Mengenal Manfaat Google Search Console

Sebagai perusahaan teknologi terbesar saat ini, Google tidak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan berbagai macam produk yang berguna bagi masyarakat luas. Dari produk yang mendukung aktivitas sehari-hari, hingga kegiatan spesifik seperti pekerjaan.

Dari seluruh produk yang Google miliki, tidak bisa dipungkiri kalau Google atau mesin pencari Google adalah yang paling terkenal hingga detik ini. Setiap harinya, ratusan juta orang menggunakan Google untuk mencari berbagai macam hal. Dan rasanya sulit untuk melihat Google dikalahkan oleh perusahaan teknologi lainnya.

Di dalam mesin pencari Google, pastinya ada banyak website yang tersedia, tapi Google tidak hanya memikirkan pengguna internet secara kasual saja, tetapi juga pemilik website. Maka dari itu, mereka membuat Google Search Console.

Apa itu Google Search Console? Dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari sana untuk para pemilik website? Semuanya dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Google Search Console

Pada dasarnya, Google Search Console adalah sebuah tool dari Google yang dibuat khusus untuk para pemilik website yang ingin tahu performa dari website yang mereka milki. Performa yang dilihat merupakan ranah organik.

Sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools, Google Search Console membuat Anda bisa melihat kinerja website dalam perangkat mobile, melihat trafik dari website (bahkan bisa melihat halaman mana yang paling banyak trafiknya), hingga melihat website mana yang memberikan link ke halaman di website Anda.

Dari sana, Anda akan melihat secara jelas bagaimana performa website dari segi konten hingga halaman mana yang paling menarik untuk dilhat oleh para pengunjung website. Tool ini juga memiliki manfaat lain yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 5 SEO Tools Gratis Untuk Website Anda

Beragam manfaat Google Search Console

1. Melihat daerah pengunjung website

Google Search Console bisa digunakan untuk melihat para pengunjung website Anda secara lebih detail. Tidak hanya melihat angka pengunjung saja, tetapi juga melihat dari daerah mana saja mereka berasal. Bisa dilihat dari asal negara, hingga kota tempat mereka tinggal. Dari sana, Anda bisa melihat pasar mana yang lebih potensial untuk dikupas lebih dalam.

2. Melihat halaman paling populer

Di dalam sebuah website, pastinya banyak sekali halaman yang terdapat di dalamnya. Dari halaman produk hingga blog yang berisi artikel menarik. Nah, Anda bisa melihat halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi di dalam tool ini. Bisa saja memunculkan strategi baru dari halaman yang paling populer, atau malah yang kurang populer.

Jasa SEO

3. Mencari keyword yang digunakan orang

Website yang Anda miliki pastinya terdapat kata kunci yang sudah identik dengan isi dari website atau jenis dari bisnis yang dijalankan. Untungnya dengan Search Console, Anda bisa melihat barisan keyword yang digunakan orang untuk masuk ke dalam website Anda. Dengan keyword yang ada, Anda jadi tahu keyword apa saja yang bisa lebih sering digunakan, khususnya di dalam praktik SEO agar posisi website lebih tinggi di mesin pencari Google.

4. Melihat masalah keamanan di website

Keamanan website adalah sebuah hal penting. Jika website Anda tidak aman, maka Google bisa membuat pengunjung tidak bisa masuk ke dalam website. Namun tenang saja, Search Console bisa mendeteksi masalah keamanan yang ada di dalam website, sekaligus memberikan peringatan kepada Anda. Dengan peringatan itu, Anda jadi tahu bagian mana saja yang keamanannya harus diperkuat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website Anda

Itulah penjelasan tentang Google Search Console beserta manfaat positif yang berguna untuk kelangsungan website bisnis milik Anda. Sebaiknya, optimalkan Google Search Console mulai sekarang juga.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat