Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

Pentingnya Branding

Pentingnya branding dalam sebuah bisnis adalah hal yang wajib diketahui oleh setiap pelaku bisnis. Branding sendiri adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan persepsi dan ‘kekuatan’ dari sebuah merek, baik itu merek dari perorangan (seperti politikus) maupun organisasi (seperti perusahaan).

Pada artikel ini, Anda akan membaca mengenai pentingnya branding bagi sebuah bisnis. Namun sebelum itu, akan lebih baik jika Anda memahami apa itu branding dengan lebih dalam terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Branding?

Branding adalah proses untuk menciptakan persepsi yang kuat dan positif dari sebuah merek (perusahaan, produk, maupun layanannya) di mata konsumen. Branding merupakan strategi yang digunakan oleh organisasi untuk membuat khalayak umum mengidentifikasi merek mereka dengan lebih cepat.

Baca Juga: Branding VS Marketing: Mana yang Harus Didahulukan?

Branding berguna untuk membuat sebuah merek agar terlihat unik dan berbeda dengan merek lainnya; menunjukkan bahwa merek mereka berbeda dengan merek kompetitor. Selain itu, branding juga dapat memberikan konsumen alasan untuk membeli produk atau layanan yang disediakan dengan menunjukkan keunikan dari merek tersebut.

apa itu branding

Fungsi Branding

Branding yang efektif dapat membantu sebuah perusahaan dikenal dengan lebih spesifik di mata masyarakat luas; membuatnya berbeda dengan kompetitornya dan membangun basis konsumen yang setia. Artinya, branding berfungsi untuk membuat sebuah merek terlihat lebih ‘memesona’ dibandingkan merek lainnya.

Tujuan Branding

Tujuan dari branding adalah untuk menarik dan mempertahankan konsumen setia dengan menghadirkan produk yang selalu selaras dengan apa yang dijanjikan oleh merek tersebut. Selain itu, branding juga bertujuan untuk membantu konsumen membedakan produk yang serupa; agar konsumen dapat memutuskan membeli produk dari merek Anda dibandingkan kompetitor.

Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

Branding yang baik dapat membantu perusahaan memiliki merek yang unik. Dengan begitu, Anda dapat membedakan diri dengan kompetitor serta menunjukkan keunggulan dari produk dan layanan yang disediakan. Selain itu, branding yang baik juga dapat membantu membangun basis konsumen setia.

Pada bisnis online, terutama yang bergerak di e-commerce dan marketplace, banyak sekali toko baru yang bermunculan setiap harinya. Merek yang unik dapat menjadi aset yang sangat penting dalam perkembangan bisnis untuk mendatangkan konsumen dan menghasilkan keuntungan.

6 Strategi Branding yang Dapat Digunakan

Ada beberapa jenis branding yang dapat menambah nilai bagi bisnis Anda, tergantung pada pasar, target pasar, anggaran, dan strategi pemasaran Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis branding yang dapat Anda gunakan.

Strategi Branding yang Dapat Digunakan

1. Personal Branding

Personal branding adalah jenis branding yang digunakan untuk seorang individu, bukan untuk bisnis atau organisasi lainnya. Jenis branding ini sering digunakan untuk membentuk karakter, kepribadian, atau menggambarkan pekerjaan seseorang sebagai sebuah merek. Selebriti, politisi, pemimpin pemikiran, dan atlet sering menggunakan bentuk branding ini untuk menampilkan versi terbaik dari diri mereka atau versi baru dari diri mereka (rebranding) kepada publik.

2. Product Branding

Product branding berfokus pada membuat suatu produk berbeda dari kompetitornya dan lebih mudah dikenali. Simbol atau desain adalah bagian penting dari jenis branding ini yang digunakan untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk dengan mudah. Sebagai contoh, Monster Energy memiliki kemasan dan logo berbeda yang membuatnya mudah dibedakan dari pesaingnya, Red Bull.

3. Corporate Branding

Corporate branding adalah filosofi dan nilai inti yang dikembangkan oleh sebuah bisnis untuk menampilkan dirinya kepada khalayak umum dan karyawannya sendiri. Corporate branding yang efektif harus dapat menampilkan visi, misi, kepribadian, dan nilai inti perusahaan di setiap kontak yang dimilikinya dengan konsumen dan calon konsumen.

Baca Juga: Pentingnya Identitas Visual bagi Sebuah Brand

4. Service Branding

Service branding adalah jenis branding yang memanfaatkan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang menggunakan service branding berusaha untuk menyediakan konsumen mereka dengan layanan kelas dunia. Perusahaan bertujuan untuk menggunakan layanan konsumen (customer care) yang sangat baik sebagai cara untuk menunjukkan keunggulan yang dimilikinya kepada konsumen mereka.

Jasa SEO

5. Co-branding

Co-branding adalah bentuk branding yang menghubungkan dua atau lebih perusahaan untuk bekerja bersama-sama. Pada dasarnya, co-branding adalah kerja sama pemasaran antara dua atau lebih bisnis. Co-branding membantu merek saling memengaruhi satu sama lain secara positif untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis, menyebarkan kesadaran merek, dan menembus pasar baru.

6. Online Branding

Online branding, atau yang juga dikenal sebagai internet branding, adalah jenis branding yang membantu sebuah bisnis untuk memosisikan dirinya sebagai bagian dari pasar online. Jenis branding ini mencakup website perusahaan, media sosial, blog, dan platform konten online lainnya.

Baca Juga: Seberapa Penting Sih Social Media Branding?

2 Contoh Strategi Branding yang Sukses

Keberhasilan suatu strategi branding pasti akan membekas bahkan sampai bertahun-tahun kedepan. Berikut ini adalah beberapa contoh strategi branding yang sukses, dari dahulu sampai saat ini.

Nike

1. Nike (Corporate Branding)

Pada tahun 1980-an, Nike menggunakan strategi corporate branding untuk menciptakan slogan baru mereka, yaitu “Just Do It!”. Sejak saat itu, penjualan Nike meningkat sangat tajam dan slogan “Just Do It!” selalu diasosiasikan kepada Nike.

2. McDonald’s dan BTS (Co-branding)

Pada tahun 2021, McDonald’s bekerja sama dengan boyband mega bintang asal Korea Selatan, BTS, untuk menciptakan menu baru, BTS Meal. Pada saat perilisan BTS Meal, ada banyak sekali Army (sebutan untuk fans BTS) yang menyerbu semua outlet McDonald’s di seluruh dunia untuk membeli makanan tersebut.

Hal itu jelas sangat menguntungkan bagi McDonald’s. Namun, BTS juga mendapatkan keuntungan karena ada makin banyak orang yang mulai mengenal mereka karena hype yang dihasilkan dari BTS Meal sangat besar sampai membuat orang-orang mengantri hingga berjam-jam hanya untuk membeli BTS Meal.

Setelah membaca penjelasan di atas, semoga Anda bisa lebih mengetahui pentingnya branding bagi sebuah bisnis ya. Selain branding, Anda juga membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk mengembangkan bisnis. Salah satu jenis pemasaran yang wajib digunakan adalah pemasaran digital.

Jika tertarik menggunakan strategi pemasaran digital, Anda dapat menggunakan jasa dari ToffeeDev untuk membantu mengembangkan bisnis. Ada banyak layanan yang kami sediakan, mulai dari SEO, pengembangan website, dan masih banyak lagi. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat