Memahami Besarnya Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian

Pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian dapat dikatakan cukup besar, apalagi jika influencer tersebut sudah memiliki jumlah pengikut yang besar. Pada zaman sekarang, orang-orang akan mencari tahu mengenai sebuah produk secara mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Umumnya, influencer merupakan salah satu sumber yang dianggap dapat dipercaya oleh orang-orang untuk mencari tahu mengenai sebuah produk. Oleh karena itu, terkadang konsumen akan membeli sebuah produk karena mendapatkan pengaruh dari influencer. Mari simak penjelasan mengenai pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian di bawah ini!

Apa Itu Influencer?

Apa Itu Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh dalam suatu bidang atau niche tertentu. Biasanya, seorang influencer akan memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial yang dimilikinya, seperti twitter, Instagram, bahkan YouTube atau TikTok. Di era digital ini, influencer sudah menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran.

Influencer memiliki pengetahuan, otoritas, atau wawasan khusus tentang subjek tertentu. Kehadiran mereka yang sudah ada sebelumnya di dalam sebuah niche membuat mereka menjadi sebuah landasan peluncuran yang sangat efektif bagi merek yang baru diluncurkan dan membutuhkan kredibilitas.

Seorang influencer akan secara aktif membuat dan mengunggah konten di saluran media sosial yang mereka miliki. Dari sana lah mereka mendapatkan jumlah pengikut yang dapat memberi pengaruh besar. Selain itu, influencer juga biasanya memiliki pengetahuan khusus dari pendidikannya pada topik atau niche yang mereka geluti.

Seringkali, seorang influencer akan memicu sebuah dialog, membuat sebuah tren, hingga membangkitkan minat di antara komunitas pengikutnya. Tidak hanya itu saja, influencer juga kerap kali akan melakukan kolaborasi satu sama lain untuk menjangkau lebih banyak audiens. Hal tersebut biasanya dimanfaatkan merek atau perusahaan untuk mendapatkan audiens mereka yang banyak.

Baca Juga: Pengertian Dan Cara Menjadi Seorang Beauty Influencer

Pentingnya Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian

Perilaku belanja orang-orang makin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Sekarang, orang-orang dapat dengan mudah melakukan pencarian mengenai produk yang akan mereka beli hingga orang atau pihak yang menjual produk tersebut. Maraknya penipuan yang terjadi pada sistem belanja online membuat orang-orang makin berhati-hati ketika berbelanja.

Influencer adalah salah satu sumber yang dapat dipercaya oleh orang-orang untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk atau pihak yang menjualnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa seorang influencer memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pembelian dari konsumen.

Influencer yang dianggap memiliki kredibilitas di bidangnya akan dipercaya oleh pengikutnya ketika mengatakan sesuatu. Sebagai contoh, ketika sebuah merek melakukan kerja sama dengan influencer untuk menjual produknya, orang-orang akan memercayai bahwa produk tersebut adalah legit dan akhirnya memutuskan untuk membelinya jika memang mereka membutuhkannya.

Di dalam dunia pemasaran, sekarang sudah ada salah satu jenis dari strategi Digital Marketing yang memanfaatkan influencer, yaitu influencer marketing. Cara kerja dari teknik pemasaran ini adalah sebuah merek akan bekerja sama dengan influencer, lalu influencer tersebut akan mempromosikan produk tersebut, seperi dengan memberikan testimoni, merekomendasikan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Menjadi Influencer di Media Sosial

Kelebihan Strategi Influencer Marketing

Kelebihan Strategi Influencer Marketing

Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan ketika menerapkan influencer marketing adalah Anda tidak perlu mencari audiens lagi; influencer tersebut sudah memiliki audiensnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan lain dari strategi influencer marketing yang perlu Anda ketahui.

1. Membangun Kepercayaan dengan Cepat

Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan pengikut mereka. Pengikut tersebut akan lebih menghormati konten dan rekomendasi dari influencer dibanding sumber lainnya. Dengan menerapkan influencer marketing, Anda akan segera mendapatkan perhatian dari pengikut tersebut dengan mudah dan cepat.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, influencer sudah memiliki sejumlah pengikut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas lagi dan meningkatkan brand awareness ketika melakukan kerja sama dengan influencer. Pengikut dari influencer tersebut akan mulai mengetahui lebih banyak tentang merek, kisah, identitas, dan solusi yang Anda tawarkan.

3. Memperkaya Konten

Terkadang, influencer akan menyediakan konten yang sesuai dengan diri mereka sendiri. Jadi, Anda hanya perlu memberikan mereka produk atau apa pun yang ingin dipromosikan. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperkaya konten dan mengisi jadwal konten agar lebih padat. Hal ini jelas akan sangat berguna, apalagi dalam situasi di mana Anda kehabisan ide konten karena Anda dapat membagikan konten yang influencer buat di halaman Anda secara langsung maupun dengan cara mengunggah ulang.

Jasa SEO

4. Mencapai Target Pasar Secara Efektif

Kunci dari influencer marketing yang sukses adalah dengan memilih influencer yang relevan dengan industri Anda. Dengan begitu, konten yang Anda dan influencer buat dapat menjangkau audiens yang diinginkan atau yang sudah tertarik dengan niche Anda.

Dapat dikatakan bahwa pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian konsumen memang cukup besar. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan. Coba gunakan SEO untuk meningkatkan brand awareness secara organik, atau Facebook Ads untuk memaksimalkan pengiklanan di media sosial. Jika tertarik, langsung saja gunakan jasa dari ToffeeDev sekarang juga!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat