leads adalah
Seluk Beluk Leads Dalam Dunia Bisnis
Maret 23, 2021
google pagespeed insight
Cara Menggunakan Google PageSpeed Insight
Maret 24, 2021

Apa Itu Link Building? Bagaimana Caranya?

link building

Link building secara harfiah berarti membangun tautan. Sebuah tautan ditanamkan di laman web, dan tautan tersebut mengarah atau merujuk ke website lain. Aktivitas ini dilakukan untuk meningkatkan reputasi website yang dinilai oleh mesin pencari Google. 

Reputasi website salah satunya dinilai dari jumlah rujukannya. Jika semakin banyak website yang merujuk pada website Anda, Google akan menganggapnya tepercaya. Website tepercaya ini biasanya akan menduduki peringkat atas pada hasil pencarian. 

Namun, Google tidak hanya menilai kuantitas, tetapi juga kualitas link yang ditanamkan. Satu link berkualitas bisa berdampak lebih besar daripada puluhan atau ratusan yang asal-asalan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara menerapkan link building berkualitas berikut. 

Pahami Jenis Link Building Berkualitas

Ada tiga jenis link yang dianggap berkualitas. Pertama, tautan yang ditanamkan secara natural, misalnya ketika ada website lain yang mengutip informasi dari website Anda. Kedua, tautan berasal dari situs web yang memiliki trafik tinggi. Ketiga, link berasal dari website yang membahas topik serupa.  

Dalam praktiknya, masih banyak pengelola situs web yang menggunakan cara-cara manipulatif untuk memperoleh link. Di antaranya memakai backlink berbayar, spam komentar yang tidak relevan, atau membuat thread berisi link di forum-forum. Jika Google mendapati website melakukan praktik semacam ini, mereka tidak segan memberikan sanksi.

Strategi Link Building

Strategi mendapatkan link berkualitas, pertama-tama Anda perlu memastikan konten website-nya juga berkualitas. Konten berkualitas memiliki beberapa ciri khas, yaitu berisi informasi yang valid dan relevan, bermanfaat, menarik, serta dibuat dengan kaidah-kaidah yang baik.

Selanjutnya, Anda juga harus membuat situs web lebih dikenal luas. Ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti forum dan rajin berkontribusi, promosi lewat media sosial,  bekerjasama dengan website lain, memanfaatkan influencer,  dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk membangun link building internal untuk saling menautkan laman website Anda.  

Memanfaatkan Guest Blogging

Ini merupakan cara klasik untuk mendapatkan link building. Prinsipnya kurang lebih seperti saat seseorang mengundang Anda sebagai tamu di rumahnya. Nah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan usaha, dalam hal ini adalah link website

Guest blogging berarti konten dari seorang tamu, di mana Anda bisa menanamkan link di dalam pos tersebut. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa konten dari tamu ini juga harus berkualitas. Bukan sekadar pos, atau bahkan spam yang Google bisa menilainya sebagai pelanggaran.  

Memancing Website Lain

Cara mencari link dengan memancing website lain sering disebut dengan istilah ego bait. Ego bait adalah memproduksi konten khusus yang menarik perhatian sejumlah individu secara positif, dengan maksud agar ego mereka terdongkrak, sehingga kemudian mau menanamkan link Anda di laman mereka. 

Pancingan itu bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari penyebutan brand atau tokoh tertentu pada konten Anda, tentunya sesuai relevansinya. Sampai melakukan wawancara khusus, baik tunggal maupun kelompok narasumber tepercaya. Sehingga nantinya mereka juga akan mencantumkan nama brand atau link website Anda kala mengunggah aktivitasnya. 

Broken Link dan Reclamation

Broken link adalah tautan rusak yang tidak bisa diakses lagi. Sesekali, lakukanlah penelusuran ke berbagai website yang membahas topik serupa dengan website Anda. Jika berhasil mendapati tautan rusak pada konten mereka, tawarkan link website Anda sebagai gantinya. Tentunya, sesuaikan dengan kata kunci dan topik yang relevan. 

Sedangkan Link Reclamation adalah mengklaim tautan milik Anda jika menemukan kondisi-kondisi tertentu. Pertama, jika website lain sudah menanamkan link situs Anda, tetapi tautan tersebut rusak, sehingga perlu diperbarui. Kedua, jika situs web lain menyebut nama website atau memakai gambar Anda tanpa disertai link. Keberhasilan membangun reputasi situs web akan tergantung dari ketekunan Anda menerapkan cara-cara di atas. Namun, link building bukanlah satu-satunya faktor yang bisa meningkatkan peringkat Google. Ada banyak hal lain yang cukup kompleks, tetapi akan lebih mudah diatasi jika Anda menggunakan jasa SEO tepercaya dari ToffeeDev.

Habiburachman
Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments