Influencer Marketing: Pengertian, Peran, dan tips Memilihnya

influencer marketing

Bisnis di Indonesia berlomba-lomba menerapkan influencer marketing pada saat ini. Bukan hanya perusahaan besar yang bekerja sama dengan mega influencer, bisnis kecil dan UMKM juga menggandeng nano influencer untuk mempromosikan bisnisnya. Influencer marketing dipilih karena bisa memengaruhi masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan.

Kali ini, ToffeeDev akan menjelaskan tentang seluk-beluk influencer marketing dan membagikan tip memilih influencer yang tepat untuk diajak bekerja sama. Mari simak penjelasannya sampai selesai!

Pengertian Influencer Marketing

Influencer marketing adalah metode pemasaran yang melibatkan seorang influencer untuk mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis. Namun, tidak semua kolaborasi influencer marketing terkait dengan peningkatan angka penjualan. Bisnis terkadang hanya bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness.

Lantas, siapakah orang yang disebut influencer itu? Influencer adalah selebriti atau seseorang di media sosial yang sering mengunggah konten yang fokus pada bidang tertentu, contohnya makeup, fashion, dan kebugaran. Mereka memiliki kemampuan untuk memengaruhi konsumen agar membeli produk yang digunakan. Influencer memiliki banyak pengikut karena mereka dianggap sebagai otoritas terpercaya di bidang tertentu di platformnya.

Baca Juga : 7 Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru yang Jitu

Peran Influencer Marketing dalam Pemasaran

peran influencer marketing

Influencer memiliki peran yang besar dalam pemasaran bisnis. Seperti apa peran seorang influencer sehingga banyak bisnis yang menerapkan strategi influencer marketing?

1. Memperkuat Brand Awareness

Influencer memiliki jangkauan yang luas sehingga berpotensi meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Ketika seorang influencer merekomendasikan atau memberikan dukungan pada suatu merek, pengikut mereka cenderung menggunakan merek tersebut. Selain itu, rekomendasi dari influencer sering dianggap tepercaya. Bekerja sama dengan influencer akan memberikan visibilitas merek yang lebih besar.

2. Menargetkan Audiens Lebih Presisi

Mengidentifikasi dan menargetkan audiens yang tepat adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran. Hanya saja, proses tersebut memakan waktu dan Anda perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang target pasar. Influencer marketing berperan agar merek Anda bisa sampai kepada target audiens yang tepat. Anda hanya perlu memilih influencer yang relevan dengan niche pasar dan sejalan dengan citra merek yang dibawakan.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Kekuatan terbesar seorang influencer terletak pada kepercayaan pengikutnya. Ketika seorang influencer membagikan komentar tentang produk atau layanan Anda, pengikutnya akan menganggapnya sebagai testimoni yang jujur. Reputasi merek Anda makin menguat sehingga kredibilitas pun meningkat. Oleh karena itu, bekerja sama dengan influencer akan membantu Anda dalam memenangkan kepercayaan audiens sehingga menumbuhkan loyalitas konsumen dalam jangka panjang.

Jasa SEO

4. Menghasilkan Konten yang Lebih Menarik

Influencer selalu memiliki cara untuk menciptakan konten yang menarik bagi pengikutnya. Berkolaborasi dengan influencer akan membantu Anda dalam memperbarui strategi konten sehingga terlihat lebih menarik. Selain itu, konten yang menampilkan influencer sering dianggap lebih otentik dan dapat dipercaya. Apabila kontennya tepat sasaran dengan audiens, influencer akan membagikannya ke pengikutnya sehingga meningkatkan visibilitas konten. Anda pun akan terhubung dengan audiens yang sebelumnya sulit dijangkau.

5. Meningkatkan Engagement dengan Audiens

Influencer juga bisa meningkatkan engagement dengan audiens di media sosial. Pertama, bekerja dengan influencer dapat meningkatkan kualitas konten Anda sehingga lebih fokus pada pengguna. Kedua, ketika seorang influencer membagikan konten Anda di profil media sosial mereka, audiens mereka juga akan terlibat. Jika pengikutnya menyukai konten tersebut, mereka juga ikut membagikannya di profil mereka sendiri sehingga memperluas jangkauan media sosial Anda.

6. Meningkatkan Angka Konversi Penjualan

Tujuan akhir dari pemasaran tentu tidak lepas dari meningkatkan penjualan dan keuntungan. Influencer memiliki kekuatan dalam menarik lebih banyak orang untuk mengenal produk atau layanan Anda karena konsumen mempercayai rekomendasi mereka. Anda bisa menggunakan influencer marketing untuk memengaruhi keputusan pembelian dan meningkatkan konversi.

Baca Juga : 4 Cara Affiliate Marketing yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

Tips Memilih Influencer yang Tepat

tips memilih influencer

Manfaat di atas hanya bisa dirasakan ketika bisnis Anda memiliki influencer yang tepat untuk mempromosikan produk. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih influencer yang tepat? Lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Kenali Target Audiens Anda

Mulailah dengan mengenali target audiens Anda sebelum mencari influencer. Pertimbangkan karakteristik demografis, geografis, dan perilaku konsumen target Anda. Memahami audiens akan membantu Anda dalam memilih influencer yang tepat dan tentunya memiliki pengaruh di target pasar yang diinginkan.

2. Pilih Beberapa Influencer yang Relevan dengan Target Audiens

Pilihlah influencer yang sejalan dengan target audiens Anda. Lakukanlah dengan cara menganalisis konten yang sering mereka unggah dan pastikan sejalan dengan bisnis Anda. Contohnya, Anda bisa memilih sport influencer jika ingin mempromosikan produk olahraga atau tempat kebugaran.

3. Pilih Niche atau Jangkauan Spesifik yang Diinginkan

Niche adalah area spesifik dari target pasar Anda. Dari daftar influencer yang sudah dibuat, carilah influencer yang benar-benar cocok dengan niche sehingga Anda bisa mencapai target audiens. Jika ingin mencapai lebih banyak audiens dalam niche, cobalah bekerja dengan micro influencer atau macro influencer.

4. Periksa Jumlah Pengikut dan Tingkat Keterlibatan

Tingkat keterlibatan adalah metrik yang mengukur intensitas pengikut dari seorang influencer terlibat dengan konten mereka, seperti memberikan suka, komentar, dan membagikan kontennya. Tingkat keterlibatan influencer tidak selalu meningkat secara signifikan jika memiliki lebih banyak pengikut. Influencer yang lebih kecil seringkali memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi karena lebih dekat dengan pengikutnya.

5. Pastikan Konten Mereka Sejalan dengan Merek Anda

Saat memilih influencer, pertimbangkan juga elemen dari merek Anda sendiri. Anda harus memahami bahwa influencer yang dipilih untuk mempromosikan produk akan bekerja untuk mewakili merek. Pilihlah influencer yang sering mengunggah konten yang sejalan dengan merek Anda.

6. Ketahui Rate Card Influencer

Setiap influencer pasti menetapkan tarif yang berbeda. Pastikan Anda memiliki beberapa rate card dari influencer yang berbeda untuk membuat keputusan terbaik. Ingatlah bahwa rate card bisa bervariasi tergantung pada strategi iklan dan konten yang diperlukan. Contohnya, satu unggahan format gambar akan lebih terjangkau daripada video atau unggahan berformat carousel.

7. Pilih Platform yang Digunakan

Setiap platform atau media sosial menawarkan manfaat yang berbeda dan format konten yang bervariasi. Pilihlah platform yang sesuai dengan target audiens dan jangkauan yang diinginkan. Anda bisa mengombinasikan beberapa platform untuk memaksimalkan visibilitas merek. Setiap platform berguna untuk mengetahui jenis konten yang diunggah oleh influencer dan tingkat keberhasilannya.

8. Buat Pesan Menarik Minat Influencer

Anda harus menghubungi beberapa influencer yang berbeda sebelum membuat kesepakatan dengan salah satu dari influencer tersebut. Buatlah pesan yang menarik perhatian influencer dan membuat mereka tertarik untuk menjalin kemitraan dengan Anda. Pastikan pesan tersebut berisi keuntungan yang diperoleh influencer dan bisnis Anda sendiri. Sebagai bagian dari langkah ini, cobalah berinteraksi dengan unggahan mereka melalui akun media sosial bisnis Anda.

Baca Juga : Apa Fokus Utama dari Content Marketing? Bagaimana Cara Menentukannya?

Contoh Sukses Influencer Marketing

Sudah banyak merek ternama di Indonesia yang berhasil menerapkan influencer marketing melalui iklannya. Salah satunya Pepsodent Indonesia yang mengajak Audy, Tasya Kamila, dan Nyctagina untuk menggunakan hashtag #SenyumSatuIndonesia di unggahan Instagram mereka. Melalui kampanye ini, Pepsodent ingin mendorong pengguna Instagram untuk mengunggah foto senyum mereka dengan menggunakan tagar yang sama.

Salah satu unggahan yang menarik perhatian adalah unggahan Audy, seorang penyanyi dan content creator yang juga seorang ibu. Dalam postingannya, Audy membagikan pengalamannya menyikat gigi bersama putrinya dan menjelaskan manfaat bahan aktif Pepsodent dalam mencegah gigi berlubang. Postingan tersebut telah mendapatkan lebih dari 11,6 ribu keterlibatan dari pengguna Instagram.
Perlu diketahui bahwa influencer marketing bukanlah satu-satunya strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda. Masih ada strategi pemasaran yang tidak kalah menarik untuk memperlengkapi strategi influencer marketing, seperti SEO dan digital ads. Untuk menerapkan strategi pemasaran tersebut dengan efektif, Anda bisa bekerja sama dengan ToffeeDev, digital marketing agency Indonesia. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan digital marketing kami!

Share this post :

Toffeedev’s Pick