Pengertian Market Penetration dan Manfaatnya untuk Bisnis

Market penetration adalah suatu analisis pasar yang dibutuhkan bagi setiap pemilik bisnis agar dapat menyusun strategi marketing dengan tepat. Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis, maka penting sekali untuk mengenal apa itu market penetration atau penetrasi pasar.

Ketika Anda membangun sebuah usaha, ada berbagai hal yang perlu dicari tahu dan dianalisis terlebih dahulu mulai dari segmentasi target market, hingga hal-hal yang paling detail seperti penetrasi pasar. Anda tidak dapat langsung menjalankan usaha begitu saja tanpa persiapan yang matang.

Menjalankan usaha tanpa persiapan yang matang akan menghasilkan kegagalan dalam berbisnis dan tentu saja hal terburuk yang dapat terjadi adalah bisnis Anda harus tutup. Oleh karena itu, dalam menjalankan sebuah bisnis bagi Anda yang merupakan seorang pemula, penting untuk melakukan research dan analisis yang mendalam agar bisnis yang dijalankan dapat sukses dan kemungkinan bisnis tersebut dapat terus berkembang akan semakin besar pula.

Lalu, apa itu market penetration dan mengapa hal ini sangat penting untuk dilakukan ketika Anda ingin memulai bisnis? Dalam kesempatan kali ini, ToffeeDev akan memberikan informasi yang lengkap dan menarik khusus untuk Anda mulai dari pengertian penetrasi pasar, alasan mengapa market penetration sangat penting untuk dilakukan, hingga ada juga cara menyusun strategi penetrasi pasar yang dapat membantu perkembangan bisnis.

Pengertian Penetrasi Pasar (Market Penetration)

Dalam membahas pengertian penetrasi pasar, kami akan memberikan sebuah ilustrasi agar Anda dapat memahami dengan betul apa itu penetrasi pasar. Berikut ini ilustrasi ceritanya:

Anda ingin membuat sebuah bisnis online di bidang perhiasan yang memanfaatkan kulit kerang sebagai bahan utama. Setelah melakukan research dan analisis yang mendalam, diperkirakan ada sekitar 500 orang yang tertarik untuk membeli produk perhiasan tersebut namun Anda hanya mampu menjual 100 perhiasan setiap minggunya karena keterbatasan tenaga manusia.

Dari ilustrasi tersebut, Anda perlu mengukur seberapa besar perbandingan produk yang dihasilkan dan tingginya pangsa pasar terhadap produk tersebut. Nilai perbandingan tersebut yang dikatakan sebagai market penetration.

Jadi, singkatnya market penetration adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengukur seberapa besar perbandingan antara produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis dengan banyaknya konsumen yang tertarik untuk membeli produk atau jasa tersebut. Jika dilihat dari ilustrasi di atas, maka bisa dikatakan bahwa besar perbandingan antara produk aksesoris yang dihasilkan dengan tingginya minat pasar adalah 20%.

Mengapa Market Penetration Penting untuk Diketahui?

Anda tentu sudah mengerti mengenai apa itu market penetration, bukan? Namun, pasti ada beberapa dari Anda yang bertanya-tanya “seberapa penting sih market penetration tersebut bagi bisnis yang dijalankan saat ini?”

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda memiliki banyak pesaing yang memiliki bisnis di bidang yang sama atau bahkan memiliki produksi dan jasa yang serupa. Seperti misalnya, ToffeeDev merupakan salah satu dari sekian banyaknya Digital Marketing Agency yang ada di Jakarta.

Itu baru di Jakarta saja dan bukan se-Indonesia. Bayangkan jika Anda harus bersaing dengan banyaknya pengusaha yang menjalankan bisnis di bidang yang sama se-Indonesia, maka tentu saja tingkat persaingan akan semakin ketat.

Market penetration dapat membantu Anda agar bisa bersaing dengan para pemilik bisnis lainnya di bidang yang sama. Bagaimana cara kerja dari market penetration sehingga dapat membantu Anda untuk mampu bersaing dengan pemilik bisnis lainnya?

  1. Market penetration dapat membantu Anda untuk menetapkan harga. Salah satu cara agar Anda mampu bersaing di pasaran adalah dengan menetapkan harga yang sesuai dengan range pasaran saat ini.
  2. Market penetration juga tentunya dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan. Anda bahkan juga dapat mengambil market pesaing dengan menyediakan produk atau jasa yang mereka butuhkan sesegera mungkin. 
  3. Market penetration dapat membantu Anda untuk meningkatkan market development. Dengan demikian, Anda dapat menekan biaya pemasaran karena sudah ada citra yang terbentuk berkat produk atau jasa yang sama seperti yang ditawarkan oleh sebuah brand ternama.

Jasa SEO

Cara Menyusun Strategi Penetrasi Pasar

Hingga sejauh ini, Anda sudah mengetahui secara jelas apa itu market penetration dan mengapa hal tersebut penting untuk bisnis yang dijalankan. Selanjutnya, ToffeeDev akan memberikan 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyusun strategi penetrasi pasar dengan tepat dan efektif.

Informasi mengenai cara menyusun strategi penetrasi pasar ini kami berikan guna untuk membantu Anda dalam menjalankan strategi yang dapat mencapai visi dan misi dari bisnis yang sedang dibangun saat ini. Maka dari itu, silakan simak ke-7 cara dalam menyusun strategi market penetration berikut ini, yaitu:

1. Meningkatkan Promosi Penjualan

Cara pertama yang bisa dan perlu Anda lakukan untuk menyusun strategi penetrasi pasar adalah dengan meningkatkan promosi. Kegiatan promosi memang merupakan salah satu cara yang harus dilakukan oleh seluruh pemilik bisnis untuk menarik konsumen agar mereka mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, promosi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini berupaya untuk memberitahukan kepada konsumen bahwa Anda juga menyediakan penjualan produk atau jasa yang sama dengan perusahaan sebelah dan mereka tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk dapat membelinya. 

Baca Juga: 12 Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Sasaran

2. Menyesuaikan Harga Pasar

Harga merupakan salah satu ujung tanduk dari keberhasilan sebuah bisnis. Penyesuaian harga pasar tidak harus selalu turun, tapi bisa juga naik.

Ketika Anda menemukan angka market penetration yang besar, maka secara otomatis bisa dilihat bahwa konsumen rela untuk membayar biaya yang lebih demi mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Sebaliknya, jika angka market penetration cenderung kecil, maka Anda perlu menyesuaikan harga sesuai dengan standar pasar atau sedikit di bawah standar.

3. Memperbaiki Kualitas Produk atau Jasa

Kualitas produk merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik bisnis. Kualitas produk yang buruk tentu akan mempengaruhi market penetration dari bisnis yang dijalankan.

4. Menyusun Ide Kreatif

Dalam menyusun strategi market penetration, Anda harus berpikir kreatif atau out of the box. Hal ini dapat membantu Anda untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. 

Salah satu cara menyusun ide kreatif adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi konsumen dengan konten-konten yang dapat menarik pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan website yang dapat memudahkan konsumen dalam melihat katalog produk atau jasa apa yang ditawarkan.

5. Mengetahui Peta Distribusi Target Pasar

Anda juga perlu tahu siapa saja dan ke mana produk atau jasa tersebut akan dipromosikan. Dengan demikian, Anda dapat menyusun strategi market penetration secara efektif dan tepat sasaran.

Baca Juga: 5 Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Anda Ketahui

6. Melakukan Marketing Campaign

Marketing campaign juga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menyusun strategi penetrasi pasar dengan tepat. Dengan melakukan marketing campaign, Anda secara tidak langsung akan terus memberikan sugesti kepada konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dengan memperlihatkan suatu produk atau jasa secara terus menerus kepada mereka.

7. Melakukan Kerja Sama dengan Perusahaan Lain

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menyusun strategi market penetration adalah melakukan kerja sama dengan perusahaan lain. Dengan melakukan kerja sama, Anda dapat mencapai sebuah win-win solution yang dapat saling membantu untuk mempromosikan brand satu sama lain.

Jadi kesimpulannya, market penetration adalah sebuah metode yang dapat dilakukan untuk melihat perbandingan antara minat pasar dengan ketersediaan produk yang ada dan hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis secara efektif. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan penjualan bisnis, maka seperti yang telah disampaikan di atas, membuat website adalah salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menyusun strategi market penetration.

Oleh karena itu, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga yang merupakan Digital Marketing Agency terkemuka di Indonesia. Kami siap untuk membantu segala kebutuhan Anda dalam mempromosikan bisnis di dunia digital.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat