Pengertian Indexing dan Peranannya dalam SEO

Indexing adalah proses analisis konten website yang dilakukan oleh mesin pencari sebelum konten tersebut bisa ditampilkan pada hasil pencarian. Bersama dengan crawling dan ranking, indexing merupakan bagian dari rangkaian proses kerja mesin pencari. Lalu, bagaimana perannya dalam SEO? Ketahui jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Mengenal indexing mesin pencari

Secara umum, cara kerja mesin pencari dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu crawling, indexing, dan ranking. Ketiganya merupakan rangkaian proses kerja sehingga satu sama lain saling berhubungan. Rangkaian proses kerja ini menghasilkan halaman hasil pencarian yang diurutkan dari konten paling relevan hingga yang kurang relevan.

Indexing adalah proses kerja saat mesin pencari mengumpulkan dan mengatur konten-konten yang ditemukan dalam proses crawling. Sedikit penjelasan, crawling adalah proses kerja saat mesin pencari menjelajah internet untuk menemukan konten melalui link atau URL.

Nah, setelah melalui dua tahapan tersebut, barulah mesin pencari melakukan ranking atau menampilkan konten pada halaman hasil pencarian. Melalui proses ranking ini, konten-konten yang telah melalui proses crawling dan indexing diurutkan dari yang paling relevan hingga yang kurang relevan dengan kata kunci pencarian.

Baca Juga : Google Index & Mengapa Website Anda Harus Muncul di Sana

Mengapa indexing penting? 

Indexing adalah salah satu tahapan terpenting dalam cara kerja mesin pencari. Pasalnya, konten yang tidak melalui proses ini tidak akan bisa muncul dalam Search Engine Results Page (SERP). Mengapa demikian? Konten yang tidak terindeks artinya tidak dapat terdeteksi oleh mesin pencari. Link atau URL dari konten tersebut tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari sehingga proses crawling pun tidak bisa berjalan. Jika crawling tidak berjalan, maka indexing dan ranking pun tidak akan berjalan pula.

Selain itu, proses ini juga bisa menjadi sumber data bagi mesin pencari. Dengan begitu, proses pencarian melalui mesin pencari pun bisa dilakukan lebih cepat. Anda sebagai pengguna mesin pencari jadi bisa mendapatkan hasil yang relevan dengan kata kunci pencarian. Sebab, tanpa adanya proses indexing, mesin pencari akan melakukan pencarian tanpa arah. Padahal, ada banyak sekali konten di internet. Proses untuk menampilkan SERP yang relevan dengan kata kunci pun akan memakan waktu lama.

Cara kerja

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, indexing adalah proses kerja mesin pencari. Artinya, seluruh prosesnya dilakukan oleh mesin pencari.

Diawali dengan tahap analisis konten. Mesin pencari akan menganalisis konten yang ditemukan dalam proses crawling dan kemudian menyesuaikannya dengan kata kunci pencarian. Dalam proses ini, mesin pencari juga akan mencocokkan isi konten dengan kata kunci agar relevansi konten terlihat.

Perlu diingat, indexing berbeda dari ranking. Indexing adalah proses yang bersifat permanen dan statis. Artinya, indeks mesin pencari tidak akan berubah, kecuali memang ada konten yang baru ditambahkan. Sedangkan ranking bersifat dinamis dan selalu berubah. Anda tentu pernah menemukan SERP dengan urutan berbeda saat mencari keyword yang sama tapi berbeda waktu, bukan? Hal tersebut bisa terjadi karena sifat ranking selalu berubah.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa indexing adalah proses penting dalam optimasi kerja mesin pencari. Tanpa adanya indexing, mustahil Anda bisa mendapatkan SERP yang relevan dengan kata kunci.Selain ini, masih banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam SEO. Untuk membantu Anda, digital marketing agency ToffeeDev menghadirkan layanan master SEO yang menguasai teknik SEO website bisnis. ToffeeDev juga bekerja sama dengan pakar SEO profesional dan berpengalaman dalam merancang strategi SEO yang efektif. Mulai optimasi website bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat