6 Perbedaan WordPress dan Blogspot: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

perbedaan wordpress dan blogspot

Bagi yang gemar menulis atau ingin memiliki website sendiri, Anda tentu sudah tak asing dengan WordPress dan Blogspot. Dua layanan ini seakan menjadi wadah untuk menuangkan ide-ide atau gagasan yang bisa dibaca dengan mudah oleh orang lain secara online. Tak hanya tulisan, baik WordPress maupun Blogspot juga bisa menjadi sebuah website yang menampung konten untuk dipublikasikan secara luas. 

Keduanya tentu memiliki spesifikasi masing-masing mengingat ada banyak perbedaan WordPress dan Blogspot saat Anda menggunakannya. Nah, bagi yang belum tahu, berikut penjelasan detail mengenai apa itu WordPress, Blogspot, dan perbedaan keduanya. 

Apa itu WordPress?

Pada dasarnya, WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) bagi Anda yang ingin membuat atau mengelola sebuah website. Lewat WordPress, Anda bisa mengelola website tanpa harus menggunakan coding. Anda bisa membuat konten, menata tampilan sesuai keinginan, hingga menambahkan fitur-fitur tertentu. Oleh karenanya, WordPress bisa menjadi wadah yang tepat untuk membuat website, terutama bagi para pemula.

Selain itu, layanan WordPress juga sudah memberikan hosting dan domain sehingga Anda tidak perlu repot lagi ketika hendak membuat website. Terkait fungsi, ada tak hanya bisa menggunakan WordPress sebagai website perusahaan, tetapi juga website portofolio untuk menampilkan karya-karya yang telah bisnis Anda buat.

Misalnya, jika perusahaan Anda menawarkan jasa pembuatan konten artikel, maka Anda bisa menampilkan beberapa contoh artikel untuk klien pada website WordPress Anda. Atau jika perusahaan Anda menjual produk sepatu pria, bisa juga menggunakan WordPress sebagai katalog foto produk. Bahkan selain itu, WordPress juga bisa berfungsi untuk membuat toko online, website forum, hingga website berita.

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan WordPress Sebagai CMS

Apa Itu Blogspot?

Setelah mengetahui detail tentang WordPress, kini saatnya Anda mempelajari tentang Blogspot. Blogspot hampir sama dengan WordPress, yakni layanan penyedia akun website gratis yang bisa dipakai untuk membagikan banyak hal, mulai dari tulisan, foto, video, dan masih banyak lagi. Dalam memulai Blogspot sendiri, akun yang akan dipakai adalah akun yang sama dengan akun Google Anda.

Kerja sama dengan Google ini membuat Blogspot dilengkapi dengan fitur khusus seperti Google Adsense. Artinya, Anda bisa mendapatkan uang dari Google ketika seseorang membuka website dari Blogspot Anda.

Awalnya, Blogspot sendiri merupakan layanan berbayar, namun setelah diakuisisi Google, Blogspot menjadi layanan gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Fungsi Blogspot sendiri beragam, mulai dari wadah untuk menyebarkan awareness pada suatu hal, seperti contohnya produk, hingga memamerkan tulisan atau karya lainnya. 

Selain itu, Blogspot juga bisa jadi sebuah portofolio online bagi seseorang, seperti seniman, fotografer, dan masih banyak lagi. Dengan memakai Blogspot, seseorang bisa memamerkan karyanya dengan rapi dan terlihat professional.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari WordPress dan Blogspot, berikut ini beberapa perbedaan WordPress dan Blogspot yang patut Anda cermati.

Baca juga: Blogspot atau WordPress, Mana yang Terbaik?

6 Perbedaan WordPress dan Blogspot

Ada beberapa faktor yang bisa jadi pembeda antara WordPress dan juga Blogspot, di antaranya sebagai berikut:

1. Penggunaan

Dari sisi penggunaan, Blogspot dinilai lebih mudah dipakai untuk pemula. Pasalnya, Anda cukup memiliki akun Google saja. Hanya dengan sign up, memilih fitur “Create new blog”, dan mengisi beberapa hal, Anda sudah memiliki sebuah website lengkap dengan domain Blogspot.

Sementara itu, penggunaan WordPress sebetulnya tidak kalah mudah, hanya saja ada beberapa step yang harus Anda lalui. Blogspot sendiri kebanyakan bersifat personal, sedangkan WordPress banyak digunakan oleh personal maupun perusahaan.

2. Keamanan

Keamanan juga menjadi perbedaan WordPress dan Blogspot yang patut Anda cermati. Untuk Blogspot, Anda akan diberikan keamanan berbasis Google sehingga tak perlu diragukan lagi. Sedangkan untuk WordPress, karena memiliki open-source system, layanan ini kerap jadi sasaran para hacker. Namun, tenang, Anda bisa memilih host atau provider yang baik untuk meningkatkan keamanannya.

Baca juga: 5 Plugin Security untuk WordPress

3. Fleksibilitas

Untuk fleksibilitas, Blogspot cukup terbatas karena memiliki built-in gadgets seperti subscriptions links, form kontak, advertising, dan lain-lain. Sedangkan untuk WordPress, karena sifatnya yang open software, Anda bisa dengan leluasa menambah fitur-fitur apa pun.

4. Biaya

Dari segi biaya, Blogspot menyediakan semua layanannya secara gratis, termasuk dengan fitur yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk WordPress, meski pada dasarnya penggunaannya gratis, Anda diminta membayar jika ingin menambah beberapa fitur tertentu.

5. Pilihan Desain

Untuk desain, Blogspot tidak banyak memberikan pilihan dan hanya menyediakan beberapa template secara umum. Sedangkan untuk WordPress, ada banyak sekali desain dan tema yang bisa Anda pilih secara gratis.

Baca juga: 7 Cara Memperindah Tampilan WordPress

6. Kemampuan SEO

Untuk kemampuan SEO, sejak Blogspot mengalami pembaruan, kini layanan Blogspot jadi kurang begitu SEO friendly. Pasalnya, ada beberapa fitur yang berubah, termasuk kolom komentar yang tidak ditampilkan. Hal ini beda dari WordPress di mana beberapa plugin-nya bisa mengoptimalkan kemampuan SEO dari website Anda.

Jasa SEO

Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Dari penjelasan perbedaan WordPress dan Blogspot di atas, tentu Anda jadi berpikir mana layanan yang cocok untuk kebutuhan Anda? Semua tergantung pada tujuan awal Anda membuat blog atau website.

Jika Anda ingin membuat website hanya untuk membagikan karya, tulisan, atau ide-ide pribadi, Anda cukup memakai Blogspot. Namun, ketika Anda ingin membuat website yang sifatnya profesional, lebih baik jika memakai WordPress yang dapat mengoptimasi SEO website Anda.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan WordPress dan Blogspot sebagai platform website. Baik WordPress dan Blogspot sebetulnya bisa dengan mudah Anda modifikasi menjadi website bisnis. Namun, untuk optimasi website agar kualitasnya lebih sesuai kebutuhan bisnis, sebaiknya gunakan jasa custom web development dari ToffeeDev.Karena bersifat custom, Anda pun bisa menciptakan website dengan dilengkapi berbagai fitur dan aplikasi yang menunjang bisnis Anda. Untuk informasi lebih detail, segera konsultasi dengan tim ToffeeDev!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat