In-House Agency Adalah: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Kerjanya

Meeting To Discuss New Ideas

Ketika anda mencoba untuk mengembangkan bisni anda menggunakan internet, apa yang bisa anda lakukan? Apakah bisa hanya dengan sekedar membuat website, lalu tidak melakukan apapun?

Bila anda tidak melakukan usaha apapun, maka website anda tidak akan mendapatkan pengunjung, dan akan menghilang dari hasil pencarian seach engine. Lalu apa yang bisa anda lakukan?

SEO adalah jawabannya. SEO dapat membantu website untuk muncul di halaman awal dari SERP (Search Engine Result Page), yang akan dapat mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic,dan pada akhirnya akan memberikan anda potential customer.

Namun siapa yang akan mengerjakan SEO dari website anda?
Jika anda paham dengan SEO dan menguasainya, maka anda dapat melakukannya sendiri. Namun jika anda tidak tahu dan juga tidak paham, maka kan ada 2 pilihan.

Mempekerjakan ahli SEO di perusahaan anda atau biasa disebut In-house SEO. Anda juga bisa menggunakan jasa dari SEO Agency.

In-house SEO

Bila anda memilih untuk menggunakan In-house SEO maka anda mendapatkan beberapa keuntungan yang data membantu anda seperti:

1. Pemahaman yang lebih baik mengenai perusahaan

In-house SEO akan memiliki pemahaman yang baik mengenai perusahaan. Karena mereka sudah ditanamkan pengetahuan mengenai perusahaan sehingga anda tidak perlu menjelaskan secara lebih lanjut mengenai produk dan perusahaan anda.

2. Lebih banyak Waktu yang diberikan untuk proyek

In-house agency dapat fokus pada satu proyek saja, aitu proyek dari perusahaan. Sementara SEO agency akan membagi fokus mereka ke berbagai proyek.

3. Kolaborasi yang mudah

Dengan jarak yang sanga dekat, maka kolaborasi dan perubahan informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Lalu anda juga dapat meberikan feedback dengan cepat dan mereview nya secara langsung.

Tetapi, In-house agency juga memiliki beberaa kekurangan yang harus diperhatikan. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

1. Recruitment

Dibanding menggunakan sebuah SEO agency yang sudah memiliki tim yang sudah siap, mencari individual-individual untuk membentuk sebuah tim yang akan menangani SEO terbukti cukup sulit

2. Pelatihan

Setelah melakukan recruitment, anda tentu harus memberikan training kepada individual yang sudah anda rekrut.

3. Resource yang terbatas

Anda sudah memiliki sebuah tim SEO, lalu siapa ang akan menangani konten, iklan, dan lain-lain?

Tunnel-vision: Sebuah tim internal akan sedikit sulit melihat perspektif yang berbeda.

SEO Agency

Apakah menggunakan SEO agency itu mahal? Tidak selalu begitu. Jika anda membangun sebuah tim, maka anda akan mengeluarkan biaya lagi untuk membeli tools yang dibutuhkan.
Sedangkan SEO agency sudah memiliki berbagai macam tools yang dibutuhkan. Anda hanya harus menyiapkan beberapa file serta informasi mengenai apa yang anda inginkan SEO agency lakukan.

Masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa anda dapatkan, seperti:

1. Expert

Anda akan mendapatkan servis dari tim yang sudah memiiki keahlian pada masing-masing bidang yang akan menangani SEO bisnis anda.

2. Up-to-date

Agency yang baik akan selalu up-to-date dengan tren dari industri, teknologi, dan teknik-teknik SEO.

3. Tidak hanya SEO

SEO agency akan membutuhkan konten marketing yang baik, promosi, dan strategi yang lain, yang akan lebih memaksimalkan hasil dari SEO anda.

4. Software dan Tool

Software dan tool yang baik akan memberikan keuntungan yang luar biasa.

Bila anda menggunakan SEO agency, anda hanya perlu fokus untuk menjalankan bisnis anda dan menyerahkan SEO kepada agency. Namun selain dengan keuntungan diatas, tentu ada beberapa kekurangan, seperti:

1. Memilih agency yang baik

Sama halnya dengan memilih individual untuk membentuk sebuah tim, mencari SEO agency yang baik juga harus dilakukan dengan seksama.

2. Adanya klien yang lain

SEO agency tentu akan memiliki klien yang lain yang juga ingin SEO mereka berjalan, sehingga SEO agency akan memecah konsentrasi mereka ke beberapa klien.

Cara Kerja Digital Marketing Agency In House Mempromosikan Bisnis

Seiring berjalannya waktu dengan meningkatnya beragam bisnis online di dunia, jasa tim pemasaran internal atau digital agency in house telah banyak sekali digunakan oleh beragam perusahaan dari berbagai industri. Berikut ini adalah proses atau cara kerja tim pemasaran internal digital marketing agency dalam mempromosikan bisnis klien mereka.

1. Memahami Kebutuhan Customer Potensial

STP atau segmenting, targeting, dan positionin dalam proses pemasaran internal merupakan strategi pemasaran pendahuluan setiap marketer dalam proses pemasaran produk bisnis. Begitu juga digital marketing agency in-house yang dapat melakukan proses tersebut dengan melalui riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memahami kebutuhan pelanggan potensial.

2. Mempelajari Produk atau Jasa

Setelah memahami kebutuhan customer potensial, in-house marketing agency akan mempelajari dan memilih produk serta jasa yang tepat sesuai untuk kebutuhan customer. Tim pemasaran internal harus mengimplementasikan hasil riset pasar yang sudah dilakukan sebelumnya untuk menjalankan tugas selanjutnya.

3. Merancang Strategi Marketing

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh para marketer adalah merancang strategi pemasaran internal untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan. Sebagai sebuah agen pemasaran digital marketing, Anda harus melakukan beragam riset, seperti riset pasar, produk, strategi pemasaran. Sehingga dapat merancang strategi pemasaran yang cocok dan tepat sasaran, serta efektif

Langkah ini adalah alasan paling sakral mengapa cara kerja marketing in house dapat mencapai target di kemudian hari. Karena mereka harus merancang strategi marketing dari awal untuk kemudian mempresentasikannya dalam iklan, seperti riset pasar, riset produk, dan riset strategi marketing. Perkembangan atau kesuksesan suatu bisnis bergantung pada banyaknya produk yang dihasilkan, jadi sudah pasti tim marketing internal ini harus bekerja efektif menarik perhatian calon customer setiap brand promotion disampaikan.

4. Mengiklankan Produk Bisnis

Setelah menetapkan produk, target pasar, channel marketing yang digunakan, hingga pesan yang akan disampaikan sudah terbentuk, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mulai eksekusi iklan untuk promosi bisnis.

Bagaimana cost dari In-house vs SEO Agency

Dalam benak banyak orang, menggunakan SEO agency adalah sebuah hal yang mahal. Namun ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

SEO agency akan mengurangi biaya ekstra yang harus anda keluarkan ketika anda membangun sebuah tim In-house SEO, seperti tool dan software. Ini akan meringankan operation cost anda. Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu untk mencari individual yang akan masuk dalam tim SEO anda.

Walaupun dengan In-house agency anda akan mengeluarkan beberapa biaya ekstra, namun anda akan memiliki kontrol secara langsung, dan feedback yang lebih cepat.

Pada akhirnya semua keputusan akan kembali ke tangan anda, anda bisa memilih In-house SEO dengan segala keuntungan yang ada, seperti kontrol secara langsung mengenai kegiatan SEO yang akan dilakukan.
Atau memilih agency yang akan melakukan SEO bisnis anda secara otomatis, sehingga anda bisa fokus menjalankan bisnis anda. Anda harus selalu ingat, jika anda menginginkan hasil yang terbaik pasti ada biaya yang dikeluarkan.

Bagaimana dengan anda? Jenis mana ang akan anda pilih? Silahkan bagikan pendapat anda di kolom komentar.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat