Mengenal Istilah Lead Generation dalam Digital Marketing

Lead generation adalah salah satu tujuan penting dari sebuah bisnis. Perusahaan mendedikasikan sebagian besar sumber daya mereka untuk bisa menghasilkan lead. Sebenarnya, jika lead Anda belum siap untuk membeli apa yang Anda jual, maka akan sangat sulit untuk melakukan penjualan. 

Lead yang baik adalah prospek yang memiliki minat pada produk atau layanan Anda dan siap untuk melakukan pembelian. Prospek berkualitas tinggi ini akan membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan ROI. Namun, banyak perusahaan yang masih memilih kuantitas daripada kualitas dalam hal ini. Oleh karena itu mari kita mengenal secara lebih jauh mengenai kegiatan yang satu ini.

Baca Juga : Seluk Beluk Leads Dalam Dunia Bisnis

Apa itu Lead Generation

Orang-orang yang memiliki minat pada produk atau layanan perusahaan akan dianggap sebagai lead. Tidak setiap orang bisa menjadi lead karena adanya faktor preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Banyak bisnis membuat kesalahan dengan memasarkan produk atau jasa mereka kepada semua orang. Padahal mereka harus fokus pada orang-orang yang tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Lead generation bisa diartikan sebagai proses untuk menarik prospek dan mengubah mereka menjadi seseorang yang memiliki minat pada produk dan layanan perusahaan Anda. Dalam zaman modern ini, berbagai strategi yang biasa dilakukan adalah:

  • Blogging
  • Email 
  • Media sosial
  • Networking
  • Kupon
  • Acara dan seminar
  • Landing page

Strategi lead generation akan bisa berbeda tergantung dari industri Anda. Dengan strategi yang tepat, maka Anda akan bisa mendatangkan lead berkualitas yang bisa menguntungkan.

Mengapa Lead Generation Penting?

Bila ada seseorang yang menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda, langkah yang diambil orang itu untuk melakukan pembelian pertama bukan hal yang aneh. Anda baru saja membantu mereka memenuhi kebutuhan atau memecahkan masalah mereka. Namun jika seseorang tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, tetapi Anda masih mencoba meyakinkan mereka membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda, maka mereka akan merasa didorong dipaksa untuk membeli. Ini akan dapat merusak reputasi Anda.

Mendatangkan pelanggan yang tepat dan sesuai target Anda melalui lead generation akan dapat memastikan bahwa brand Anda cocok dengan pelanggan tersebut. Manfaat lain dari lead generation adalah:

1. Mendapat pelanggan yang tepat 

Perusahaan dapat memfokuskan sumber dayanya untuk menargetkan pasar atau niche tertentu yang akan menghemat uang dan meningkatkan penjualan atau ROI lebih baik.

2. Peningkatan awareness

Lead generation juga akan membantu membangun awareness dan reputasi. Ketika orang menemukan brand Anda, maka mereka akan lebih banyak mendapatkan informasi mengenai fitur dan manfaat produk.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk Anda

3. Peluang untuk mengumpulkan informasi yang berharga 

Kegiatan ini akan berpotensi untuk mengumpulkan informasi mengenai pemasaran dari para prospek. Informasi pelanggan seperti kebutuhan yang diinginkan dan preferensi dapat membantu Anda dalam menyesuaikan produk atau layanan dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh target audiens Anda. 

4. Brand loyalty

Perusahaan dapat membangun komunitas yang lebih besar dengan pelanggan yang memiliki cara pandang yang sama. Hal ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan lead yang berkualitas secara organik adalah melalui blog yang diarahkan dengan tepat sesuai minat target audiens Anda. Konten yang menarik tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan lead berkualitas. Manfaatkan SEO yang bisa membantu bisnis Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian sesuai dengan kata kunci bisnis Anda, sehingga akan banyak lead berkualitas yang akan mengunjungi website.Manfaatkan jasa konsultan SEO ToffeeDev yang bisa membantu bisnis Anda berkembang ke tingkat selanjutnya. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi selanjutnya!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat