5 Cara Membuat Meta Description Terbaik

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Meta description (deskripsi meta) adalah senjata yang harus Anda pahami dengan baik agar banyak pengguna internet melakukan klik pada halaman tertentu. Umumnya, deskripsi meta ini memuat informasi penting terkait dengan isi dari halaman itu dan membuat orang yang membacanya jadi penasaran.

Cara Membuat Meta Description

Inti dari dibuatnya meta description adalah membuat orang lain yang membacanya melakukan klik pada halaman yang muncul di mesin pencari. Apabila tidak membuat pembacanya penasaran, peluang untuk mendapatkan trafik akan makin rendah. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan adalah:

1. Tidak Terlalu Panjang dan Pendek

Saat mencari sesuatu di Google, situs yang keluar dengan kata kunci tertentu akan terdiri dari judul, URL, dan deskripsi di bawahnya. Nah, deskripsi itulah yang disebut dengan meta description atau deskripsi meta.

Apabila dibuat terlalu pendek, informasi penting tidak akan bisa disampaikan semuanya. Sebaliknya, jika dibuat terlalu panjang, kemungkinan besar akan terpotong.

Setiap situs atau website memiliki standar deskripsi yang berbeda-beda. Namun, panjang yang umumnya digunakan sekitar 120-155 karakter.

2. Membuat Pembaca Penasaran

Kunci dari membuat meta description yang sukses adalah membuat calon pembaca merasa penasaran. Efeknya, mereka jadi mudah melakukan klik dan akhirnya membaca konten yang sudah Anda buat sebelumnya.

Anda boleh memasukkan elemen-elemen clickbait. Namun, pastikan konten yang dibuat sesuai dengan deskripsi yang sudah dibuat agar pembaca tidak kecewa dan akhirnya tidak mau lagi  membuka situs yang Anda kembangkan.

3. Bisa Berisi Ajakan

Selain berisi hal menarik yang membuat calon pembaca penasaran, Anda juga bisa memasukkan elemen ajakan. Komponen call to action atau CTA  ini umumnya gunakan pada akhir artikel untuk melakukan soft selling. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bagian dari deskripsi meta ini.

Bagian ajakan ini bisa diletakkan di bagian belakang dari meta description. Namun, jika deskripsi sudah memenuhi syarat karakter maksimum, Anda bisa menghilangkan bagian ajakan ini.

4. Tidak Menjawab Pertanyaan

Sebaiknya, Anda tidak membuat meta description yang menjawab semua pertanyaan atau rasa penasaran pembaca. 

Misal, Anda membuat artikel tentang lima buah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hindari menyebutkan semua jenis buah di dalam deskripsi meta ini. Jika Anda melakukan itu, calon pembaca tidak akan penasaran lagi dan melakukan klik. Semua pertanyaan pembaca sudah terjawab dengan tuntas hanya dengan membaca deskripsi meta yang sudah Anda buat.

5. Menggunakan Bahasa yang Menarik

Meta description umumnya menggunakan bahasa yang ringan atau mudah dimengerti oleh banyak orang. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu kaku atau formal yang membuat calon pembaca tidak tertarik untuk membuka situs.

Meski demikian, Anda juga harus mampu menyesuaikan bahasa dengan isi artikelnya. Jadi, keduanya akan saling mendukung sehingga pengguna internet tertarik untuk mengunjungi halaman yang sudah Anda buat.

Membuat meta description yang baik memang membutuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev agar Anda perlu lagi kerepotan dalam membuat deskripti meta lengkap dengan artikel yang didukungnya.Meta description adalah senjata yang akan membuat orang lain melakukan klik pada situs yang Anda miliki. Jika berantakan, meski konten di dalamnya berkualitas, orang lain tidak akan tertarik untuk membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post