Facebook Business Manager : Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

facebook business manager

Apakah Anda sudah tahu salah satu tools paling krusial bernama Facebook Business Manager? Seperti namanya, tools satu ini seolah bertugas layaknya manajer bisnis dalam hal pemasaran, secara khusus periklanan. 

Meski dibuat oleh Facebook, tetapi pengaturan iklannya tidak hanya untuk media sosial Facebook tetapi juga bisa untuk Instagram dan website bisnis. Penggunaan Facebook Business Manager memampukan Anda melakukan berbagai macam hal secara bersamaan dalam waktu singkat. 

Tidak perlu kerja berulang-ulang pada akun bisnis berbeda, tinggal hubungkan saja semuanya dalam satu akun Facebook Business Manager maka Anda bisa mengelolanya dengan mudah. Penasaran bagaimana cara melakukannya atau fungsinya dalam pengiklanan bisnis Anda? Langsung perhatikan informasi lengkapnya berikut ini! 

Apa itu Facebook Business Manager

Seperti namanya, Facebook Business Manager adalah alat manajemen pengiklanan yang diciptakan oleh Facebook. Keberadaannya memampukan orang-orang yang bekerja di bagian pemasaran untuk mengatur kampanye iklan bisnis di platform media sosial mereka, yakni Facebook dan Instagram. 

Banyak orang suka menggunakan Facebook Business Manager karena fitur dan pengaturannya yang mudah serta bisa dilakukan untuk dua media sosial sekaligus. Keperluan seperti untuk membuat iklan, membuat laporan, mengelola performa, atau bahkan kolaborasi dengan orang lain, semuanya bisa dilakukan melalui tools satu ini. 

Ketika bisnis Anda sudah memiliki akun Facebook Business Manager maka semua urusan pengiklanan bisa dengan mudah dilakukan dan dikelola. Anda bisa langsung membuat iklan setiap kali ada kampanye baru untuk mengenalkan produk atau untuk memeriahkan event

Kalau nantinya kampanye sudah selesai dilakukan maka Anda bisa langsung menghapus iklan tersebut. Tidak berhenti di sana, Facebook Business Manager juga bisa menampilkan biaya yang harus dikeluarkan saat ingin menayangkan iklan. Anda jadi dapat memperhitungkan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk setiap iklan sehingga tidak ada uang yang terbuang percuma. 

Kalau pun hasilnya dirasa tidak baik dan tidak memberikan dampak signifikan maka Anda bisa langsung mengevaluasi performanya melalui dashboard yang tersedia. Tinggal lihat apakah tujuan iklan yang dipasang sudah tercapai atau belum. Jika belum maka Anda bisa langsung mengubah strategi agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang percuma. 

Kemudian adakalanya dalam melakukan pengiklanan untuk memasarkan suatu produk, Anda akan bekerja sama dengan banyak pihak agar iklan yang dibuat benar-benar efektif. Supaya setiap orang yang memiliki akses tidak banyak ikut campur dalam semua hal maka Facebook Business Manager juga memampukan Anda untuk mengatur aksesnya. Anda bisa mengatur aksesnya ke dalam tiga level berbeda, yaitu Admin, Editor, dan Analis. 

Melalui pengaturan ini Anda jadi punya kontrol penuh atas siapa saja yang memiliki akses penuh atau terbatas. Anda pun lebih bisa mengawasi setiap pengaturan tentang iklan yang dipasang supaya kesalahan human error bisa diminimalkan.

Bahkan Facebook Business Manager memungkinkan Anda untuk terhubung dengan agensi pemasaran atau konsultan yang dapat membantu mengelola kampanye iklan. Fitur ini tentunya akan sangat berguna agar kampanye iklan yang dihasilkan efektif dan efisien.

Baca Juga: 4 Cara Beriklan Di Facebook Ads untuk Para Entrepreneur

Fungsi Facebook Business Manager 

Kalau Anda masih bingung tentang kegunaan memiliki akun Facebook Business Manager, coba pahami dahulu semua fungsi yang dimilikinya. Simak semua fungsi dan penjelasannya berikut ini. 

1. Mengelola Akun Bisnis

Terkadang akun media sosial yang dimiliki oleh perusahaan tidak hanya satu. Belum lagi kalau ternyata ada banyak brand yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut. Pastinya ada banyak sekali akan media sosial yang harus dikelola. Melakukan pengelolaan akun ini juga pasti tidak mudah. Ada terlalu banyak konten yang harus diunggah dan diawasi. 

Namun dengan keberadaan Facebook Business Manager maka Anda jadi bisa mengelola semua akun bisnis dalam satu dashboard saja. Urusan mengunggah konten, mengatur iklan, hingga menghapus, seluruhnya bisa dilakukan dengan mudah dari Facebook Business Manager. Ucapkan selamat tinggal pada beban pekerjaan yang selama ini menghantui waktu tidur Anda! 

2. Mengelola Tim

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengatur siapa saja yang memiliki akses untuk mengedit atau melihat akun. Penambahan atau pengurangan anggota juga sangat mudah dilakukan. Anda jadi punya kontrol penuh atas siapa saja yang bisa bekerja dalam satu akun yang sama. 

3. Mengelola Iklan

Facebook Business Manager memiliki fitur pengelolaan iklan yang terbilang cukup lengkap. Anda bisa membuat, mengatur, serta menghapus iklan dalam satu dashboard. Pengaturan yang bisa dilakukan pun termasuk menetapkan target pelanggan, anggaran iklan, dan meninjau laporan hasil periklanan. 

Jika didapati kinerja iklan yang dipasang tidak baik maka Anda bisa langsung berhenti dan menggunakan strategi yang lebih baik lagi. Semua performa iklan yang Anda lakukan bisa langsung dilihat, dilacak, sekaligus dievaluasi agar hasilnya maksimal. 

Baca Juga: Pahami Cara Membuat Facebook Bisnis Dengan Mudah

4. Mengelola Katalog Produk

Penambahan fitur katalog pada Facebook dan Instagram jelas memudahkan para pebisnis untuk menampilkan produk-produk yang mereka jual. Namun pasti sulit mengunggah semua produk satu per satu ke dalam berbagai akun yang berbeda. Waktu 3 jam pun tidak akan cukup untuk mengunggah semua produk yang jumlahnya puluhan. 

Itu sebabnya ada banyak pebisnis menggunakan Facebook Business Manager karena mereka bisa mengelola katalog produk dengan sangat mudah dan cepat. Anda bisa menambahkan, menghapus, mengatur susunan katalog, hingga menyesuaikan semua informasinya. 

Setiap perubahan yang Anda lakukan maka akan langsung berubah di Facebook maupun Instagram yang telah terhubung. Jadi Anda tidak perlu kerja berulang kali untuk mengatur katalog produk. 

5. Mengelola Facebook Pixel 

Dalam Facebook Business Manager, terdapat fitur bernama Facebook Pixel yang berguna untuk melacak konversi iklan yang telah dilakukan. 

Facebook Pixel ini sebenarnya merupakan kode yang tertanam dalam website bisnis Anda agar berbagai data pengunjung bisa diketahui untuk evaluasi lebih lanjut. Keberadaannya juga banyak membantu ketika Anda ingin menargetkan ulang semua pelanggan yang pernah melakukan interaksi melalui website

banner

Cara Menggunakan Facebook Business ManageR

Sangat mungkin untuk merasakan kebingungan ketika Anda baru pertama kali menggunakan Facebook Business Manager. Itu sebabnya ToffeeDev sudah menyiapkan langkah-langkah penggunaannya dari awal hingga akhir. Langsung saja ikuti setiap tahapannya berikut ini. 

1. Membuat Akun Facebook Business Manager

Untuk menggunakan Facebook Business Manager, pertama-tama Anda perlu membuat akun di platform tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman Facebook Business Manager di https://business.facebook.com/ dan klik tombol “Buat Akun” di bagian kanan atas halaman.
  2. Masukkan nama bisnis, nama Anda, dan alamat e-mail yang akan digunakan untuk mengelola akun Facebook Business Manager. Lalu klik tombol “Buat Akun”.
  3. Masukkan informasi lengkap bisnis Anda, termasuk alamat, nomor telepon, dan halaman Facebook bisnis yang sudah ada. Jika belum memiliki halaman Facebook bisnis, Anda bisa membuatnya di tahap selanjutnya. Kemudian klik tombol “Lanjutkan”.
  4. Konfirmasikan akun Anda dengan kode yang akan dikirimkan ke e-mail yang sudah dimasukkan.

2. Menambahkan Halaman Facebook Bisnis

Setelah membuat akun di Facebook Business Manager, Anda perlu menambahkan halaman pada Facebook bisnis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik tombol “Tambahkan Halaman” di bagian atas halaman Business Manager.
  2. Pilih opsi “Tambahkan Halaman Facebook” dan masukkan nama halaman Facebook bisnis Anda.
  3. Jika sudah memverifikasi halaman Facebook bisnis Anda sebelumnya maka akan muncul notifikasi untuk menghubungkan halaman tersebut ke akun Facebook Business Manager Anda. Tinggal klik tombol “Hubungkan Halaman”.
  4. Jika belum memverifikasi halaman Facebook bisnis maka Anda perlu melakukan hal ini terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon bisnis atau mengirimkan dokumen resmi yang menunjukkan alamat bisnis.

Baca Juga: Memanfaatkan Facebook Ad Library untuk Memantau Iklan Pesaing

3. Menambahkan Aset dan Mengelola Izin

Jika proses sebelumnya sudah selesai, Anda bisa mulai menambahkan aset seperti akun iklan, katalog produk, dan informasi penting lainnya. Coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik tombol “Tambahkan Aset” di bagian atas halaman Business Manager.
  2. Pilih jenis aset yang ingin ditambahkan, contohnya akun iklan atau katalog produk. Kemudian masukkan informasi yang diminta dan klik tombol “Tambahkan”.
  3. Setelah menambahkan aset, Anda perlu mengelola izin penggunaannya dengan mengeklik pilihan “Izin” di bagian atas halaman Business Manager. Lalu pilih aset yang izinnya ingin diatur.
  4. Tambahkan juga pihak-pihak berkepentingan yang akan mengelola aset tersebut sekaligus mengatur level akses yang akan diberikan, seperti Admin atau Editor. Apabila sudah maka Anda hanya perlu mengeklik tombol “Kirim”.

Secara keseluruhan, Facebook Business Manager adalah platform yang sangat penting bagi pemilik bisnis untuk mengelola strategi pemasaran mereka melalui pengiklanan. Keberadaan berbagai fiturnya yang lengkap membuat para pebisnis bisa mengoptimalkan kinerja iklan yang dipasang dan memperluas jangkauan pasar bisnis mereka.

Namun tidak semua orang yang menggunakan Facebook Business Manager merasa mudah untuk melakukannya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakannya dengan benar. 

Kalau Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola iklan yang ada maka ToffeeDev siap membantu! ToffeeDev sebagai digital marketing agency telah menyediakan Jasa iklan Facebook yang akan membantu Anda mencapai tujuan pengiklanan.

Melalui pengalaman yang luas di bidang iklan Facebook, ToffeeDev dapat membantu Anda membuat strategi iklan yang efektif dan mengoptimalkan kinerjanya. Bahkan ToffeeDev juga menyediakan jasa digital marketing lainnya yang akan mengoptimalkan operasional bisnis Anda. 

Tidak perlu terburu-buru karena Anda bisa melakukan konsultasi untuk memilih strategi terbaik bagi bisnis. Langsung saja hubungi tim ToffeeDev supaya solusi yang tepat sasaran dapat ditemukan. Mari mengembangkan bisnis Anda bersama ToffeeDev hari ini! 

Share this on :

Scroll to Top
WhatsApp chat