Mengenal Apa Perbedaan SEO vs SEM

perbedaan seo dan sem

Sebenarnya apa perbedaan SEO vs SEM? Seperti yang diketahui, Search Engine Optimization (SEO) berfokus pada optimalisasi website untuk mendapatkan traffic berdasarkan hasil pencarian organik di search engine seperti Google. Sebaliknya, Search Engine Marketing (SEM) fokus dalam mendapatkan traffic menggunakan hasil pencarian organik dan berbayar. 

Benar sekali, SEM memang menjadi payung dari SEO, tetapi masih ditambah dengan dukungan dari pemasangan iklan online atau disebut PPC (Pay Per Click). ToffeeDev membedah perbedaan keduanya di bawah ini secara lengkap. Simak informasinya sekarang juga.

Perbedaan SEO vs SEM

seo dan sem

Kita akan membahas perbedaan SEO vs SEM dari berbagai aspek. Dimulai dari fitur-fitur di dalamnya, berapa lama hasilnya, seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan, dan mana yang terbaik. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah informasi selengkapnya.

SEO vs SEM: Fitur-Fitur Utama

Melihat fitur-fitur utama dari SEO dan SEM memang penting agar Anda semakin mengenal perbedaan keduanya. 

  • SEO

SEO memanfaatkan algoritma Google untuk meningkatkan traffic di dalam website. Terdapat beberapa kategori di dalamnya yang harus dioptimalisasi, yaitu on-page, off-page, technical, dan User Interaction Signals.

SEO on-page: Anda mengoptimalkan website dengan keyword yang dicari target konsumen berbagai mesin pencari seperti Google. Kemudian dari sana Anda bisa memasukkan keyword di judul, meta description, dan tentu juga konten di dalamnya.

SEO off-page: SEO Off-page fokus pada mendapatkan kepercayaan dari website lainnya. Salah satunya dengan cara mendapatkan backlink dari website berkualitas. Website tersebut mau memasukkan link website Anda di dalam konten mereka. Hal ini dapat meningkatkan website authority Anda secara lebih maksimal.

Technical SEO: Anda harus memastikan Google dan mesin pencari lainnya dapat melakukan crawling dan mengindeks semua halaman di website sendiri. Semakin baik technical SEO yang dilakukan, maka semakin cepat pula proses crawling dan indeks dijalankan.

User Interaction Signals: Cara pengguna internet berinteraksi dengan website Anda juga diperhatikan oleh Google. Ketika tingkat bounce rate terhitung tinggi, pihak Google dapat menurunkan website Anda di hasil pencarian. Alasannya karena laman website Anda dianggap tidak memberikan jawaban atas keyword yang dimasukkan pengguna.

  • SEM

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SEO menjadi bagian dari SEM. Namun tidak hanya ada SEO saja, melainkan juga terdapat PPC. Di sini kami menjelaskan fitur-fitur utama SEM dari sisi PPC.

Bidding: Iklan berbayar di dalam hasil pencarian selalu berkutat dengan yang namanya bidding. Dengan PPC, Anda fokus pada keyword tertentu. Sehingga ketika seseorang mencari keyword tersebut, maka iklan Anda muncul. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan untuk keyword tersebut, maka semakin tinggi pula posisi iklan Anda. 

Quality score: Quality score adalah metrik Google Ads yang sangat penting. Metrik ini pada dasarnya menjadi cara Google untuk mengetahui apakah iklan Anda cocok untuk apa pun yang dicari seseorang. Kombinasi perhitungan skor ini dimulai dari kualitas landing page, click through rate, dan akun Google Ads Anda sendiri. Jika iklan Anda memiliki skor tinggi, terdapat diskon untuk setiap klik yang diberikan.

Copywriting: Menulis copywriting untuk iklan menjadi bagian penting dalam PPC karena semakin bagus tulisannya, maka click through rate juga semakin tinggi. Quality score yang diberikan juga lebih tinggi. Sebaliknya, ketika copywriting terhitung buruk, maka performa iklan Anda juga pasti buruk.

Ad Groups dan Account Management: Fitur ini memiliki seluruh data akun Google Ads Anda untuk dioptimasi dengan jauh lebih baik.

SEO vs SEM: Berapa Lama Hasilnya?

berapa lama hasil seo dan sem

Salah satu perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah kecepatan. Faktanya, SEO membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan SEM dengan PPC. Proses analisis, pencarian keyword, pembuatan konten, pengaplikasian, hingga menunggu hasil akhirnya sudah pasti jauh lebih lama. Bahkan waktu untuk mencapai peringkat pertama dapat menyentuh waktu beberapa tahun!

Namun perlu diingat bahwa tidak semuanya seperti itu. Ada juga optimasi laman website dengan SEO yang mampu mencapai peringkat pertama dalam hitungan bulan. Semuanya tergantung dari keyword yang dioptimalisasi dan langkah-langkah yang tepat. 

Sebaliknya, SEM memberikan hasil secara instan. Saat Anda mulai memasang iklan pada pagi hari, maka pada malam hari sudah terlihat traffic dan konversi. Cepat, bukan? Jadi dari sisi kecepatan mendapatkan hasil, SEM jauh lebih unggul dari SEO. 

Di sisi lain, jika Anda memfokuskan upaya SEM Anda di PPC, Anda dapat mulai melihat hasilnya secara instan.

SEO vs SEM: Mana yang Lebih Mahal?

Berbicara mengenai mana yang lebih mahal, mari kita melihat dari sisi SEO terlebih dahulu. Banyak yang mulai menjalankan strategi SEO karena dinilai dapat dilakukan secara gratis. Memang, SEO bisa dijalankan secara gratis. Namun apakah mampu mencapai peringkat pertama? Belum tentu.

Pada kenyataannya, dibutuhkan banyak uang, waktu, dan usaha untuk mendapatkan peringkat pertama. Anda harus belajar SEO, kemudian jika tidak mau belajar SEO sendiri, Anda harus merekrut pihak yang sudah ahli dalam dunia ini. Selanjutnya ada penggunaan berbagai macam tools berbayar dengan biaya bulanan yang cukup besar. Semuanya perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir yang positif dari SEO. 

Namun sebaliknya, PPC dalam SEM sendiri juga tetap membutuhkan biaya besar. Bahkan biaya ini harus Anda keluarkan tiap bulannya. Bagaimana jika Anda stop membayar? Sudah jelas arus traffic akan hilang begitu saja. Tidak ada hal berkelanjutan dari PPC saat Anda sudah tidak membayar lagi. Berbeda dengan SEO yang tetap bisa mendapatkan traffic walaupun biaya yang dikeluarkan sudah lebih kecil dibandingkan pada saat awal. 

Jasa SEO

SEO atau PPC: Mana yang Lebih Baik?

Ada beberapa kriteria yang dapat dilihat jika Anda ingin fokus ke SEO, yaitu:

  • Tidak punya banyak budget
  • Dapat fokus kepada keyword-keyword informasi yang bermanfaat bagi para pengguna internet
  • Mau bersabar untuk menunggu hasil
  • Mau terus berusaha dalam menjalankan strategi ini

Untuk Anda yang ingin fokus ke PPC dalam SEM, inilah beberapa poin yang harus diingat:

  • Memiliki jumlah budget yang konsisten
  • Bisa mengatur akun Google Ads
  • Memiliki kemampuan dalam membangun landing page

Jadi dari sejumlah kriteria di atas, mana yang kira-kira lebih nyaman untuk Anda jalankan dengan berbagai usaha dan pengorbanan yang dilakukan?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam mengenal apa perbedaan SEO vs SEM. ToffeeDev hadir saat ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi digital marketing terbaik dan tepercaya. Hubungi ToffeeDev untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat