Perbedaan Web Server dan Web Hosting yang Wajib Diketahui

Perbedaan Web Server dan Web Hosting yang Wajib

Bagi yang masih baru bergerak di bidang IT, Anda harus mengetahui perbedaan web server dan web hosting agar tidak salah paham saat menggunakannya. Meskipun sama-sama digunakan untuk menyimpan data dari sebuah website, tetapi web server dan web hosting bukan merupakan hal yang sama.

Lantas, apa saja sih perbedaan web server dan web hosting? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, akan lebih baik jika Anda memahami masing-masing pengertian dari web server dan web hosting terlebih dahulu. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Web Server?

Istilah web server dapat merujuk pada perangkat keras atau perangkat lunak, atau keduanya yang digunakan bersama-sama. Sebagai perangkat keras, web server adalah komputer yang menyimpan perangkat lunak web server dan berkas komponen website seperti dokumen HTML, gambar, lembar CSS, dan berkas JavaScript. Web server terhubung ke internet dan mendukung pertukaran data fisik dengan perangkat lain yang terhubung ke website.

Di sisi lain, sebagai perangkat lunak, web server mencakup beberapa bagian yang mengontrol bagaimana pengguna website mengakses berkas yang dihosting, atau dapat disebut server HTTP. Server ini dapat memahami URL (alamat web) dan HTTP (protokol yang digunakan browser Anda untuk melihat halaman web). Server HTTP dapat diakses melalui nama domain website yang disimpannya, dan mengirimkan konten website yang dihosting ini ke perangkat pengguna akhir.

Baca Juga: Apa itu DNS dan Cara Kerjanya

Fungsi Web Server

Web server berfungsi untuk menerima permintaan HTTP, atau HTTPS. Setiap kali browser membutuhkan berkas yang di-host di web server, browser akan meminta berkas melalui HTTP. Ketika permintaan mencapai web server (perangkat keras) yang benar, maka server HTTP (perangkat lunak) akan menerima permintaan tersebut, menemukan dokumen yang diminta, dan mengirimkannya kembali ke browser melalui HTTP. Jika server tidak menemukan dokumen yang diminta, server akan mengembalikannya dengan mengirim respons 404.

Apa Itu Web

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan online yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan website atau aplikasi web di internet. Ketika mendaftar untuk menggunakan layanan web hosting, pada dasarnya Anda menyewa sebuah ruangan di web server.

Jumlah ruang yang dialokasikan pada server ke website tergantung pada jenis hosting yang digunakan. Jenis-jenis utama dari web hosting adalah shared, dedicated, dan VPS. Ketiga jenis web hosting tersebut dibedakan oleh jenis teknologi yang digunakan untuk servernya, tingkat manajemen yang diberikan, dan layanan tambahan yang ditawarkan.

Baca Juga: Pengertian Hosting yang Berguna Untuk Bisnis Saat ini

Fungsi Web Hosting

Fungsi utama dari web hosting adalah untuk menyimpan data-data penting dari sebuah website di dalam web server. Setelah pengguna memasukkan nama domain Anda ke kolom pencarian browser mereka, web server yang digunakan oleh web hosting akan mentransfer semua berkas yang diperlukan untuk memuat website Anda.

Jasa SEO

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, web server adalah komputer yang menjalankan website Anda, sedangkan web hosting adalah yang membuat website tersebut dapat diakses oleh pengguna. Web server menyediakan layanannya ke perangkat lain di internet. Sebaliknya, web hosting memungkinkan organisasi dan bisnis untuk menjalankan website mereka secara online.

Fungsi utama dari web server meliputi penyimpanan, pemrosesan, dan pengiriman halaman web. Di sisi lain, fungsi utama dari web hosting adalah untuk menghosting website, mengurus masalah setup dan teknis, serta menjaga seluruh website di server mereka.

Apabila Anda ingin membuat website baru, pilih layanan web hosting dan paket hosting yang tepat. Saat mempertimbangkan jenis hosting apa yang harus dipilih, semuanya akan bergantung pada jenis website yang Anda buat dan sumber daya apa yang dibutuhkan, anggaran, dan lalu lintas website.

Lalu, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan website karena sudah memiliki banyak sekali lalu lintas dan pengunjung yang mendatangi website setiap harinya, maka Anda perlu melakukan peningkatan server. Anda dapat memilih jenis server yang dedicated agar tidak perlu berbagi sumber daya dengan website lain; seluruh sumber daya dari server tersebut akan digunakan untuk website Anda.

3 Tips Memilih Web Server dan Web Hosting

Sebelum memilih web server dan web hosting yang akan digunakan pada website Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti. Berikut ini adalah beberapa tips memilih web server dan web hosting yang dapat berguna untuk Anda.

Tips Memilih Web Server dan Web Hosting

1. Ketahui Kebutuhan Bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah website adalah untuk mengetahui kebutuhan bisnis Anda. Beberapa hal yang perlu diketahui setidaknya adalah:

  • Apakah situs web yang Anda butuhkan memerlukan akses cepat?
  • Apakah website Anda akan digunakan untuk toko online atau hanya menampilkan company profile?
  • Apakah situs web Anda memiliki lalu lintas tinggi dan membutuhkan ruang disk yang besar?

Semua hal di atas harus dipikirkan matang-matang agar website Anda dapat berjalan dan beroperasi dengan optimal.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan HTTP dan HTTPS?

2. Diskusi dengan Web Developer

Sebelum membuat website serta memilih jenis server apa dan layanan hosting mana yang ingin digunakan, Anda sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu kepada pihak pengembang website. Anda dapat menanyakan pendapat pengembang website mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap web server dan web hosting, serta mana yang paling cocok untuk digunakan pada website Anda.

3. Pilih Layanan dengan Tim Support 24 Jam

Seringkali layanan web server maupun web hosting yang kita pilih mengalami masalah. Agar tidak kebingungan ketika masalah tersebut terjadi, sebaiknya Anda memilih layanan yang memiliki tim support yang bekerja aktif selama 24 jam. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi dengan lebih mudah.

Pastikan Anda memahami perbedaan web server dan web hosting agar dapat membuat website dengan maksimal dan optimal. Jika membutuhkan bantuan untuk membuat website, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website ToffeeDev. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat