Bagaimana Cara Memanfaatkan Tags untuk SEO?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Setiap pemilik website tentu ingin mendapatkan traffic kunjungan yang tinggi. Salah satu taktik yang terbukti berhasil untuk meningkatkan traffic kunjungan website adalah teknik SEO. Nah, optimasi teknik SEO ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan tags. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lebih lanjut tentang cara memanfaatkan tags untuk SEO berikut ini.

Cara Memanfaatkan Tags untuk SEO

Ada beberapa cara memanfaatkan tags untuk SEO. Dengan memanfaatkan tags untuk SEO, maka ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.  

Awali dengan riset keyword 

Agar tags yang Anda gunakan pada setiap konten web bekerja dengan baik, sebelumnya lakukanlah riset keyword (kata kunci) terlebih dulu. Pemilihan keyword yang tepat akan membantu kinerja website Anda dalam mesin pencari. Semakin relevan keyword yang Anda pilih, maka semakin besar pula peluangnya untuk muncul pada halaman pertama pencarian.

Dengan begitu, tags tersebut bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk mengelompokkan konten dalam website, tapi juga memudahkan audiens dalam menemukan website Anda melalui mesin pencari.

Baca Juga: Mantapkan Proses Keyword Research dengan Tool dari Moz

Selalu sesuaikan dengan konten

Setelah melakukan riset keyword, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tags dengan konten. Meski terlihat sepele, sebenarnya cara memanfaatkan tags untuk SEO satu ini juga cukup tricky. Untuk menentukan tags sebuah konten, Anda bisa coba menghubungkan konten tersebut dengan konten lain yang serupa. Perhatikan baik-baik persamaan dari konten-konten tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat SEO Friendly Website Design untuk Bisnis

Pastikan tiap konten memiliki tags

Tiap konten yang ada pada sebuah website sebaiknya memiliki tags. Mengapa demikian? Tanpa adanya tags, audiens akan kesulitan untuk menemukan konten yang sesuai dengan keinginan mereka. Hasilnya, bisa jadi mereka akan beralih pada website lain yang lebih mudah ditelusuri.

Selain itu, jika konten-konten yang ada pada website Anda tidak memiliki tags, maka performanya dalam mesin pencari akan cenderung buruk. Sebab, mesin pencari akan kesulitan mengenali konten Anda tanpa adanya tags. Jadi, pastikan Anda selalu memanfaatkan tags pada artikel-artikel di website Anda.

Simpel tapi tetap jelas 

Agar tags yang Anda gunakan bisa mendukung performa web, pastikan tags tersebut simpel dan jelas. Tags yang simpel namun jelas akan memudahkan audiens dalam mendapatkan gambaran mengenai website Anda dan konten-konten di dalamnya. Selain itu, tags yang simpel juga lebih mudah ditemukan dan memudahkan audiens untuk menelusuri website Anda. Untuk itu, pastikan Anda tidak menggunakan tags yang rumit dan rancu.

Lebih sedikit lebih baik

Tips memanfaatkan tags untuk SEO yang terakhir berkaitan dengan kuantitas tags. Sebenarnya, tidak ada limit tertentu dalam memasang tags untuk sebuah konten. Namun, sebaiknya jumlah tags yang Anda gunakan tidak terlalu banyak. Mengapa begitu?

Jumlah tags yang berlebihan ternyata akan memengaruhi aksesibilitas website Anda. Satu tag akan menghasilkan satu halaman arsip pada website. Semakin banyak tags yang digunakan, maka akan semakin banyak pula halaman arsip yang dihasilkan. Terlalu banyak halaman arsip akan menyulitkan audiens dalam melakukan penelusuran. Dua atau tiga tags saja sudah cukup untuk sebuah konten.

Kunci dari memanfaatkan tags  untuk SEO adalah konsistensi. Jika konsisten menerapkan tags pada setiap konten, maka performa website Anda di mesin pencari pun akan baik. Sebab, konten yang memiliki tags akan lebih mudah ditemukan mesin pencari.Jika merasa kesulitan memanfaatkan tags untuk SEO website Anda, ToffeeDev melalui layanan master SEO siap membantu Anda. Bukan hanya itu, ToffeeDev juga siap menghubungkan Anda dengan pakar SEO berpengalaman untuk optimasi website dengan teknik SEO. Optimalkan website bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post