Mengenal Link Building Secara Lengkap

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Link building adalah aspek penting dalam teknik SEO off page untuk membantu website Anda berada di puncak hasil pencarian Google. Ini akan membantu website mudah terdeteksi oleh Google sehingga ditampilkan di peringkat satu laman utama hasil pencarian Google. Karenanya, pemilik website perlu mempertimbangkan penerapan cara ini agar situs bisa berdiri kokoh di ranking atas Google. Lalu, seperti apa cara membuat link building untuk website?

Mengenal link building

Link building adalah kegiatan untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Contohnya adalah website A yang memasukkan link website Anda pada salah satu artikelnya. Membangun link seperti ini akan membantu situs Anda berada di puncak teratas hasil pencarian Google karena link-nya banyak tercantum di website lain. 

Link situs Anda yang disematkan di website lain ini disebut juga dengan sebutan backlink. Backlink adalah salah satu faktor utama penilaian SEO oleh Google. Kalau website Anda punya backlink di situs lain, maka SEO-nya makin bagus. Namun, ingat, Google melihat kualitas alih-alih kuantitas backlink. Oleh karena itu, pastikan Anda membangun backlink dari website yang kredibel, relevan, dan trafiknya stabil. Sebab, satu backlink berkualitas akan mengalahkan seratus backlink biasa yang berasal dari situs mencurigakan.

Baca Juga : Kenali Link Building dalam SEO Dan Manfaatnya Untuk Anda

Pentingnya link building untuk SEO

Link building adalah salah satu parameter SEO yang tak pernah berubah meski algoritma SEO Google selalu berganti. Backlink yang berkualitas sampai kapan pun akan menjadi faktor utama penilaian Google di hasil pencarian. Backlink akan meningkatkan kredibilitas website Anda sebab banyak situs lain yang mencantumkan atau menjadikannya sumber referensi.

Oleh karena itu, semakin banyak backlink, berarti situs Anda semakin berkualitas dan menjadi panutan website lainnya. Alhasil, Google pun memprioritaskan website Anda di hasil pencarian teratas karena menganggap kontennya berkualitas. 

Jenis-jenis link building

Mengingat bahwa hal ini adalah parameter penting yang dilihat Google berdasarkan kualitasnya, maka berikut ini adalah jenis-jenisnya yang bisa Anda terapkan di website: 

1. Link building Natural

Link building natural adalah jenis yang terbaik karena Anda mendapatkannya atas dasar sukarela dari website lain. Namun, untuk mendapatkan backlink dari website lain secara sukarela, maka Anda harus membuat konten kredibel, berkualitas, update, menarik, dan lengkap. Pembangunan Link ini bisa didapat ketika:

  • Link Anda dimasukkan sebagai sumber informasi tepercaya.
  • Situs Anda dijadikan sumber tambahan bagi konten di website lain.
  • Website Anda dimasukkan sebagai pembuat statistik atau infografis.
  • Ada interview dengan orang yang berkaitan dengan website Anda. 

2. Link building outreach

Sedikit berbeda dari jenis pertama yang didapat dengan sukarela, jenis outreach mengharuskan Anda menghubungi pemilik website untuk meminta mereka memasang link. Cara ini biasa diterapkan untuk website yang masih baru dan belum terkenal. Namun, dalam memilih mitra untuk membangun link, Anda harus mencari website yang relevan dengan situs Anda. Pembangunan link outreach ini bisa didapat dengan:

  • Guest blogging, di mana Anda menulis artikel untuk diterbitkan di website orang lain kemudian memasukkan link menuju website Anda sendiri. 
  • Press release mengenai berita terbaru terkait brand atau website. 
  • Menjadi sponsor bagi suatu website sehingga situs Anda disinggung dalam kontennya sebagai salah satu sponsor atau donatur. 

Link building adalah trik SEO jangka panjang yang harus dilakukan secara terus menerus dan berkala. Di samping itu, Anda pun harus mengukur seberapa jauh keberhasilannya untuk mengangkat situs Anda di laman utama Google. Oleh karena itu, agar praktis dan strateginya terbukti bekerja, Anda bisa menyerahkan urusan ini pada pakar SEO maupun master SEO seperti Toffeedev!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post