang terlibat langsung di sana. Coba Anda bayangkan apabila karyawan di perusahaan tersebut tidak memiliki hubungan yang baik, maka bagaimana mereka mampu untuk bekerja sama memajukan perusahaan?

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu harus membangun hubungan yang baik di dalam lingkungan kerja non fisik. Buatlah lingkungan kerja yang positif dan saling mendukung agar mampu tercipta lingkungan kerja yang sehat.

Perbedaan Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik

Lingkungan kerja fisik dan non fisik dibagi memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dari pembahasan mengenai pengertiannya saja, Anda tentu sudah dapat memahami perbedaannya, bukan? Supaya Anda lebih jelas, berikut ini beberapa perbedaan dari lingkungan kerja fisik dan non fisik, yaitu:

1. Bentuk

Lingkungan kerja fisik dan non fisik memiliki perbedaan dari segi bentuknya. Lingkungan kerja fisik memiliki bentuk fisik atau nyata yang dapat dilihat secara langsung oleh mata dan bahkan dapat disentuh. Sebaliknya, lingkungan kerja non fisik memiliki bentuk yang abstrak karena kita berbicara mengenai hubungan antar karyawan.

2. Tujuan

Lingkungan kerja fisik memiliki tujuan untuk mendukung kinerja karyawan berdasarkan teknis dan kebutuhan secara fisik. Sedangkan lingkungan kerja non fisik memiliki tujuan untuk meningkatkan keeratan hubungan yang dapat membantu terbentuknya kerja sama di dalam perusahaan.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Anda

Jadi, Anda sudah memahami apa itu lingkungan kerja fisik dan non fisik, bukan? Sebagai seorang pemimpin, Anda memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa lingkungan kerja di perusahaan sudah terbentuk dengan baik.

Untuk meningkatkan lingkungan kerja fisik yang lebih baik, Anda bisa mulai memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh karyawan yang saat ini belum ada di ruangan mereka bekerja. Anda juga bisa membuat kegiatan yang menyenangkan seperti outing untuk mengeratkan hubungan antar karyawan sehingga lingkungan kerja non fisik dapat terbangun dengan baik.

Karyawan yang memiliki lingkungan kerja fisik dan non fisik tentu akan berpengaruh besar dalam proses perkembangan perusahaan. Selain dari sumber daya manusianya, Anda juga perlu menyusun berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan agar perusahaan Anda dapat bergerak maju ke depan.

Jasa SEO

Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan adalah dengan strategi pemasaran digital dan ToffeeDev menyediakan jasa Digital Marketing. Anda dapat menggunakan jasa kami untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut, ya.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top