Apa itu EAT SEO dan Mengapa Sangat Penting dalam SEO?

Apakah Anda mengetahui apa itu EAT SEO? Google terus berfokus pada sistem penilaian page yang ada di dalam internet. Hal ini bertujuan untuk memberikan user experience yang baik agar pengguna internet dapat langsung mendapatkan informasi atau hal-hal yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, Google terus mengembangkan sistem penilaian page mereka dari tahun ke tahun dan melakukan evaluasi, salah satunya dengan menggunakan EAT SEO.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai EAT SEO yang penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik website dan pelaku bisnis agar Anda dapat mengembangkannya dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Apa itu EAT SEO?

EAT merupakan kepanjangan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Ketiga hal ini diambil dari panduan penilai kualitas pencarian Google yang digunakan sebagai faktor-faktor untuk menilai kualitas dari hasil pencarian.

Masing-masing faktor ini digunakan dalam Google untuk mengukur keahlian pembuat konten dalam menyajikan sebuah informasi, kewenangan yang dimiliki sebuah website dalam menyajikan sebuah konten yang bersifat edukatif, informatif, dan mengandung unsur-unsur tertentu, serta kepercayaan yang dapat menentukan kredibilitas dari sebuah website.

Baca Juga : Tips On-Page SEO: E-A-T & YMYL yang Tingkatkan SEO Anda

Beberapa Alasan Mengapa EAT SEO Sangatlah Penting

Dalam pembuatan konten dan juga optimasi SEO, Anda sebagai selaku pemilik dari website perlu memperhatikan faktor EAT ini. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa alasan berikut:

  • Google hanya akan memunculkan konten yang dapat dipahami oleh user.
  • Google hanya akan menampilkan konten yang dapat dipercaya sumbernya, terutama untuk konten-konten yang membutuhkan persetujuan dari para pakar.
  • Google tidak akan memunculkan konten-konten yang dapat berpotensi negatif bagi penggunanya.

Selain itu, dengan memperhatikan EAT dalam pembuatan konten SEO, tentu saja Anda mempunyai peluang untuk memunculkan page website pada halaman 1 Google.

Cara Perhitungan EAT SEO

Anda mungkin sudah mengetahui secara garis besar mengenai masing-masing faktor yang mewakili EAT dalam penilaian SEO. Namun, mari kita bahas lebih rinci lagi mengenai cara perhitungan EAT agar Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan ketiga faktor tersebut sehingga website yang dimiliki dapat muncul pada halaman pertama Google. 

Baca Juga : Mengenal E-A-T Agar Konten Anda Disukai Google

Tentunya, semakin sering website Anda muncul pada halaman pertama Google, semakin tinggi pula traffic website yang Anda miliki, maka semakin besar juga peluang Anda untuk meningkatkan keuntungan bisnis melalui Google. Berikut ini cara perhitungan EAT SEO yang perlu Anda pahami:

Expertise (Keahlian)

Setiap website yang ada di Google tentunya memiliki bidang keterampilan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Google mencari konten yang dibuat berdasarkan para pakar dari bidang tersebut. Seperti contoh, salah satu website mengenai jasa arsitek dan juga interior design akan menaikkan sebuah konten yang berjudul ‘Macam-macam Rekomendasi Cat yang Baik untuk Rumah Gaya Klasik’, maka konten tersebut ada baiknya dibuat oleh seorang dengan lulusan arsitek atau interior design untuk memenuhi penilaian Expertise dalam konten SEO. 

Authoritativeness (Otoritas)

Faktor otoritas berarti berbicara mengenai faktor reputasi. Apakah yang menulis konten tersebut merupakan para ahli atau orang-orang yang berpengaruh di bidang tersebut? Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari sumber dari sebuah berita atau informasi penelitian, maka Anda membutuhkan sumber yang kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Trustworthiness (Kepercayaan)

Kepercayaan merupakan faktor evaluasi yang menilai tentang sebuah keakuratan dari isi konten yang ada dalam sebuah website. Anda bisa menampilkan profil penulis konten agar user dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai si penulis konten, ataupun 

Anda juga bisa memberikan informasi perusahaan secara akurat di dalam website agar Google dapat memberikan verifikasi. Sehingga dengan demikian, konten Anda tidak hanya lolos dalam penilaian skor Google namun juga Anda akan mendapatkan kepercayaan dari user sehingga mereka akan sering mengunjungi website tersebut. Bukan tidak mungkin bila akan ada proses transaksional yang terjadi sehingga keuntungan bisnis Anda dapat meningkat berkat keakuratan informasi yang disediakan dalam website ini.

Tingkatkan Traffic Website Anda dengan Menggunakan EAT SEO

Setelah Anda mengetahui faktor EAT dalam penilaian konten SEO, maka ini saatnya untuk Anda membuat konten SEO berdasarkan pedoman ketiga faktor tersebut untuk dapat meningkatkan traffic website yang dimiliki. Anda bisa menghubungi ToffeeDev untuk mencari pakar SEO dan juga master SEO yang dapat mengisi konten-konten website Anda dengan konten yang kredibel dan juga bermanfaat untuk pengguna internet.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat