Meta Title, Elemen Penting Bagi Website Anda

Saat Anda memutuskan untuk membuka dan membaca artikel ini, berarti Anda setidaknya sudah pernah mendengar apa itu meta title. Oleh karena itu Anda ingin mencari tahu lebih lagi dan mengerti apa itu meta title. Singkatnya meta title adalah judul yang akan muncul di halaman hasil pencarian saat Anda mengetik suatu kata kunci pada bar pencarian. Saat kita mencari meta title, meta description tidak dapat dilepaskan daripadanya. Keduanya termasuk metadata, dimana fungsinya adalah memudahkan pengunjung atau pengguna suatu mesin pencarian untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. 

Tahukah Anda bahwa sebenarnya metadata ini adalah bagian suatu coding dari HTML. Tentu Anda sudah pernah mendengar apa itu HTML bukan? HTML atau Hypertext Markup Language adalah suatu dokumen yang berisi coding yang berguna untuk membuat halaman website menjadi enak dibaca dan mudah dimengerti. Jika Anda masih bingung seperti apa gambaran HTML, Anda dapat membuka satu situs apa saja, lalu tekan Ctrl + U. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah melihat tampilan coding dari situs yang Anda buka? Di dalam halaman coding tersebut Anda akan melihat ada tulisan “title” dan “description” pada bagian awal coding tersebut. Itulah yang disebut meta tags. Bagaimana? Apakah Anda sudah lebih mengerti? Jika belum, tidak apa-apa. Mari kita kenali semuanya satu per satu di bawah ini. 

Apa Itu Meta Title?

Meta title atau title tag adalah sebuah judul yang akan muncul pada halaman hasil pencarian. Jika Anda mengetik suatu kata kunci pada bar pencarian, Anda akan melihat banyak judul yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik. Judul-judul itulah yang disebut dengan meta title.

Judul ini tidak sama seperti judul artikel. Meta title adalah judul yang berada di halaman hasil pencarian, sedangkan judul artikel berada di bagian paling atas pada sebuah artikel. Fungsinya adalah untuk memberitahukan pengguna internet apa yang menjadi isi dari artikel yang akan mereka baca tersebut. 

Baca Juga: HTML Tag, Hal Dasar Yang Harus Anda Ketahui Dalam HTML

Apa Itu Meta Description

Meta description adalah tulisan yang berisi penjelasan singkat mengenai isi konten dari website Anda. Tulisan pada meta description ini nantinya akan berada tepat di bagian bawah dari judul atau meta title yang akan muncul pada halaman hasil pencarian. Dalam menentukan tulisan meta description ada baiknya memasukkan keyword agar saat pengguna membaca deskripsi dari meta description Anda, mereka akan langsung klik dan membaca website Anda. Buatlah deskripsi yang paling menggambarkan isi keseluruhan dari konten Anda. Istilahnya Anda harus merangkum keseluruhan konten Anda menjadi 1-2 kalimat yang saat dibaca, audience akan mengerti apa yang tertulis di dalamnya. 

Penulisan meta description juga tidak kurang dari 145 karakter dan lebih dari 160 karakter. Jika lebih dari karakter tersebut maka tulisan lainnya akan terpotong atau akan diberi tanda titik-titik. Jadi pastikan Anda tidak kurang dan lebih dari karakter yang sudah disebutkan tersebut agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan meta description. Perlu Anda ingat bahwa tulisan yang Anda taruh pada meta description akan ikut menentukan apakah website Anda akan dikunjungi oleh banyak orang atau tidak. 

Jasa SEO

Pentingnya Meta Title

Anda sudah mengetahui apa itu meta title atau title tag, namun mungkin Anda masih bingung apa kegunaan atau pentingnya meta title pada website yang Anda miliki. Simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya.

1. Halaman Hasil Pencarian

Meta title memudahkan website Anda muncul pada halaman hasil pencarian (SERP). Dengan munculnya website Anda dalam SERP, maka website Anda akan dikunjungi oleh banyak pengguna mesin pencarian. Jika website Anda muncul berarti traffic pada website Anda meningkat dan semakin dikenali oleh audience. 

2. Browser Web

Selain muncul pada halaman hasil pencarian, meta title sangat berguna bagi audience yang sedang membuka banyak website dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan meta title pada setiap website akan memudahkan pengguna untuk mengenali isi konten yang ingin mereka cari. Saat membuka banyak website, tentu kita mengandalkan judul dari website tersebut untuk membedakan website yang satu dengan yang lainnya. Kita jadi tidak perlu membuang waktu yang banyak untuk membuka dan mencarinya satu-satu karena kita sudah bisa melihat isi website tersebut dari meta titlenya.

3. Jejaring Sosial

Tulisan judul di meta title juga akan berguna untuk mengenali tautan yang akan tertulis saat kita akan membagikan website tersebut. Pernahkah Anda melakukan copy paste terhadap suatu link dari suatu situs?

Permalink Adalah Aspek Website yang Penting | Toffeedev. Perubahan link menjadi sebuah tulisan inilah yang dinamakan meta title. Jadi penggunaannya berguna bagi audience untuk mengenali isi topik dari link tersebut.

Baca Juga: Memahami Pengertian dan Jenis-jenis Meta Tag

Cara menambahkan Meta Title

Ada beberapa cara menambahkan meta title yang bisa Anda pilih salah satunya.

1. Manual 

Manual yang dimaksudkan ialah benar-benar mengetik coding yang tepat agar meta title dapat muncul dengan tepat. Ada 2 coding yang bisa Anda gunakan seperti berikut:

  1. meta name=”title” content=”title website Anda”
  2. title title website /title

2. Plugin Yoast SEO

Cara lainnya yang lebih mudah bagi Anda adalah dengan menggunakan plugin atau Add-On yang bisa membantu Anda membuat meta title. Plugin tersebut adalah Yoast SEO. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu melakukan download dan instal pada laptop atau komputer Anda. Setelah itu Anda bisa mengaktifkannya dengan beberapa langkah berikut:

  1. Klik SEO.
  2. Klik General.
  3. Klik Features.
  4. Klik Advance Setting untuk mengaktifkannya.
  5. Klik saves changes.
  6. Klik pilihan “Title & Metas”.
  7. Akan muncul pilihan “general”. Pada pilihan ini Anda bisa memilih tanda atau simbol yang akan digunakan sebagai pemisah judul. Setelah sudah Anda bisa memilih “Save changes”.
  8. Klik pilihan “homepage”. Pada pilihan ini Anda dapat menuliskan title pada halaman utama Anda. Lalu Anda juga bisa menuliskan meta description Anda. Jika sudah, jangan lupa untuk klik “save changes”. Jika sudah sesuai, akan ada tanda warna hijau yang menandakan kesesuaiannya. 

Untuk pilihan lainnya yang ada pada bagian “SEO” bisa Anda biarkan saja dengan pengaturan yang sudah dipilihkan sebelumnya oleh plugin tersebut. 

Tips Membuat Meta Title

Dalam menuliskan meta title, Anda bisa menuliskan apa saja yang cocok untuk judulnya. Namun jika Anda ingin membuatnya SEO friendly sehingga memudahkan pengunjung yang nantinya akan berkunjung ke website Anda, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Proporsional

Proporsional yang dimaksudkan adalah judul yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Dalam pembuatan judul untuk meta title, ada baiknya jika penulisannya tidak lebih dari 60 karakter (sudah termasuk spasi). Jika judul meta title Anda lebih dari 60 karakter, biasanya selebihnya akan diganti dengan simbol titik-titik oleh mesin pencari.

2. Menarik

Membuat judul yang menarik akan membuat website Anda di klik dan dikunjungi oleh banyak audience. Oleh karena itu gunakanlah kata-kata yang menurut Anda akan dibuka oleh audience. Bayangkan jika Anda adalah seseorang yang sedang mencari suatu informasi, judul yang seperti apa yang akan Anda klik? 

3. Menjelaskan Isi konten

Membuat judul untuk meta title memang harus menarik, sampai mungkin terkadang kita akan tergoda membuatnya seperti click bait. Namun jangan hanya terfokus pada click bait, judul Anda juga harus mewakili keseluruhan isi konten yang telah dibuat. Pembuatan judul yang sesuai konten juga akan memudahkan mesin pencari mendeteksi isi konten dari website Anda, sehingga website Anda bisa muncul saat ada kata kunci yang sesuai.

4. Gunakan Keyword

Judul untukwebsite Anda harus ada keyword supaya saat ada pencarian dengan kata kunci tersebut, website Anda bisa muncul. Jangan terlalu banyak keyword yang dimasukkan, cukup memasukkan keyword yang paling mewakili isi dari konten yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Apa itu Meta Keyword? Ini yang Harus Anda Pahami

5. Menjawab

Membuat meta title juga harus memperhatikan apakah judul tersebut akan menjawab pertanyaan dari seseorang yang mencari informasi tersebut. Meta title Anda akan lebih baik lagi jika berhasil menjawab pertanyaan pengguna. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, membayangkan Anda berapa di ‘sepatu’ yang mencari informasi akan membantu Anda membayangkan judul seperti apa yang cocok dan tepat untuk digunakan. 

Gunakan Jasa SEO Dari ToffeeDev

Kini Anda sudah mengetahui pentingnya menggunakan metadata yakni meta description dan khususnya meta title. Jika Anda sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir, Anda juga pasti akan menyadari bahwa penggunaan keyword di dalam metadata sangat penting. Oleh karena itu menetapkan dari awal keyword dari konten yang Anda buat sangat penting. Apabila Anda bingung menentukan keyword yang sesuai pada website Anda, maka Anda bisa menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev.

ToffeeDev menyediakan jasa SEO yang akan membantu memaksimalkan website yang Anda miliki. Tim kami mengerti benar bahwa SEO sangat penting dan berguna untuk meningkatkan traffic pada website Anda gunakan untuk bisnis Anda. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa kami. Anda dapat melihat beberapa testimoni dan hasil portfolio dari kerjasama yang telah kami lakukan dengan berbagai bisnis dengan mengunjungi website kami, klik di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan tim kami, silahkan klik di sini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat