3 Faktor yang Mempengaruhi Gaya Kepemimpinan Seseorang

faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan seseorang

Jiwa kepemimpinan tidak dilahirkan begitu saja, mereka dibentuk dan dilatih dengan berbagai cara yang bahkan jarang kita sadari. Para pemimpin hebat memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing. Hal ini bisa terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan. Perbedaan faktor akan menghasilkan gaya kepemimpinan yang berbeda juga.

Dari banyaknya gaya kepemimpinan yang ada, berikut ini adalah penjelasan mengenai gaya kepemimpinan seseorang yang paling umum, faktor-faktor yang memengaruhi, dan gaya kepemimpinan mana yang paling cocok untuk Anda.

Apa Itu Gaya Kepemimpinan?

Gaya kepemimpinan adalah cara pemimpin bertindak dalam memengaruhi anggota kelompok dengan suatu pola perilaku yang konsisten dan berulang. Karena memiliki peran penting dalam berbagai hal, mulai dari pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah, seorang pemimpin dituntut untuk bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai agar anggota kelompok dapat bekerja dengan nyaman. Dengan begitu, tujuan organisasi pun dapat tercapai dengan cara yang efektif dan efisien.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Konsep Kepemimpinan Dalam Manajemen Bisnis

5 Gaya Kepemimpinan

Terdapat lima jenis gaya kepemimpinan yang paling umum digunakan oleh para pemimpin, dari mulai demokratis, autokratis, transformasional, transaksional, dan Laissez-Faire. Untuk lebih mengerti mengenai masing-masing gaya kepemimpinan, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Gaya Demokratis

Pemimpin yang menggunakan gaya demokratis akan menjadikan tim yang dia miliki menjadi bagian dari setiap keputusan yang dikeluarkan. Setiap anggota memiliki hak dan bobot suara yang setara dalam berpendapat guna mencapai tujuan bersama.

2. Gaya Autokratis

Pemimpin dengan gaya autokratis memimpin timnya dengan cara yang terbalik dari gaya sebelumnya, dia akan mengambil semua keputusan sendiri tanpa meminta pertimbangan dari anggota tim. Gaya ini sebenarnya hanya cocok diterapkan di situasi tertentu saja, seperti misalnya saat terjadi krisis dan butuh pengambilan keputusan secara cepat.

3. Gaya Transformasional

Pemimpin yang memiliki gaya transformasional ingin melakukan berbagai perubahan dan gebrakan di berbagai sisi, baik mengubah tim, membalikkan keadaan, hingga menargetkan keuntungan yang lebih tinggi.

4. Gaya Transaksional

Pemimpin dengan gaya ini cenderung menargetkan tujuan-tujuan jangka pendek. Mereka juga menekankan anggota tim untuk melakukan tugas sesuai dengan semestinya dan tidak akan mengubah keadaan tim yang sudah stabil.

5. Gaya Laissez-Faire

Pada gaya Laissez-Faire, tidak ada hierarki kepemimpinan. Semua struktur organisasi dibuat setara dan datar antar satu posisi dengan posisi lainnya. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini sering kali membuat anggota timnya bingung mengenai siapa yang akan membuat keputusan akhir.

Baca juga: 6 Perbedaan Bos dan Pemimpin, Anda Termasuk yang Mana?

3 Faktor yang Mempengaruhi Gaya Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan seseorang tidak lahir begitu saja, melainkan ada faktor-faktor yang memengaruhinya. Berikut ini sejumlah faktor yang memengaruhi gaya kepemimpinan seseorang:

1. Karakteristik Pribadi Pemimpin

Kecerdasan dan motivasi tinggi dari dalam diri pribadi pemimpin akan mempengaruhi gaya kepemimpinannya. Mereka umumnya memiliki tingkat intelegensi yang lebih tinggi jika  dibandingkan dengan para anggota tim.

2. Kecakapan dan Pengalaman

Gaya kepemimpinan seseorang akan terbentuk berdasarkan tingkat kecakapan pemimpin untuk menyelesaikan tugas dengan hasil optimal dalam waktu singkat, serta bisa memanfaatkan semua tenaga dan sarana secara efisien. Pengalaman yang dimiliki juga akan menjadi pertimbangan pemimpin untuk memilih gaya kepemimpinan yang sesuai.

3. Situasi dan Kondisi

Situasi dan kondisi yang berbeda akan membentuk gaya kepemimpinan yang berbeda pula. Misalnya, pada saat situasi sedang kacau, maka akan lebih efektif jika pemimpin yang in charge adalah seseorang yang karismatik atau jika organisasi mengalami stuck dan tidak berkembang, maka diperlukan pemimpin yang transformasional untuk menggebrak semuanya. Seperti itulah bagaimana situasi bisa menjadi faktor yang memengaruhi gaya kepemimpinan seseorang.

Baca juga: Kesetiaan + Kepemimpinan = Sempurna!

Seperti Apakah Gaya Kepemimpinan yang Baik?

Bukan hanya memberikan perintah, seorang pemimpin juga harus bisa membangun suasana yang nyaman dalam sebuah organisasi. Pemimpin akan sangat berpengaruh dalam tercapainya tujuan sebuah organisasi, oleh karena itu sebagai pemimpin Anda dituntut untuk bisa memilih gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, seperti apakah gaya kepemimpinan yang baik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Memotivasi Anggota untuk Bekerja

Tujuan organisasi akan sulit untuk dicapai jika anggota timnya kehilangan semangat dalam mencapai tujuan. Sebagai seorang pemimpin, Anda dituntut untuk bisa menghilangkan masalah ini. Motivasi para anggota harus senantiasa dijaga agar hasil kerja mereka menjadi lebih maksimal. Berbagai kebijakan dan pendekatan pemimpin akan sangat memengaruhi motivasi anggota dalam bekerja.

2. Cara Kerja yang Efisien

Selain membuat anggota tetap termotivasi, gaya kepemimpinan yang Anda gunakan juga harus bisa membentuk kultur kerja yang efisien. Ini akan sangat berguna agar para anggota tidak jenuh dan kehabisan energi untuk hal-hal yang tidak perlu. Selalu tempatkan efisiensi sebagai prioritas ketika membuat keputusan atau kebijakan.

3. Membuat Anggota Nyaman Melaksanakan Tugasnya

Poin ini bisa dicapai bukan hanya melalui gaya kepemimpinan seorang pemimpin, tetapi juga lingkungan serta sarana yang ada di tempat kerja. Sebagai pemimpin, Anda bisa berkontribusi dengan menciptakan kultur pekerjaan yang nyaman.

Nah, setiap gaya kepemimpinan memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya pada gaya demokratis, anggota tim akan merasa lebih dianggap keberadaannya. Sedangkan pada gaya transformasional, anggota bisa saja mendapatkan posisi yang fleksibel dan berganti-ganti karena pemimpin memang termotivasi untuk menciptakan berbagai perubahan.

Jasa SEO

Itulah sejumlah faktor yang memengaruhi gaya kepemimpinan seseorang. Kepemimpinan yang baik akan berdampak positif pula pada kesuksesan perusahaan, seperti yang dirasakan langsung oleh digital agency ToffeeDev.Jika Anda saat ini sedang mencari peluang baru di bidang Digital Marketing, ToffeeDev sedang membuka banyak kesempatan di berbagai posisi yang dapat langsung dilihat melalui karir kami. Selain itu, apabila Anda berada di posisi sebagai pemilik bisnis yang membutuhkan jasa Digital Marketing, tim kami siap untuk membantu kapan pun. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk mencari kebutuhan pemasaran yang Anda butuhkan atau cek di sini untuk melihat layanan yang ToffeeDev sediakan.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat