WhatsApp Green Tick Cara Mendapatkannya dan Manfaat Besarnya

whatsapp green tick cara mendapatkanya

Di era digital ini, WhatsApp telah menjadi platform komunikasi utama bagi banyak orang. Tidak hanya untuk bertukar pesan, WhatsApp juga dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menjangkau pelanggan dan membangun hubungan. Namun, di tengah maraknya akun WhatsApp bisnis, muncul pula akun-akun palsu yang menipu konsumen. Untuk mengatasi hal ini, WhatsApp menghadirkan fitur “Green Tick” atau centang hijau. Maka dari itu, pelajari Whatsapp Green Tick cara mendapatkanya di bawah ini!

Apa Itu Whatsapp Green Tick?

WhatsApp green tick adalah sebuah lencana verifikasi yang diberikan kepada akun bisnis yang telah memenuhi persyaratan tertentu dalam platform WhatsApp Business. Istilah “Green Tick” sendiri mengacu pada tanda centang hijau yang ditempatkan di sebelah nama akun. Tanda ini menunjukkan bahwa akun tersebut telah diverifikasi oleh WhatsApp sebagai akun bisnis yang resmi dan tepercaya.

WhatsApp green tick berfungsi sebagai penanda keabsahan dan kepercayaan bagi akun bisnis di WhatsApp. Ini membantu membedakan antara akun bisnis resmi yang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi dengan akun pribadi atau palsu yang mungkin mencoba untuk memanfaatkan platform tersebut untuk tujuan yang tidak sah.

Banner Ads - General 2

Syarat Mendapatkan WhatsApp Green Tick

Untuk mendapatkan WhatsApp Green Tick, Anda harus memenuhi beberapa syarat. Syarat ini menjadi proses yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengajuan. Berikut syarat mendapatkan WhatsApp green tick.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan di WhatsApp Business: Panduan untuk Meningkatkan Promosi Bisnis

1. Menggunakan Akun WhatsApp Business Resmi

Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah memastikan bahwa akun WhatsApp yang dimiliki adalah akun WhatsApp Business resmi yang diperoleh melalui Business Service Provider (BSP). BSP merupakan komunitas global penyedia solusi pihak ketiga yang akan membantu dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui platform WhatsApp Business.

2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Pastikan bahwa akun Facebook Business Manager Anda telah terverifikasi oleh Meta. Verifikasi ini menegaskan bahwa Anda adalah pemilik atau perwakilan sah dari bisnis yang terhubung dengan akun WhatsApp Business. Selain itu, verifikasi ini juga memastikan bahwa bisnis Anda mematuhi standar keamanan dan kebijakan privasi yang ditetapkan oleh WhatsApp. 

3. Harus Merupakan Bisnis

Lencana verifikasi ini diberikan kepada akun bisnis yang diizinkan oleh WhatsApp. Ini berarti bahwa akun tersebut harus terkait dengan sebuah entitas bisnis yang sah, seperti perusahaan, organisasi, atau usaha lainnya. Akun perorangan, seperti tokoh publik tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan tanda centang hijau ini.

4. Sudah Mengaktifkan Autentikasi Dua Langkah

Pastikan Anda telah mengaktifkan autentikasi dua langkah pada akun WhatsApp Business. Langkah ini merupakan proses keamanan yang mengharuskan pengguna untuk memberikan dua bentuk verifikasi saat masuk ke akun. Selain memasukkan kata sandi, pengguna juga harus memberikan verifikasi tambahan, seperti kode yang dikirim melalui SMS, email, atau menggunakan aplikasi autentikasi khusus.

Sudah Mengaktifkan Autentikasi Dua Langkah

5. Memiliki Reputasi yang Baik

WhatsApp memberikan prioritas kepada akun bisnis yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Reputasi ini dapat dibuktikan melalui ulasan positif dari pelanggan, liputan media, atau pengakuan dari industri terkait. Reputasi yang baik menunjukkan kepada WhatsApp bahwa bisnis Anda layak mendapatkan status verifikasi yang lebih tinggi.

6. Disarankan Berada di Tier 2 atau Lebih pada WhatsApp Business API

Tier pada WhatsApp Business API adalah tingkat aktivitas dan keterlibatan dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Berada pada tier 2 atau lebih tinggi meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan WhatsApp green tick.

7. Bukan Bisnis yang Dilarang oleh WhatsApp

Selain enam syarat di atas, Anda juga harus memperhatikan bahwa bisnis yang dijalankan bukan bisnis yang dilarang oleh WhatsApp, seperti:

  • Narkoba
  • Perlengkapan Narkoba
  • Alkohol
  • Senjata, amunisi, atau bahan peledak
  • Hewan hidup maupun bagian hewan yang dilarang
  • Dll.

Untuk melihat bisnis maupun layanan yang tidak diperbolehkan WhatsApp, Anda dapat mengeceknya di sini.

Banner Ads - Ebook 2

Cara Mendapatkan WhatsApp Green Tick

Setelah Anda mengetahui dan memahami syarat-syaratnya, maka Anda dapat melangkah ke proses pengaduan untuk mendapatkan WhatsApp green tick melalui beberapa cara di bawah ini.

1. Siapkan Nomor yang Akan Digunakan

Langkah pertama ini mungkin terlihat sederhana, tetapi memiliki dampak yang besar. Memilih nomor telepon yang tepat adalah kunci untuk memulai komunikasi yang efektif dengan pelanggan Anda. Pastikan nomor yang dipilih aktif dan mudah diakses, karena hal ini akan menjadi jembatan utama antara bisnis dan pelanggan di platform WhatsApp.

Siapkan Nomor yang Akan Digunakan

2. Tentukan Nama Display

Nama tampilan merupakan identitas visual dari bisnis Anda di platform WhatsApp. Pemilihan nama yang sesuai dengan identitas bisnis akan membantu pelanggan mengenali bisnis dengan mudah dan menciptakan kesan profesional dan dapat dipercaya. Maka dari itu, pastikan untuk memilih nama yang dapat membedakan bisnis dari pesaing.

3. Daftar ke Business Service Provider (BSP) WhatsApp

Langkah selanjutnya adalah bergabung dengan BSP WhatsApp. BSP tidak hanya menyediakan akses ke fitur-fitur penting dan dukungan teknis, tetapi juga membantu Anda mematuhi kebijakan WhatsApp dengan benar. Mitra ini akan menjadi sumber daya berharga dalam mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Business.

4. Lakukan Proses Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Lakukan proses verifikasi melalui Facebook Business Manager. BSP akan membantu Anda untuk melalui proses ini dan memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan tersedia dan sesuai dengan persyaratan WhatsApp. Beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah nama perusahaan. jenis industri, daerah opsional, URL website dam ID Facebook Business Manager.

Baca Juga: 11 Cara Boost Iklan di Facebook yang Mudah dan Efektif

5. Tunggu Proses Verifikasi Selesai

Kesabaran adalah kunci saat menunggu proses verifikasi selesai. Meskipun mungkin memakan waktu, proses ini adalah langkah penting untuk mendapatkan jaminan atas status verifikasi akun. Selama menunggu, pastikan Anda tetap terhubung dengan BSP untuk mendapatkan pembaruan terbaru dan bantuan jika diperlukan.

Manfaat Mendapatkan WhatsApp Green Tick

Mendapatkan WhatsApp green tick membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis. Berikut beberapa manfaat utama yang dapat Anda nikmati jika sudah mendapatkan centang hijau ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu manfaat utama memiliki WhatsApp green tick adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tanda verifikasi ini menjadi bukti konkret bahwa bisnis Anda adalah entitas yang sah dan tepercaya di platform WhatsApp. Pelanggan akan lebih percaya dan yakin untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan bisnis yang memiliki green tick karena mereka merasa lebih aman dan dijamin atas keaslian bisnis tersebut.

2. Meningkatkan Brand Awareness

WhatsApp green tick juga membawa manfaat dalam meningkatkan brand awareness bisnis. Tanda verifikasi ini membantu bisnis Anda menonjol di antara kompetisi. Pelanggan cenderung lebih memperhatikan bisnis yang memiliki green tick, dan hal ini dapat membantu memperluas jangkauan Anda dan meningkatkan pengenalan merek di kalangan pengguna WhatsApp.

3. Meningkatkan Konversi Penjualan

Kepercayaan merupakan kunci dalam mengubah prospek menjadi pelanggan yang setia. Dengan memiliki WhatsApp green tick, Anda membantu membangun fondasi kepercayaan yang kokoh dengan pelanggan Anda. Pelanggan yang merasa aman dan percaya cenderung lebih cenderung untuk melakukan pembelian atau menggunakan layanan Anda. Dengan demikian, WhatsApp green tick dapat secara langsung meningkatkan tingkat konversi penjualan dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi bisnis.

4. Mempermudah Komunikasi

Selain tiga manfaat di atas, pelanggan dapat dengan mudah menemukan dan mengenali akun bisnis Anda di WhatsApp karena adanya tanda verifikasi tersebut. Hal ini membuat mereka lebih mudah untuk memulai percakapan, menanyakan pertanyaan, atau melakukan pembelian.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Akses ke WhatsApp Business API

Memiliki WhatsApp green tick memberikan akses ke WhatsApp Business API yang memungkinkan implementasi chatbot, pengiriman pesan massal, penjualan langsung, penggunaan template pesan, dan fitur pesan interaktif. Melalui berbagai fitur ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

Itulah WhatsApp green tick cara mendapatkanya dan berbagai manfaat besarnya. Setelah membaca dan memahami artikel di atas, Anda telah membuka pintu kesempatan besar dalam meningkatkan reputasi dan kesuksesan bisnis di platform WhatsApp.

Namun, Jika Anda ingin memaksimalkan potensi bisnis di ranah digital, gunakanlah jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Kami membantu dalam optimasi website, SEO, iklan media sosial, dan banyak lagi strategi pemasaran digital lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mencapai tujuan bisnis Anda secara efektif.

Jadwalkan konsultasi sekarang dan mulailah membangun kehadiran digital yang kuat untuk bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top