7 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Digital marketing sangat penting bagi sebuah bisnis yang ingin berkembang. Dari membantu Anda menarik pelanggan baru hingga meningkatkan penjualan, strategi digital marketing yang tepat akan benar-benar dapat membawa pertumbuhan bisnis ke tingkat selanjutnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 jenis digital marketing yang sangat efektif yang dapat digunakan untuk bisnis Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Berbagai Jenis Digital Marketing

Di bawah ini adalah 7 jenis strategi digital marketing yang bisa membantu bisnis Anda untuk bisa lebih maju ke level selanjutnya.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses mengoptimasi website Anda sehingga mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian menggunakan search engine seperti Google menggunakan kata kunci dan frasa yang terkait dengan bisnis Anda. Semakin banyak kata kunci yang mendapatkan ranking, maka akan semakin tinggi peringkat yang bisa didapatkan. Tentu saja semakin banyak orang yang akan melihat dan menjadi mengenal website dan bisnis Anda. 

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website Anda diharapkan orang-orang ini akan bisa menjadi konsumen yang secara aktif menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan, serta menelusuri konten-konten lainnya.

2. PPC/SEM

Pay-per-click (PPC) adalah bentuk periklanan berbayar yang mengandalkan sistem berbasis lelang. Dengan PPC, Anda menawar pada kata kunci yang diinginkan untuk menampilkan iklan Anda. Iklan ini akan dipicu saat penelusuran ketika pengguna menyertakan kata kunci yang sebelumnya sudah Anda inginkan. Iklan ini kemudian muncul di bagian atas hasil pencarian, di atas dari hasil pencarian organik. Jika pengguna memutuskan untuk mengklik iklan tersebut, Anda kemudian membayar untuk klik itu. Dengan kata lain, Anda tidak perlu membayar ad space.

Baca Juga : Beriklan Dengan Pay-Per-Click. Apa Maksudnya?

3. Influencer Marketing

Influencer di media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar kepada para fans dan pengikutnya. Seringkali, barang apapun yang dipakai oleh seorang influencer juga akan laku dibeli oleh para fans-nya. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan loyalitas fans terhadap influencer untuk mempromosikan produk atau brand Anda. Dengan influencer marketing Anda bisa menjangkau target demografis yang lebih besar dan luas. Adanya review atau testimoni dari influencer juga dapat membuat orang lebih percaya dan penasaran akan produk Anda. Tidak hanya itu, popularitas influencer yang mempromosikan brand Anda juga dapat meningkatkan popularitas brand Anda sendiri.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi digital marketing di mana Anda bekerja sama dengan orang lain untuk mempromosikan produk Anda untuk komisi. Dengan teknik pemasaran digital ini, orang tersebut (sang affiliate) akan mempromosikan produk Anda pada akun sosial media atau website mereka, lalu apabila pengikut mereka membeli produk Anda dari affiliate link yang disediakan, maka mereka berhak mendapatkan komisi dari Anda. Sebaliknya, jika tidak ada yang membeli produk dari affiliate link mereka, maka Anda tidak perlu membayarkan komisi. Dengan strategi digital marketing ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar di depan muka tanpa ada jaminan kesuksesan promosi tersebut, cocok digunakan untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas.

Jasa SEO

5. Email Marketing

Email marketing akan berfokus dalam usaha untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan yang baru. Ini adalah teknik yang sangat baik untuk membangun brand awareness, membuat perusahaan Anda selalu diingat, dan mendorong pembelian yang berulang. Bagian inti dari jenis digital marketing adalah mengembangkan dan menyempurnakan kampanye Anda, serta menumbuhkan audiens. Email marketing ini juga berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pengguna.

Baca Juga: 10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

6. Social Media Marketing

Jenis digital marketing ini akan berfokus pada membangun brand awareness dan meningkatkan konversi. Kampanye social media marketing dapat menampilkan satu atau beberapa platform media sosial, tergantung pada audiens target Anda dan preferensi platform mereka.

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Indonesia
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

7. Content Marketing

Dalam content marketing, bisnis akan berfokus untuk bisa menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui konten yang sudah disiapkan. Konten ini, dapat mencakup video, blog, infografis, podcast dan lain-lain. Serta berusaha untuk bisa memberikan nilai kepada pengguna berupa informasi, bukan sesuatu yang bersifat penjualan. Apa pun format yang dipilih untuk konten Anda, sangat penting bahwa itu relevan dan bermanfaat bagi audiens. Buatlah konten original dan berkualitas tinggi yang membuat pengguna ingin membagikannya dengan teman-teman mereka.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Itulah dia informasi mengenai jenis digital marketing yang bisa digunakan untuk bisnis Anda, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Gabungkan strategi ini dengan berbagai macam bentuk digital marketing lainnya. Manfaatkan jasa kami sebagai Digital Marketing Agency Jakarta untuk membantu bisnis Anda ke tingkat selanjutnya. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat