Kenali Kelebihan dan Kekurangan WordPress Sebagai CMS

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Sebelum memutuskan untuk membuat website menggunakan WordPress, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan WordPress terlebih dahulu. Sebagai sebuah platform yang digunakan untuk membuat website, WordPress memang sangat mudah digunakan oleh pemula dan terbukti sudah digunakan oleh lebih dari 455 juta website.

Melalui artikel ini, Anda akan dibawa menjelajahi lebih dalam mengenai apa itu WordPress, serta apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress yang wajib diketahui. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal WordPress Sebagai CMS Paling Populer

Pada intinya, WordPress adalah platform yang paling sederhana dan paling populer untuk membuat sebuah website atau blog, baik untuk kepentingan bisnis maupun pribadi. Faktanya, WordPress telah menjadi platform website lebih dari 43,3% total website yang ada di internet. Artinya, lebih dari satu dari empat website yang Anda kunjungi di internet kemungkinan besar didukung oleh WordPress sebagai platformnya.

WordPress sendiri merupakan open source content management system (CMS) atau sistem manajemen konten sumber terbuka. Artinya, siapa pun dapat mengakses, menggunakan, dan memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis untuk berbagai keperluan. CMS sendiri memang didesain agar orang yang tidak mengetahui tentang pemrograman dapat tetap mengelola website, terutama bagian kontennya.

Pada awalnya, WordPress biasanya hanya digunakan untuk membuat sebuah blog. Namun seiring berkembangnya teknologi, WordPress telah mengalami banyak sekali peningkatkan. Sekarang, Anda dapat membuat semua jenis website yang diinginkan menggunakan WordPress. Anda dapat membuat blog hobi atau gaya hidup, portofolio profesional, website bisnis, toko online, dan masih banyak lagi.

5 Kelebihan Menggunakan WordPress

Kekurangan WordPress

WordPress telah menjadi platform CMS yang paling populer digunakan untuk membuat website. Hal ini terjadi tentu saja karena berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh WordPress, seperti kemudahan penggunaannya hingga kelengkapan fiturnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari WordPress yang wajib diketahui.

1. Mudah Digunakan

WordPress sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula, dan memiliki antarmuka yang intuitif. Anda dapat menambahkan halaman baru, mengunggah artikel, memasukkan gambar, dan lain sebagainya secara teratur dengan sangat mudah, serta dapat dilakukan dengan cepat. Teknologinya dari WordPress yang sangat sederhana dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk proses pengembangan website secara signifikan.

2. Fleksibel

Meskipun WordPress pada awalnya dirancang untuk membuat sebuah blog, tetapi WordPress sekarang sudah dapat digunakan untuk membuat jenis website lain. Sekarang, WordPress sudah dapat digunakan untuk menjalankan website yang kompleks untuk perusahaan multinasional besar, mengelola bisnis kecil, dan bahkan membuat toko online.

WordPress memiliki fitur yang sangat lengkap, membuatnya fleksibel digunakan untuk berbagai kepentingan. Anda dapat dengan mudah mengatur apa pun yang ada di dalam website, baik dari segi desain maupun konten yang ada di dalamnya. Selain itu, WordPress juga sangat mudah diakses dan memiliki banyak sekali tema yang dapat digunakan, membuatnya sangat mudah beradaptasi terhadap berbagai kepentingan bisnis.

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

3. Plugin

Plugin adalah sebuah alat bantu perangkat lunak yang dapat membantu penggunaan WordPress. Plugin dapat menambahkan fungsionalitas baru atau memperluas fungsionalitas yang ada di website, memungkinkan Anda untuk membuat hampir semua jenis website, mulai dari profil perusahaan, toko online hingga portofolio.

Ada banyak sekali plugin yang dapat digunakan, seperti Yoast SEO untuk meningkatkan fungsionalitas SEO di dalam website atau Wordfence Security untuk meningkatkan keamanan dari website Anda. Setiap plugin memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing, jadi Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan kebutuhan website.

4. SEO-Friendly

SEO dapat membantu sebuah website memiliki peringkat atas di hasil pencarian secara organik. Nah, WordPress ini sangat ramah terhadap penerapan SEO. Anda dapat menambahkan deskripsi dan juga meta tag pada website dengan lebih mudah. Hal ini jelas dapat meningkatkan kualitas SEO yang ada di dalam website Anda.

5. Responsif

WordPress memiliki berbagai macam tema dan desain yang responsif, membuatnya sangat mudah diakses oleh pengguna mobile. Mayoritas pengguna internet memang sering sekali melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile mereka. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membuat website terpisah yang dikhususkan untuk pengguna mobile.

Jasa SEO

3 Kekurangan Menggunakan WordPress?

Kekurangan WordPress

Tidak ada CMS yang sempurna dan cocok untuk semua orang. Terlepas dari berbagai macam kelebihannya, WordPress juga memiliki kekurangannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa kekurangan WordPress yang paling berpengaruh pada proses pengembangan website.

1. Kustomisasi

Terlepas dari fleksibilitasnya yang sangat tinggi, WordPress mengharuskan Anda melakukan pemasangan dan kustomisasi secara manual jika ingin membuat website yang lebih kompleks. Selain itu, meskipun memang lebih mudah digunakan oleh pemula, tetapi WordPress juga membutuhkan Anda untuk memiliki kemampuan tertentu agar bisa mengelolanya dengan baik.

Baca juga: 7 Cara Memperindah Tampilan WordPress

2. Keamanan Data

WordPress adalah perangkat lunak CMS dengan sumber terbuka. Artinya, WordPress ini akan sangat rentan terhadap serangan siber. Pemilik website yang menggunakan WordPress harus memilih tema dan plugin yang digunakan secara lebih hati-hati, dan pastikan untuk mengecek berbagai elemen yang dipasangkan di dalam website. Jangan sampai ada celah yang dapat dieksploitasi oleh pelaku kejahatan siber.

3. Pembaruan yang Sering

Website yang menggunakan WordPress harus memperbarui tema dan plugin yang mereka gunakan secara teratur. Makin banyak plugin yang digunakan, maka akan makin banyak pula pembaruan yang harus dilakukan. Selain itu, ketika sedang memperbarui, biasanya plugin yang terpasang tidak akan dapat digunakan untuk sementara. Oleh karena itu, Anda harus melakukan backup terlebih dahulu setiap kali melakukan pembaruan.

Demikian kelebihan dan kekurangan WordPress yang perlu Anda ketahui. Apabila tertarik untuk membuat website menggunakan WordPress, coba gunakan jasa Custom Web Development dari ToffeeDev. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi ToffeeDev sekarang juga.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat