Kenapa Iklan Google AdWords Tidak Muncul?

Pertanyaan yang paling sering di terima oleh saya dari mereka yang menggunakan Jasa Google AdWords adalah: “Dimana saya dapat melihat iklan saya?”

Walaupun merupakan ide yang baik untuk melihat iklan anda dengan mencarinya di Google Search, hal ini bisa menjadi masalah karena anda tidak dapat menemukan dimana iklan anda berada.

 

Penyebab Iklan Google AdWords Tidak Muncul

Beberapa alasan yang menyebabkan iklan anda tidak muncul:

  1. Limited Budget. Biaya iklan anda sudah melebihi budget harian anda.
  2. Quality Score rendah. Ini membuat iklan anda tidak muncul karena di anggap tidak relevan.
  3. Location Targeting. Anda menargetkan ke lokasi tertentu dan anda mencarinya di lokasi yang tidak termasuk di dalamnya.
  4. Bid dibawah Minimum Bid. Untuk beberapa keyword, Google akan memberikan nilai minimum Bid. Max CPC anda harus di atasnya agar iklan dapat di tayangkan
  5. Ad Position Tinggi. Dalam hal ini, mendapatkan 1 adalah nilai terbaik karena berarti iklan anda berada di posisi tertinggi. Apabila anda mendapatkan angka di atas 8, maka iklan anda tidak terlalu sering muncul di halaman 1.
  6. Iklan anda di tolak. Anda akan mendapatkan email yang menjelaskan mengapa iklan anda tidak dapat di tampilkan
  7. Terlalu sering mencari di komputer sendiri. Anda mungkin ingin melihat iklan langsung di browser anda dan memutuskan untuk melakukannya setiap hari. Hal ini bisa membuat anda tidak dapat melihat iklan anda karena algoritma dari Google AdWords yang membatasinya

 

Cara Memeriksa Iklan Google AdWords Anda

Lalu, bagaimana anda bisa memeriksa iklan anda? Ada beberapa alat yang bisa anda gunakan dan beberapa cara yang bisa di lakukan.

 

1. Menggunakan Google AdPreview

Google menyarankan setiap pemasang iklan untuk menggunakan alat ini apabila ingin melihat tampilan iklan di hasil pencarian.

Google AdPreview

Anda bisa menggunakan alat ini melalui Google AdPreview Tool: http://google.com/adpreview

Alasan lain untuk menggunakan alat ini adalah untuk mempertahankan Quality Score dari keyword anda. Semakin tinggi CTR keyword anda, akan membuat Quality Score yang semakin tinggi juga. Namun apabila impresi iklan anda bertambah, namun jumlah klik tetap, maka CTR anda akan merendah di sertai dengan Quality Score yang semakin menurun.

 

2. Gunakan Ads Diagnostic Tool

Gunakan di platform AdWords anda. Arahkan ke bagian tab keywords dan kolom Status. Anda dapat melihat bubble dimana anda bisa hover kursor mause anda ke bubble tersebut

Ads Diagnostic Tools

Di bagian ‘Showing Ads right now?’, anda dapat menemukan jawaban ‘Yes’ & ‘No’ beserta alasannya.

 

3. Reporting & Statistic

Google AdWords memiliki data yang cukup cepat dan akurat. Anda bisa melihat kinerja iklan anda dalam 15 menit setelah anda melakukan perubahan di dalam akun.

Disini, anda juga bisa melihat statistik dari iklan anda. Berapa banyak yang melihat iklan anda, klik iklan, dsb. Apabila anda tidak melihat data ini berubah, maka anda dapat melihat kembali pengaturan iklan anda.


 

Perlu anda ingat bahwa Google AdWords adalah advertising platform nomor 1 di dunia saat ini. Banyak pemasang iklan dari seluruh dunia yang sudah mendapatkan manfaatnya.

Saat ini Google AdWords yang sama di gunakan oleh semua pemasang iklan. Hal ini membuat bagaimana anda mengatur dan menggunakan semua fitur akan memberikan hasil berbeda dari mereka yang tidak menggunakannya.

Dalam merencanakan penggunaan Google AdWords, ada strategi dan pengaturan yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Toffeedev sebagai Google Partner ada untuk memberikan hasil yang maksimal bagi setiap pengguna Google AdWords.

 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat