7 Tips Mobile Marketing yang Berguna untuk Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Mobile marketing adalah strategi marketing yang menjangkau pengguna perangkat seluler seperti smartphone dan phone tablet. Strategi ini ada karena marketing terhadap pengguna perangkat seluler tentu tidak bisa disamakan dengan pengguna perangkat komputer. Sebab, sifat keduanya pun berbeda.

Barisan Tips Mobile Marketing

Dengan strategi mobile marketing yang tepat, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Berikut adalah beberapa tips mobile marketing yang berguna untuk bisnis Anda.

1. Pastikan website Anda mobile friendly

Tips pertama, pastikan website Anda mobile friendly sehingga mudah diakses oleh pengguna perangkat seluler. Semenarik apa pun website bisnis Anda, jika tidak mobile friendly, maka calon pelanggan yang mobile user pun akan enggan berkunjung. Kebanyakan website kini sudah menyediakan pengaturan otomatis untuk tampilan mobile, Anda tinggal mengaktifkannya.

Baca Juga : Berikut Adalah Tipe Konten Yang SEO Friendly, Apakah Web Anda Termasuk?

2. Gunakan bahasa yang jelas

Pengguna perangkat seluler umumnya memiliki fokus yang cepat berubah. Saat menemukan konten yang kurang menarik, mereka bisa langsung berpindah ke konten yang lain. Kebanyakan dari mereka juga tidak akan menghabiskan waktu untuk sekadar mencari tahu kata-kata yang membingungkan atau ambigu. Untuk itu, pastikan Anda selalu menggunakan bahasa yang jelas dan rinci dalam setiap mobile marketing. Misalnya, saat Anda ingin menyelipkan call to action, maka gunakan kalimat perintah yang jelas.

3. Manfaatkan visual yang menarik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konten visual lebih mudah menarik perhatian jika dibandingkan dengan konten tulisan. Agar konten promosi atau campaign Anda bisa menarik calon pembeli, selipkan visual yang menarik. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan video berdurasi pendek atau rangkaian beberapa gambar yang bercerita.

Baca juga: Tips Marketing: Optimasi Konten Mobile Anda

4. Selalu perhatikan waktu dan tempat

Pengguna telepon seluler selalu membawa perangkatnya ke mana pun ia pergi sepanjang waktu. Perhatikan kebiasaan harian mereka dan jadikan informasi tersebut untuk merancang konten promosi mobile marketing Anda. Misalnya, jika Anda merupakan perusahaan penyedia layanan cuci pakaian, coba kirimkan pesan promosi di akhir pekan antara pukul 9 hingga 11 pagi. Intinya, perhatikan kebiasaan para pengguna perangkat seluler dan sesuaikan dengan produk atau layanan Anda.

5. Singkat dan padat

Layar smartphone Anda tentu lebih kecil dibanding layar komputer. Untuk itu, pesan promosi yang ingin Anda tampilkan pada smartphone atau perangkat seluler lain sebaiknya selalu dibuat singkat dan padat. Selain karena faktor keterbatasan tampilan, Anda juga perlu memperhatikan attention span atau rentang perhatian. Rentang perhatian manusia pada perangkat mobile cenderung lebih singkat dibandingkan dengan perangkat lain. Kalimat panjang akan membuat pengguna cepat merasa bosan dan kehilangan konsentrasi.

6. Buat personalized content

Pengguna perangkat seluler terbiasa dengan konten yang personalized. Sebab, konten yang personalized akan memudahkan dan menghemat waktu mereka. Anda bisa memberikan konten promosi mobile marketing yang disesuaikan dengan tanggal ulang tahun konsumen. Cara lain adalah dengan menawarkan diskon khusus untuk pengguna mobile.

7. Sediakan pengingat dan notifikasi

Pengingat (reminder) dan notifikasi adalah alat mobile marketing yang proaktif. Dengan mengirimkan pengingat kepada pelanggan untuk segera melakukan check out barang, mereka akan selalu ingat dengan produk Anda. Begitu pula dengan adanya notifikasi, pelanggan bisa melacak dan memantau pesanan mereka.

Perlu diingat kembali, mobile marketing sangat berbeda dari digital marketing pada media lain. Sebab, perangkat seluler dan penggunanya sangatlah dinamis. Semoga tips di atas dapat membantu Anda merancang strategi mobile marketing yang tepat sasaran. Jika menemukan kesulitan atau bingung harus mulai dari mana, tidak ada salahnya memanfaatkan layanan digital marketing agency profesional seperti ToffeeDev.Dibantu tim ahli yang telah berpengalaman bertahun-tahun di bidang digital marketing, Anda pun akan bisa menyusun strategi mobile marketing sesuai kebutuhan target konsumen!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post