3 Perbedaan Internet & Digital Marketing

Perbedaan Internet & Digital Marketing

Apakah Anda mengira bahwa internet & digital marketing merupakan dua hal yang sama? Faktanya, internet marketing dan digital marketing adalah dua hal yang berbeda. Anda mungkin melihat bahwa keduanya sama-sama ditujukan untuk memasarkan produk secara online, akan tetapi ada perbedaan signifikan yang harus dipahami.

Anda ingin memahami secara lebih mendalam mengenai internet marketing dan digital marketing? Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap yang dibutuhkan. Pahami informasinya dan praktekkan langsung agar bisnis Anda dapat terus berkembang.

Apa Itu Internet Marketing?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai perbedaannya, Anda perlu memahami pengertiannya masing-masing terlebih dahulu. Pertama-tama, kami akan membahas mengenai internet marketing. Apa itu internet marketing?

Singkatnya, seluruh kegiatan pemasaran yang dilakukan di dalam internet disebut dengan internet marketing. Unsur terpenting yang harus ada di dalam kegiatan pemasaran ini adalah internet. Jika tidak terhubung ke dalam internet, maka kegiatan pemasaran tersebut tidak termasuk ke dalam internet marketing.

Contoh dari penerapan kegiatan pemasaran di dalam internet seperti pembuatan konten di media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, hingga LinkedIn, kemudian penulisan artikel di website, dan segala jenis platform  yang terhubung dengan internet. E-commerce dan marketplace juga termasuk ke dalam internet marketing.

Baca juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

Apa Itu Digital Marketing?

Anda sudah memahami apa itu internet marketing? Lalu, apakah Anda sudah mendapatkan sekilas pemahaman mengenai hal apa yang membedakan antara internet & digital marketing?

Digital marketing sendiri memiliki pengertian sebagai kegiatan pemasaran yang dilakukan ke dalam bentuk digital. Apabila pengertian tersebut diperjelas kembali, berarti digital marketing tidak harus dilakukan secara online melainkan hanya perlu diterapkan ke dalam bentuk digital saja.

Melalui kedua pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa internet marketing termasuk ke dalam bagian dari digital marketing. Seluruh kegiatan pemasaran yang dijalankan di dalam internet marketing dapat dikategorikan sebagai digital marketing juga, namun tidak dengan sebaliknya.

Contoh untuk penerapan digital marketing seperti pemasangan iklan pada billboard elektronik, ebook, e-pamflet, broadcast message, hingga iklan di media televisi. Tentu saja, pemasaran di media sosial maupun website juga termasuk ke dalam digital marketing.

3 Perbedaan Internet & Digital Marketing

Berikut ini, ada beberapa poin-poin yang perlu Anda ketahui untuk dapat memahami apa perbedaan antara internet marketing dan digital marketing.

1. Konektivitas

Perbedaan pertama dapat dilihat dari segi konektivitasnya. Internet marketing membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan kegiatan pemasarannya. Sebaliknya, digital marketing tidak harus menggunakan koneksi internet.

2. Target Market

Target market yang dituju dalam kegiatan pemasaran internet marketing memiliki jangkauan yang lebih sempit dibandingkan digital marketing. Hal ini dikarenakan internet marketing hanya tertuju pada mereka yang terhubung secara online. Sebaliknya, digital marketing dapat menjangkau target market secara online maupun offline

3. Media Pemasaran

Internet marketing memiliki variasi media pemasaran yang lebih terbatas dibandingkan dengan digital marketing. Kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital dapat memanfaatkan segala jenis platform yang tersedia secara online dan juga media yang tersedia secara offline, namun masih dalam bentuk digital.

Baca juga: Mengenal Affiliate Marketing Dalam Dunia Internet Marketing

Apakah Keduanya Diperlukan untuk Bisnis Anda?

Baik internet marketing dan digital marketing, keduanya sangatlah diperlukan untuk perkembangan bisnis. Anda tidak dapat hanya mengandalkan metode pemasaran dengan pembagian flyer atau pemasangan poster saja, namun dibutuhkan kegiatan pemasaran ke dalam bentuk digital.

Lalu, apa saja manfaat penggunaan internet marketing dan digital marketing di dalam bisnis Anda?

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat pertama yang akan sangat jelas terasa ketika Anda menerapkan internet marketing ataupun digital marketing adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Anda dapat menjangkau pasar yang tinggal lebih dari 100 km dari posisi usaha yang dijalankan saat ini. Hebat, bukan? Bahkan, Anda dapat menjangkau target market dari negara lain sekalipun.

Untuk dapat memperluas jangkauan pasar, Anda dapat menggunakan berbagai strategi internet & digital marketing. Apa saja strateginya? Anda bisa mencoba social media marketing, SEO, Ads, dan masih banyak lagi.

Sebuah tips penting untuk Anda jika ingin menjalankan internet & digital marketing: berpikirlah sekreatif mungkin. Anda harus mampu berpikir out of the box di mana kegiatan pemasaran perlu dikemas menjadi suatu hal yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat luas.

2. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Jika jangkauan pasar sudah makin luas, makan penjualan bisnis Anda juga diharapkan akan terjadi peningkatan dengan menggunakan internet & digital marketing. Perlu diingat, kegiatan pemasaran yang sudah sukses dijalankan secara digital harus dibarengi dengan pelayanan offline yang memuaskan. 

Pelayanan di tempat yang kurang baik akan membuat customer merasa kecewa dengan bisnis Anda. Bukan tidak mungkin jika mereka akan berpikir bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan hanya berupa gimmick.

Baca juga: Raih Kesuksesan Bisnis Dengan 5 Cara Internet Marketing Ini

Jasa SEO

3. Menghemat Biaya Operasional

Manfaat terakhir yang akan Anda rasakan dengan menggunakan internet & digital marketing adalah penghematan biaya operasional yang signifikan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menjalankan kedua kegiatan pemasaran ini.

Jadi, apakah Anda sudah memahami secara lebih baik mengenai perbedaan internet & digital marketing. Sebagai penutup, kami ingin mengingatkan kembali bahwa internet marketing masih termasuk ke dalam bagian dari digital marketing, namun tidak dengan sebaliknya. 
Setelah memahami informasi di atas, Anda tentu sudah mulai mengerti betapa pentingnya untuk menggunakan internet marketing ataupun digital marketing. Namun, Anda pasti bingung ingin memulai dari mana, bukan? Oleh karena itu, hubungi ToffeeDev sekarang juga yang merupakan digital marketing agency terpercaya di Indonesia. Silakan buat jadwal konsultasi Anda dengan tim profesional kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat