Penggunaan Meta Description, Title Tag Dan Meta Keyword dalam Hasil Pencarian

Ketika kita sedang menggunakan mesin pencari google, hasil pencarian yang dimunculkan adalah berupa ringkasan dari isi konten halaman situs website, bukan keseluruhan dari isi konten. Ringkasan tersebut berupa title dan description. Jumlah karakter yang disediakan pun tidak terlalu banyak.

Dalam SEO, meta tag dikenal dengan 3 hal yaitu kata kunci, judul, serta deskripsi. Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan bagaimana menulis title, keyword, description yang disukai oleh pengguna serta mesin pencari.

Meta Tag Description Digunakan Untuk Menjelaskan Isi Web

Jika konten yang Anda buat dalam sebuah halaman web berisi ratusan bahkan hingga ribuan kata, atau akan menampilkan banyak gambar, maka google tidak dapat menampilkan keseluruhan konten Anda pada hasil pencarian. Disinilah fungsi dari meta description yang digunakan untuk menampilkan cuplikan ringkas dari isi halaman web.

Meta description sebaiknya tidak lebih dari 160 karakter, karena jika koten terlalu panjang nantinya sebagai hasil di hasil pencarian akan muncul tanda titik tiga (…).Meta description tidak secara langsung menginfluence faktor peringkat pada hasil pencarian, akan tetapi menginfluence user untuk meningkatkan klik. Namun ada beberapa check list agar Anda dapat menulis meta description yang baik serta menarik. Diataranya adalah:

  • Menamplikan cuplikan informasi sesuai isi halaman web
  • Membantu pengunjung dapat memahami isi halaman web dengan singkat
  • Berikisar diantara 155 sampai 160 karakter
  • Usahakan dapat menempatkan kata kunci di awal meta description
  • Menggunakan kata-kata serta kalimat yang unik agar dapat menarik perhatian
  • Untuk informasi lebih lengkap mengenai meta name description yang baik secara SEO dan User Experience, silahkan klik ciri meta description yang baik

Baca juga: Ciri Meta Description yang Baik Dan Disukai Oleh User

Fungsi Title Tag Sebagai Headline

Ada 2 penempatan judul yang perlu dipahami terlebih dahulu:

  • Judul pada artikel atau halaman website
  • Judul yang muncul pada halaman hasil pencarian

Contohnya seperti pada halama artikel ini:
Judul : Penggunaan Meta Description, Title Tag dan Meta Keyword dalam hasil pencarian
Title tag : Penggunaan Meta Tag Description, Title dan Keyword di SEO

Jadi, jika judul pada halaman anda melebihi 60 Karakter dan dirasa kurang menarik, anda dapat merubahnya dengan title tag agar konten yang muncul di hasil pencarian lebih ringkas, mudah dibaca, serta menarik perhatian pengguna untuk klik.

Meta Keyword

Keyword menjadi hal yang paling krusial dalam melakukan optimisasi halaman website, jika salah menentukan keyword maka akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian. Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai keyword

Jenis-Jenis Keyword

Browsing Keyword: Ciri-ciri dari brwosing keyword yaitu memiliki search volume yang tinggi, tidak mengandung unsur spesifik produk atau brand. Contohnya adalah “handphone”, “mobil”, “pesawat”, dll.
Comparison Keyword: Memiliki search volume yang sedang, biasanya terdiri dari 2 kata, misal “handphone murah”, “handphone terbaru”, dll.
Selling Keyword: Keyword yang menggunakan kata-kata “jual”, “harga”, dll.
Keyword Brand: Pada umumnya mengandung nama brand pada keyword yang digunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai meta tag yang terdiri dari keyword, title, dan description. Jika framework pada website Anda menggunakan wordpress, ada beberapa plugin yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menuliskan meta tag. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memiliki konten yang berkualitas agar lebih ramah dengan search engine khususnya google dan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat