5 Manfaat WordPress Bagi Pemilik Bisnis Online

manfaat wordpress

Di Indonesia, membuat website bagi bisnis online belum terlalu familier untuk dilakukan. Bisa dibilang, hanya merek-merek besar saja yang sadar akan ini, sisanya lebih memilih untuk membuat halaman bisnis di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Banyak pemilik bisnis online yang menganggap kalau membuat website adalah hal yang rumit untuk dilakukan. Padahal, hal tersebut bisa dilakukan secara mudah dengan WordPress. Terlebih, ada segudang manfaat WordPress yang bisa didapatkan bagi pemilik bisnis online.

Membuat website berbasis WordPress adalah investasi bisnis yang akan sangat berguna untuk jangka panjang. Menangkap peluang penjualan dari semua channel, termasuk mesin pencari, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda bisa segera membuat website sendiri.

Apa Itu WordPress?

Ketika membahas pembuatan website atau blog, kita pasti akan sering mendengar istilah WordPress. Secara sederhana, WordPress adalah platform blogging yang bisa membantu Anda untuk membuat dan mengelola website tanpa coding. Anda bisa mengatur tampilan, menambahkan fitur, dan mengunggah konten di website dengan mudah.

Saat ini, WordPress merupakan platform blogging dengan pengguna terbanyak di dunia, dengan lebih dari 30% website yang ada saat ini dibuat menggunakan WordPress. Nah, bisnis online Anda jangan mau ketinggalan. Kalau tidak familier dengan pembuatan website, Anda juga bisa menggunakan jasa web developer profesional seperti ToffeeDev!

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

5 Manfaat WordPress Bagi Pemilik Bisnis Online

Seperti yang kita ketahui, di era digital saat ini calon pelanggan cenderung melakukan research terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang. Mereka biasanya akan mencari testimoni, ulasan, dan informasi lain terkait produk yang akan mereka beli.

Mesin pencari selalu menjadi gerbang utama bagi konsumen untuk mencari tahu mengenai produk yang akan mereka beli. Oleh karena itu, memiliki website bisnis online, termasuk yang berbasis WordPress, merupakan hal sangat penting. Untuk lebih mengerti, mari simak penjelasan mengenai manfaat WordPress berikut ini:

1. Menangkap Lebih Banyak Calon Pelanggan

Orang-orang bergantung pada internet untuk mencari informasi. Dalam perjalanannya berselancar di internet, pengguna bisa menjadi calon pelanggan yang potensial untuk bisnis Anda.

Dari situ, Anda bisa menangkap peluang dengan membuat konten website yang berisi informasi bermanfaat bagi calon pelanggan. Ketika produk Anda berhasil memberikan solusi yang dibutuhkan, maka calon pelanggan akan memiliki pandangan positif terhadap bisnis Anda.

Setelah mereka percaya dengan keahlian dan profesionalisme yang bisnis Anda tawarkan, barulah Anda bisa membuat konten yang sifatnya hard selling. Dengan begitu, pandangan positif yang dibangun di awal bisa berpotensi untuk menghasilkan penjualan.

Melalui WordPress, Anda bisa membuat website yang memfasilitasi soft sell dan hard sell dengan sangat efektif. Anda dapat meyakinkan calon konsumen potensial untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan WordPress untuk Toko Online?

2. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Melalui website bisnis, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen yang relevan dengan bidang bisnis yang Anda geluti. Jawaban ini akan sangat berarti karena memberikan solusi masalah bagi calon konsumen.

Dengan meletakkan konten berkualitas di halaman blog bisnis Anda, calon konsumen akan menilai bahwa Anda memang benar-benar ahli dalam bidang yang digeluti. Dari situ, mereka bisa menaruh kepercayaan dan tidak sungkan untuk membeli produk yang ditawarkan.

 3. Membangun Komunitas

Anda bisa membangun komunitas yang solid melalui website bisnis yang kredibel. Namun, hal ini hanya bisa didapat kalau Anda mengaktifkan kolom komentar dan turut aktif berdiskusi di sana. Melalui komentar dan diskusi yang terjadi, Anda juga bisa mengamati bagaimana cara pandang dan keinginan pasar terhadap produk yang Anda miliki.

Kalau Anda tidak punya banyak waktu untuk memantau kolom komentar satu per satu, Anda bisa minta jasa digital marketing untuk melakukannya. Dengan begitu, waktu Anda tidak akan terbuang dan tidak ada lagi peluang bisnis yang ketinggalan.

4. Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Manfaat WordPress lain yang bisa Anda dapatkan adalah menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Kalau Anda memiliki website bisnis yang dibangun menggunakan WordPress, Anda bisa menambahkan fitur live chat atau menu kontak yang bisa mempermudah pelanggan untuk terhubung dengan merek Anda.

Anda bisa mengarahkan dan menjawab berbagai pertanyaan pelanggan melalui live chat website dengan mudah. Di sisi lain, pelanggan merasa lebih aman karena mereka bisa bertanya atau mengeluhkan kendala dengan cepat kepada Anda.

5. Investasi Jangka Pendek

Manfaat WordPress tidak bisa Anda dapatkan dalam waktu singkat. Anda setidaknya harus menunggu hingga enam bulan setelah konten dirilis untuk bisa merasakan dampaknya. Waktu ini bisa jadi akan lebih lama kalau Anda menemui kesulitan dalam mengelola website bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu membuat tim ahli atau bekerja sama dengan jasa digital marketing seperti ToffeeDev agar konten yang diunggah bisa segera muncul di peringkat atas hasil pencarian online.

Baca juga: Panduan Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

3 Tips Membuat Website yang Baik dengan WordPress

Sebelum mulai membuat website berbasis WordPress untuk bisnis online, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar performa website menjadi lebih optimal:

1. Pilih Hosting dengan Cermat

Agar bisa membuat website dengan WordPress, Anda perlu menyewa hosting yang berguna untuk menyimpan data, gambar, hingga file yang ada pada website Anda nantinya. Hosting memiliki beragam jenis dan spesifikasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website Anda.

Kalau bingung, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih mengerti. Bisa juga bisa menyerahkan semua proses pembuatan website ke penyedia jasa web developer seperti ToffeeDev. Anda akan ditawarkan beberapa pilihan dalam mengatur website agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

2. Install Plugin Pendukung

Perlu diketahui juga kalau WordPress memiliki banyak plugin yang berguna untuk menambah fungsi khusus pada website. Ada banyak sekali pilihan dan spesifikasi plugin dengan fungsi yang spesifik. Ini akan membantu Anda untuk menambahkan fitur website tanpa perlu coding.

Baca juga: Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Jasa SEO

3. Setting Menu dengan Baik

Agar pengunjung website bisa mengakses semua halaman dengan mudah, Anda perlu melakukan setting menu dengan benar. Pastikan semua halaman penting seperti kontak, profil merek, dan kategori artikel bisa diakses dengan baik. Struktur menu yang baik juga bisa mendongkrak website Anda agar lebih mudah tampil di peringkat atas hasil pencarian online.
Mengingat manfaat WordPress yang sangat banyak untuk bisnis online dan cara pembuatannya yang memerlukan waktu panjang, Anda bisa menyewa jasa website developer seperti ToffeeDev jika tidak memiliki banyak waktu untuk membentuk tim khusus. ToffeeDev merupakan  digital marketing agency dengan pengalaman lebih dari satu dekade dalam membuat dan mempromosikan website bisnis Anda. Klik di sini untuk mengetahui layanan yang disediakan!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat