19 Social Media Monitoring Tools yang Paling Populer di 2024

social media monitoring tools

Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi bisnis untuk hadir di platform media sosial dan memahami interaksi dan tanggapan pengguna terhadap merek mereka. Social media monitoring tools telah menjadi alat yang sangat penting dalam membantu bisnis memahami dan mengelola kehadiran online mereka di media sosial. Dengan memantau percakapan dan tren di berbagai platform media sosial, bisnis dapat memperoleh wawasan berharga tentang bagaimana merek mereka dipersepsikan, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan engagement, dan mengatasi masalah potensial sebelum menjadi krisis.

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan membahas mengenai social media monitoring tools yang paling banyak digunakan pada tahun 2024. Temukan daftar lengkapnya di bawah ini!

18 Social Media Monitoring yang Paling Banyak Digunakan

Dengan adanya berbagai platform dan tingginya interaksi sosial, memilih social media monitoring tools yang tepat menjadi hal penting. Berikut adalah beberapa social media monitoring tools yang paling populer di tahun 2024.

Baca Juga: Social Media Advertising, Salah Satu Strategi Efektif Dalam Bisnis

1. Sprout Social

Sprout Social merupakan platform yang berfungsi untuk melacak interaksi penting di berbagai platform sosial sekaligus memberikan kemampuan untuk bertindak secara langsung. Dengan kemampuan memantau mentions, comments, dan keywords di Instagram, Facebook, X (sebelumnya Twitter), dan TikTok, Sprout Social menyajikan fitur Smart Inbox yang memberikan daftar interaksi sosial secara real-time. Fitur ini dapat membantu Anda untuk memberikan pengalaman konsisten kepada pelanggan dengan cepat dan efisien.

2. Agorapulse

Agorapulse membantu merek untuk fokus pada interaksi yang benar-benar penting dalam kerumitan notifikasi dan mentions yang terus meningkat. Dengan kemampuan untuk menetapkan parameter dan menyaring frasa tertentu, Agorapulse memungkinkan merek mengatasi overload komentar dengan mudah. Lebih dari itu, platform ini memudahkan label dan organisasi percakapan pelanggan yang signifikan serta aktivitas pesaing, membantu tim untuk tetap terorganisir dan responsif.

Banner Ads - General 2

3. RivalIQ

Fokus utama RivalIQ adalah pada analisis kompetitif untuk membantu merek memahami pangsa suara dan pertumbuhannya dibandingkan dengan pesaing. Dengan berbagai peringatan real-time, RivalIQ memberikan wawasan cepat tentang perubahan dalam posisi dan kampanye pesaing. Dalam dunia yang cepat berubah, informasi ini memberikan keunggulan kompetitif yang sangat berharga dan dapat membantu dalam perencanaan strategi jangka panjang.

4. Mention

Mention menjadi alat yang kuat dalam melacak dan memantau lebih dari satu miliar sumber untuk mention dan komentar yang relevan. Dengan menyajikan berbagai opsi penyaringan, platform ini membantu merek “menghilangkan noise” dan tetap fokus pada interaksi yang signifikan. Alerts dari Mention juga memberikan peringatan untuk volume mention yang meningkat, memastikan tim dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan dalam tingkat aktivitas sosial.

5. Keyhole

Fokus utama dari Keyhole adalah membantu merek menemukan influencer untuk bekerja sama. Pencarian otomatis menggunakan kata kunci dan hashtag membantu mengidentifikasi influencer yang berbicara tentang topik yang relevan. Dengan memberikan analisis mendalam tentang interaksi dengan merek dan keterlibatan dengan audiens, Keyhole memungkinkan tim pemasaran untuk membuat keputusan informasional tentang kemitraan dan kampanye influencer.

6. HubSpot

Apabila Anda sudah menggunakan HubSpot sebagai CRM, platform ini tidak hanya memberikan pemantauan standar tetapi juga melacak interaksi, keterlibatan, dan kinerja konten. Integrasi dengan sales CRM memungkinkan tim untuk melihat korelasi antara konten yang paling sukses dan interaksi sosial dengan penjualan. Hal ini dapat memberikan wawasan berharga tentang ROI media sosial dan dampak tim sosial pada tujuan bisnis keseluruhan.

7. Brand24

Brand24 menyajikan fitur pemantauan media yang mencakup analisis sentimen dan notifikasi instan untuk semua mention media sosial Anda. Dengan kemampuan mendeteksi trending hashtags yang terkait dengan merek Anda, platform ini memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan percakapan online yang berkembang, memberikan wawasan langsung tentang tren dan perubahan dalam pandangan pelanggan.

8. Atribus

Atribus berfungsi sebagai alat analisis konsumen dengan penekanan pada pemantauan media sosial. Dengan menggali lebih dalam ke dalam percakapan dan data pelanggan, Atribus membantu merek menemukan “kebutuhan yang belum terpenuhi.” Sentiment analysis yang disajikan oleh platform ini memberikan pemahaman mendalam tentang cara pelanggan merespons merek, memberikan peluang untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

9. Zoho Social

Apabila Anda menggunakan Zoho sebagai CRM, Zoho Social menawarkan fitur pemantauan media sosial yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain pemantauan standar, platform ini juga memungkinkan Anda membangun dasbor pendengar kustom, memberikan pemahaman menyeluruh tentang PR dan kehadiran sosial Anda secara sekilas. Fitur ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana merek Anda diterima dan dilihat oleh audiens di berbagai platform.

10. Awario

Fitur pemantauan Awario mirip dengan banyak platform yang disebutkan di atas, tetapi Awario Leads adalah tambahan berharga yang dapat mengidentifikasi instansi khusus orang yang meminta rekomendasi untuk industri tertentu. Dengan demikian, tim penjualan dan pemasaran dapat merespons secara proaktif terhadap permintaan ini, membuka peluang baru dan memperkuat hubungan dengan audiens.

Baca Juga: 10 Tools Gratis untuk Instagram, Tingkatkan Interaksi Bisnis Anda

11. Cyfe

Cyfe adalah platform analisis yang memungkinkan Anda membuat dasbor kustom untuk memantau metrik kunci media sosial dari lokasi terpusat. Hal ini berguna untuk mengamati tren dan pola dalam KPI media sosial Anda dari waktu ke waktu. Dengan visualisasi data yang mudah dimengerti, Cyfe membantu tim untuk membuat keputusan yang didasarkan pada pemahaman mendalam tentang kinerja kampanye dan respons audiens.

12. Sendible

Sendible bukan hanya alat manajemen media sosial yang kuat, tetapi juga memungkinkan pengguna melacak analitik, menghasilkan laporan, dan merancang, menjadwalkan, serta mempublikasikan konten di berbagai jaringan sosial. Dengan kemampuan untuk menjawab komentar dan mention secara langsung dari platform, Sendible menyederhanakan proses manajemen interaksi sosial, memastikan respons yang cepat dan konsisten kepada audiens.

13. Brandwatch

Brandwatch dikenal karena kemampuannya dalam analisis sosial tingkat lanjut, termasuk analisis sentimen dan pelacakan tren. Platform ini terintegrasi dengan semua aplikasi dan jaringan populer, memungkinkan merek untuk mengumpulkan data dari jutaan sumber. Dengan analisis mendalam dari percakapan sosial, Brandwatch membantu merek untuk membuat dasbor kustom, memastikan pengukuran kinerja yang akurat dan memahami dampak kampanye di seluruh platform.

14. Meltwater

Meltwater menyediakan pendekatan holistik untuk pemantauan merek dengan menggabungkan pemantauan media sosial, berita, dan blog. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, alat ini bahkan dapat menemukan mention merek dalam podcast. Pencarian kata kunci dan query tanpa batas, analisis tren industri, dan laporan yang dapat disesuaikan menjadikan Meltwater sebagai alat yang komprehensif untuk pemantauan merek di berbagai platform dan saluran.

15. YouScan

YouScan mengkhususkan diri dalam analisis konten visual. Menggunakan kecerdasan buatan, alat ini memindai media sosial untuk gambar dan video yang mencakup mention merek, logo, dan adegan relevan. Hal ini tidak hanya membantu merek untuk menangkap konten yang mungkin terlewatkan oleh alat pemantauan teks saja, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana merek dilihat secara visual oleh audiens.

16. BuzzSumo

Platform BuzzSumo terdiri dari 4 pilar utama, yaitu discovery, research, influencers, dan monitoring. Dasbor discovery membantu Anda membangun komunitas yang lebih kuat dengan menampilkan konten berkinerja terbaik dari tim dan pesaing Anda. Dasbor monitoring memungkinkan Anda memantau secara real-time  sebutan merek, tren pasar, dan aktivitas sosial terkait pesaing. Fungsi analitik inti dan monitoring media sosial terletak di Dasbor research, di mana Anda dapat menjalankan pencarian kata kunci, influencer, pengguna, dan frasa Boolean di seluruh indeks 5 miliar item.

17. Falcon.io

Falcon.io adalah perangkat lunak manajemen media yang mudah digunakan dengan dasbor pemantauan dan analisis sosial, serta fungsi penjadwalan, penerbitan, dan kotak masuk. Dasbor analisis Falcon menampilkan rincian postingan yang bermanfaat sehingga Anda dapat memahami reaksi, terhubung dengan konsumen, dan membandingkan kinerja industri. Meskipun dasbornya bisa dibuat lebih intuitif, jika Anda sudah menguasainya, Anda dapat mulai melacak mentions, melakukan riset influencers, dan mendapatkan metrik share-of-voice di seluruh saluran media sosial.

18. Buffer Analyze

Anda dapat menggunakan dasbor Buffer Analyze untuk mengukur dampak media di berbagai platform, mengekspor laporan terperinci tentang KPI yang relevan, dan menginformasikan strategi Anda dengan wawasan tentang apa yang bekerja dengan baik. Data dipecah berdasarkan metrik umum – termasuk komentar, sebutan, retweet, suka, dan berbagi.

19. Sprinklr

Dalam lanskap digital yang terus berubah, pemantauan media sosial telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk memahami dan mengelola kehadiran online mereka. Dengan menggunakan listening tools, bisnis dapat memperoleh wawasan berharga tentang persepsi merek, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan keterlibatan, dan mengatasi masalah potensial. Alat seperti Sprinklr, yang ditujukan untuk merek perusahaan, memungkinkan bisnis menggali lebih dalam sentimen pelanggan, melacak metrik kinerja utama, dan mendapatkan pemahaman holistik tentang bagaimana merek mereka dipersepsikan di dunia digital.

YouScan

Bagaimana Cara Memilih Social Media Monitoring Tools dengan Tepat?

Dalam menghadapi berbagai pilihan social media monitoring tools, memilih yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda bisa menjadi langkah krusial. Berikut ini adalah beberapa tip dalam memilih social media monitoring tools dengan tepat.

1. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda dengan Jelas

Sebelum memilih alat pemantauan media sosial, identifikasi dengan jelas tujuan bisnis Anda. Apakah Anda fokus pada meningkatkan interaksi pelanggan, memantau pesaing, atau memperbaiki citra merek? Dengan memahami kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat memilih alat yang menyediakan fitur yang sesuai.

2. Evaluasi Jangkauan Platform

Pastikan alat yang Anda pilih mendukung jangkauan platform media sosial yang relevan dengan bisnis Anda. Beberapa alat mungkin lebih efektif di platform tertentu, seperti di Instagram atau TikTok saja. Pastikan untuk memilih alat yang mampu memantau interaksi di platform yang paling penting untuk audiens Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Media Sosial dan Cara Memilih Platform yang Tepat

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Pertimbangkan apakah alat tersebut fleksibel dan dapat berkembang seiring dengan bisnis Anda. Kebutuhan monitoring media sosial Anda mungkin berkembang seiring waktu, dan Anda ingin memastikan bahwa alat yang Anda pilih dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut tanpa menyulitkan proses.

4. Analisis Sentimen yang Akurat

Sebuah alat monitoring media sosial yang baik harus mampu menganalisis sentimen dengan akurat. Kemampuan untuk memahami bagaimana audiens merespons merek Anda, baik secara positif, negatif, atau netral, adalah hal yang sangat penting untuk mengelola reputasi merek dan merespons dengan tepat.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Integrasi dengan Alat Lain

Pastikan bahwa alat pemantauan yang Anda pilih dapat diintegrasikan dengan alat lain yang mungkin sudah digunakan oleh tim Anda, seperti CRM atau alat manajemen proyek. Integrasi yang baik memastikan bahwa data dapat bergerak dengan lancar antar platform, meningkatkan efisiensi kerja tim Anda.

Dengan berbagai opsi social media monitoring tools yang tersedia, Anda memiliki kesempatan untuk mengangkat strategi media sosial dan manajemen merek Anda ke tingkat berikutnya. Keputusan yang tepat dalam memilih alat dapat memberikan wawasan mendalam, meningkatkan interaksi pelanggan, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda. Pilihlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apabila Anda mencari pendekatan yang lebih terarah dan solusi yang disesuaikan untuk memaksimalkan potensi media sosial, ToffeeDev adalah mitra iklan media sosial yang tepat untuk Anda. Dengan pengalaman yang luas dalam menangani berbagai kampanye iklan di berbagai media sosial, ToffeeDev siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif.

Hubungi ToffeeDev sekarang untuk konsultasi lebih lanjut dan temukan bagaimana kami dapat membantu meningkatkan kehadiran merek Anda secara online!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top