Pelajari Indikator Brand Image yang Penting Dalam Membangun Bisnis Anda

indikator brand image

Dalam membangun bisnis Anda, pasti Anda telah melakukan banyak persiapan matang agar bisnis yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. Salah satu yang tidak boleh lupa disiapkan adalah brand image Anda. Brand image yang Anda miliki sangat memengaruhi apakah bisnis Anda berjalan dengan baik atau tidak. Terdapat beberapa indikator brand image yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis Anda. Hal inilah yang akan kita pelajari selanjutnya pada artikel ini. Sebelumnya coba perhatikan penjelasan mengenai brand image di bawah ini. 

Arti Brand Image 

arti brand image

Brand image adalah salah satu elemen penting bagi suatu produk. Secara singkat, brand image adalah persepsi yang dimiliki oleh konsumen terhadap brand Anda. Semua kepercayaan, perasaan dan kepuasan yang dialami konsumen sehingga mereka memiliki nilai dan pandangan terhadap merek Anda, merupakan hal yang termasuk dalam brand image. Brand image yang baik tentu saja akan membuat bisnis Anda memiliki banyak pelanggan. Jika dapat kita umpamakan, brand image adalah semua reputasi baik yang dikatakan oleh orang lain, oleh perusahaan dan yang dialami oleh konsumen itu sendiri. Reputasi yang baik ini tentu tercipta dari adanya kualitas produk dan layanan terbaik yang Anda berikan kepada konsumen. 

Baca Juga: Brand Image, Kunci Penting dalam Pemasaran

Faktor yang Membentuk Brand Image

faktor brand image

Brand image, citra merek atau reputasi yang baik tadi terbangun dengan adanya 3 faktor pendukung di bawah ini.

1. Favorability of Brand Association

Favorability of Brand Association atau keunggulan asosiasi merek merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh brand Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda. Bisa juga dikatakan bahwa produk Anda unggul dalam persaingan dengan kompetitor lainnya. 

Keunggulan inilah yang membuat konsumen atau pelanggan Anda memilih produk yang Anda tawarkan. Konsumen akan merasa bahwa keunggulan produk Anda melalui atribut dan manfaat yang diberikan, bisa memberikan kepuasan bagi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. 

2. Strength of Brand Association

Strength of Brand Association atau kekuatan asosiasi merek adalah informasi yang diingat oleh otak konsumen terhadap brand Anda. Sebagai contoh, misalnya Anda baru saja membeli suatu produk dari brand A. Sebelum akhirnya Anda membeli produk dari brand A, Anda melihat bahwa brand A memiliki citra yang biasa saja. 

Tidak buruk tetapi juga tidak terlalu bagus. Namun setelah Anda membeli produk brand A di toko resminya, Anda mengalami kepuasan dan rasa senang sehingga Anda memutuskan untuk membelinya. Hal ini karena toko yang Anda kunjungi sangat nyaman dan harum. Pelayanan yang diberikan juga sangat baik. Terlebih lagi kemasan dan produk yang dimiliki oleh brand A sangat baik dan sangat cantik. 

Lalu setelah beberapa minggu, Anda mulai memikirkan produk dari brand A lagi karena pengalaman baik yang Anda rasakan. Pengalaman ini akan terus tersimpan di otak Anda dan membuat Anda akan kembali lagi pada produk dari brand A. Kekuatan asosiasi dari merek Anda dapat dibangun dengan menggunakan layanan iklan baik di website, aplikasi dan social media yang ada. 

3. Uniqueness of Brand Association

Uniqueness of Brand Association atau keunikan asosiasi merek termasuk dalam keunggulan yang dimiliki oleh suatu brand. Namun keunggulan yang dimaksudkan di sini adalah suatu ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh kompetitor lainnya. Misalnya Anda memiliki value yang hanya Anda miliki dan itulah yang membedakan brand Anda. 

Baca Juga: Langkah-Langkah Dalam Membangun Brand Image

Indikator Brand Image

berbagai indikator brand image

Terdapat tiga indikator yang membentuk brand image, berikut penjelasannya.

1. Citra Perusahaan

Citra perusahaan adalah persepsi konsumen terhadap perusahaan dari suatu brand. Misalnya, suatu perusahaan dikenal memiliki citra yang baik saat memiliki value yang baik seperti berintegritas, hanya mengeluarkan produk dengan kualitas yang baik, kesejahteraan karyawan terjamin dan lain sebagainya. 

Hal ini terpancar dari social media, interaksi yang ditunjukkan, kualitas produk dan pelayanan yang selalu membaik dari waktu ke waktu. Pemberitaan melalui media terhadap perusahaan tersebut juga akan memberikan poin tambahan pada reputasi perusahaan. 

Jika didapati oleh konsumen bahwa apa yang dilakukan oleh perusahaan merupakan tindakan yang baik dan bijaksana, maka tentu saja citra perusahaan mereka akan membuat brand image Anda juga akan dipandang baik. 

2. Citra Produk

Citra atau reputasi sebuah produk, tentu juga berpengaruh terhadap brand image yang Anda miliki. Bayangkan, jika suatu produk tas memiliki citra perusahaan yang baik karena kesejahteraan karyawan yang terjamin, namun kualitas produk yang diberikan jelek. Apakah brand image nya bagus? Tentu tidak, bukan? Oleh karena itu tidak hanya citra perusahaan yang perlu dijaga. 

Kualitas produk yang diberikan juga harus kualitas yang bagus dan tepercaya. Saat konsumen memiliki kepuasannya tersendiri setelah menggunakan produk Anda maka brand image Anda juga akan semakin baik. Pelanggan atau konsumen yang puas akan menawarkan produk yang dia gunakan kepada orang lain, sehingga kredibilitas brand dari produk tersebut pasti akan semakin besar. 

Jasa SEO

3. Citra Konsumen

Ternyata brand image Anda juga dicerminkan dari karakteristik konsumen Anda. Apakah Anda menyadarinya? Sebagai contoh, brand tas branded misalnya hanya digunakan oleh orang-orang terkenal dan memiliki posisi pada pemerintahan. Dengan begitu brand yang digunakan oleh mereka akan dikenal sebagai merek yang mahal dan tidak bisa dibeli oleh karyawan atau orang biasa. 

Contoh lainnya adalah produk baju dengan desain yang casual dan trendy. Tentu orang yang akan membelinya juga merupakan orang yang santai dalam berpakaian tetapi tetap memperhatikan bagaimana dia berpakaian. Dengan begitu, masyarakat akan mengenal brand Anda sebagai brand yang disukai oleh anak-anak muda karena desain bajunya yang selalu trendy.

Baca Juga: 7 Alasan Untuk Membangun Brand Identity Dengan SEO

Cara Meningkatkan Brand Image

cara meningkatkan brand image

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan brand image Anda. namun perlu diingat bahwa cara-cara ini hanya dapat berdampak saat ketiga indikator yang baru saja dijelaskan sudah melengkapi brand image Anda. Jika ada salah satunya yang tidak terpenuhi, hasil dari strategi yang Anda lakukan tidak akan maksimal. 

1. Menggunakan Promosi yang Efektif

Untuk memastikan bahwa brand image Anda semakin menguat, Anda perlu melakukan promosi dengan menunjukkan keunggulan produk dan brand Anda. Selain itu menampilkan benefit yang akan didapatkan konsumen saat menggunakan produk Anda juga dapat dilakukan. Gunakanlah promosi yang menarik, misalnya giveaway, promo bundle dan diskon. 

Menggunakan iklan pada social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan yang lainnya juga akan membantu Anda meningkatkan brand awareness pada brand image produk Anda. Apalagi dengan pengguna social media yang setiap tahunnya terus bertambah, tentu akan membuat iklan yang Anda gunakan menjadi sangat efektif. 

2. Membuat Desain yang Menarik

Saat ini semua orang bekerja dan melakukan kegiatan dengan tempo yang sangat cepat. Oleh karena itu membuat konten yang dapat menarik perhatian dalam sepersekian detik akan membuat konten Anda dilirik. Pada akhirnya konten yang mendapatkan perhatian konsumen akan membuat mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. 

Misalnya desain dan isi konten yang kreatif. Membuatnya relatable dan relevan bagi target audience Anda juga merupakan strategi yang baik untuk dilakukan. Gunakan setiap fitur yang tersedia pada media yang Anda gunakan, supaya hasil yang maksimal bisa didapatkan. 

Baca Juga: 7 Strategi Marketing Mix yang Wajib Dipahami

3. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

Poin yang satu ini rasanya tidak perlu diperdebatkan lagi. Kualitas produk dan pelayanan yang semakin membaik dari waktu ke waktu tentu saja akan meningkatkan brand image Anda dimata konsumen bahkan khalayak masyarakat. Sangat penting untuk terus melakukan perbaikan demi perbaikan pada produk dan pelayanan yang diberikan, supaya bisnis Anda juga semakin berkembang.

Selain itu dengan upgrade yang dilakukan akan memperlihatkan kepada konsumen bahwa perusahaan Anda memiliki komitmen yang baik untuk hanya menyediakan kualitas terbaik bagi para konsumennya. Hal ini akan berdampak kepada kredibilitas perusahaan, brand dan produk yang juga akan meningkat. 

Demikian mengenai pengertian, faktor dan indikator dari brand image yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat menambahkan pengetahuan Anda, juga dapat membantu Anda meningkatkan brand image yang dimiliki. Selain yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk terus mengupdate website bisnis Anda supaya saat konsumen berkunjung ke web bisnis Anda, mereka tetap mendapatkan pelayanan terbaik. Jika Anda kesulitan melakukan upgrade website, maka Anda bisa menggunakan jasa dari ToffeeDev. Klik di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat