Permalink: Mendalami Keseluruhan Permalink dengan Sederhana!

Secara sederhana, permalink adalah alamat web. Mungkin Anda merasa baru pertama kali membaca kata permalink. Mungkin saat membacanya, Anda langsung bingung mengenai arti dari kata tersebut. Padahal sebenarnya permalink sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan setidaknya setiap orang di dunia ini pernah mengetiknya pada gadget yang mereka miliki. 

Kata yang sangat asing bagi orang awam ini, justru sangat terasa familiar bagi para blogger yang terbiasa dalam menulis blog. Hal ini dikarenakan saat blogger memposting konten yang telah dituangkannya dari pemikiran ke dalam tulisan, mereka juga harus memastikan permalink mereka sudah sesuai dengan keyword yang ada. Jika permalink tidak sesuai dengan keyword dari konten yang telah dibuat, besar kemungkinan tulisan dalam blog Anda tidak akan dibaca oleh pembaca. Dengan demikian, penggunaan permalink dapat kita simpulkan menjadi komponen yang sangat penting dalam sebuah website, bukan?

Apabila Anda bingung mengenai penting atau tidaknya permalink dalam kehidupan kita sehari-hari, tenang! Anda tidak sendirian dalam hal ini. Berikut adalah informasi yang dibuat secara sederhana untuk memudahkan Anda yang baru pertama kali mendengar kata permalink. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak penjelasan berikut. 

Pengertian Permalink

Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut Tautan Permanen. Pengertian permalink adalah alamat keseluruhan dari suatu alamat web. Lebih lanjut mengenai permalink, URL merupakan istilah yang sangat dekat dan perlu kita bahas.

Sederhananya URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat web yang berisi “https” lalu nama webnya dan diikuti dengan nama domain (.com, .co.id, .edu), sedangkan permalink berisi “https”, nama web, nama domain dan diikuti dengan keterangan lanjutan seperti tanggal atau keyword. Coba Anda perhatikan contoh di bawah ini:

Contoh URL:

Contoh Permalink:

Bagaimana, apakah sudah terlihat perbedaannya? Keduanya (URL dan permalink) sama-sama merupakan alamat sebuah web. Namun perbedaannya terletak pada kata-kata yang ada setelah nama domain. Jika sudah mengerti, mungkin ada pertanyaan lain yang muncul dalam pemikiran Anda “Mengapa kata-kata setelah nama domain berbeda-beda? ada yang berupa kata-kata dan angka?”. Jawabannya akan Anda temukan dalam penjelasan mengenai struktur permalink di bawah ini: 

Baca Juga: Apa itu Slug? Apa Kegunaannya Untuk Website Anda?

Struktur Permalink 

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa setelah nama domain terdapat kata yang berbeda-beda, ada yang menggunakan kata-kata seperti ini “/cara-menambahkan-menu-di-wordpress/” atau menggunakan angka seperti ini “/?p=345”. Mari kita bahas perbedaannya:

1. Kata-kata

Struktur permalink yang baik, sebenarnya menggunakan kata-kata. Hal ini dikatakan lebih baik karena dapat lebih mudah dimengerti dan diingat oleh pembaca. Ada dua struktur yang disarankan saat Anda menerapkannya dalam website yang Anda buat, yakni menggunakan “tahun-tanggal-keyword” dan “keyword”. Contohnya adalah sebagai berikut:

Tahun-tanggal-keyword 

www.namasitusanda.com/blog/2018/2/20/3-tips-wajah-glowing/

Untuk struktur ini sebenarnya sudah cukup baik namun tidak terlalu dianjurkan untuk Anda gunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan tahun dan tanggal akan membuat konten tersebut tertinggal atau kedaluwarsa dengan konten sejenis lainnya yang baru saja dibuat. Akibatnya, peluang konten Anda untuk di klik tentu lebih kecil daripada konten sejenis yang lebih baru. 

Meskipun tetap ada keyword, menggunakan tahun dan tanggal memakan space yang sebenarnya dapat Anda gunakan untuk memasukkan lebih banyak keyword ke dalam permalink. Biasanya penggunaan tahun dan tanggal untuk konten berita yang ingin menunjukkan berita terupdate setiap harinya.

Keyword

www.namasitusanda.com/blog/cara-menambahkan-menu-pada-wordpress/” 

Struktur ini lebih dianjurkan untuk digunakan karena terdapat keyword yang akan memudahkan para pengguna atau pembaca untuk mencari website yang sama saat kembali dibutuhkan. Strukturnya yang hanya mengandung keyword juga menjadikan permalink SEO friendly. Akibatnya, blog yang Anda buat akan memiliki peluang lebih besar untuk muncul di dalam ranking atas pencarian. 

Jasa SEO

2. Angka 

Struktur permalink yang menggunakan angka seperti pada contoh diatas berarti menunjukkan nomor halaman dari situs tersebut. Penggunaan angka sebenarnya sah-sah saja, namun untuk membuat permalink mudah dicari atau SEO friendly, biasanya nomor halaman diubah menjadi keyword

Pentingnya Permalink

Pada era yang serba digital, secara tidak langsung kita juga dituntut untuk bergerak serba cepat menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang ada. Oleh karena itu dengan keberadaan permalink dalam kehidupan kita justru semakin memudahkan dan efisien dalam mencari berbagai hal. Berikut beberapa hal yang menjelaskan pentingnya permalink:

1. Memudahkan Pencarian

Permalink membuat kita tidak lagi perlu ke halaman utama sebuah website dan melakukan beberapa klik pada bagian yang kita cari. Permalink telah menyederhanakan pekerjaan dengan langsung mengantarkan kita kepada bagian dari website yang ingin dituju. 

2. SEO Friendly

Dalam SEO, permalink merupakan komponen yang penting karena sudah menunjukkan keyword yang kita cari pada tautan sebuah web. Saat kita melakukan pencarian pada mesin pencari, pengguna akan semakin dimudahkan dengan melihat kata kunci yang tertera pada tautan di bawah judul. Jika kata kunci yang kita taruh pada permalink merupakan kata kunci yang tepat, pasti website kita juga akan muncul pada bagian atas mesin pencari.

3. Menambah Jumlah Traffic

Penggunaan permalink yang memudahkan pencarian dan SEO friendly, tentunya akan membuat traffic pada situs Anda meningkat. Kemungkinan situs Anda di klik oleh para pengguna yang mencari kata kunci Anda juga semakin besar. Oleh karena itulah penggunaan permalink tidak boleh dianggap remeh. 

Baca Juga: 6 Jenis Traffic pada Website

Membuat Permalink SEO Friendly

1. Gunakan Fitur Custom Permalink

Seperti sudah disebutkan diatas, struktur permalink yang dianjurkan ialah yang menggunakan kata kunci didalamnya. Oleh karena itu saat Anda membuat website, pastikan tautan Anda sudah diganti dengan kata kunci yang relevan dengan konten Anda. 

Untuk mengganti struktur dalam permalink, Anda bisa menuju pada bagian permalink di bagian Settings. Misalnya pada permalink di WordPress, Anda bisa mengikuti 3 langkah berikut:

  1. Masuk dan lakukan login pada Dashboard WordPress Anda.
  2. Klik Settings dan pilih bagian permalink.
  3. Ubah pengaturan permalink sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Masukan Keyword Lain yang Relevan

Penggunaan keyword dalam permalink, ada baiknya tidak menggunakan keyword yang sudah ada di judul dan yang ada pada konten Anda. Memasukkan kata kunci lain yang relevan pada konten Anda akan membuat situs Anda muncul pada mesin pencarian dengan kata kunci tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika kata kunci pada judul dan konten tidak dicari oleh pengguna. Situs Anda masih tetap bisa muncul pada mesin pencari dengan kata kunci lain karena permalink Anda memiliki kata kunci yang sedang dicari.

Baca Juga: Apa itu Buying Keyword? Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

3. Gunakan Keyword yang Spesifik

Keyword yang digunakan pada permalink Anda, lebih baik terdiri dari beberapa kata yang memudahkan pendeskripsian dari konten yang Anda buat. Contohnya, daripada Anda menggunakan keyword “content creator” saja, ada baiknya Anda menggunakan keyword seperti “cara menjadi content creator sukses”. 

4. Perhatikan Jumlah Kata yang Digunakan

Penggunaan keyword pada permalink juga tidak lebih dari lima kata. Kata yang digunakan biasanya berkisar tiga sampai lima kata. Jika keyword lebih dari lima kata atau sangat panjang, maka keyword tersebut tidak akan muncul saat dilakukan pencarian pada mesin pencari. Penggunaan keyword yang berlebihan juga tidak SEO friendly dan akan menjadi sia-sia. 

Brian Dean pada penelitiannya mengenai ranking pencarian, menemukan bahwa salah satu yang menyebabkan sebuah situs berada pada bagian atas mesin pencari adalah karena tautan yang pendek. Dengan kata lain, sebuah alamat web atau permalink yang hanya mengandung kata kunci pendek yang spesifik dan relevan akan berada pada posisi atas dalam mesin pencarian. 

Selain itu permalink yang pendek akan memudahkan mesin pencari untuk mengerti isi keseluruhan dari konten dalam situs Anda, sehingga situs Anda akan berada pada posisi atas dalam ranking pencarian. 

Baca Juga: 8 Tips Memilih Keyword yang Tepat Untuk Dioptimasi

Dari informasi yang sudah dijelaskan diatas, apakah Anda menjadi lebih mengerti semua hal mengenai permalink? Mulai dari apa itu permalink, struktur, dan pentingnya permalink hingga membuatnya menjadi SEO friendly. Sekali lagi, permalink dan alamat URL sama-sama merupakan tautan alamat sebuah situs. Perbedaannya hanya terdapat pada kata-kata setelah nama domain. Semoga Anda tidak lagi terjebak dengan kebingungan mengenai istilah keduanya. Jika Anda sudah memiliki website sendiri, jangan lupa untuk mengganti permalink yang baru saja Anda pelajari agar situs web Anda masuk dalam ranking pencarian Google. 

Jika Anda baru saja membuat sebuah website untuk blog pribadi Anda, jangan lupa untuk menerapkan apa yang telah Anda pelajari. Dengan menerapkannya, diharapkan konten yang Anda buat dengan jerih payah tidak terbuang sia-sia, melainkan didapati berguna oleh banyak orang. 

Namun jika Anda ingin menggunakan jasa untuk membuat website Anda menjadi lebih menarik dan membangun lebih banyak traffic, Toffeedev dapat membantu Anda! Kami menyediakan jasa pembuatan web dan juga desain yang menarik agar website Anda dikunjungi lebih banyak orang. 

Selain itu kami juga menyediakan jasa penulisan SEO agar website Anda mendapatkan peluang yang lebih besar untuk berada pada ranking dalam mesin pencarian. Untuk jasa lainnya yang Anda butuhkan, Anda dapat langsung mengunjungi web kami disini. Dapatkan keseluruhan informasi dan testimoni kepuasan pelanggan kami setelah menggunakan jasa Toffeedev, saat Anda mengunjungi website kami. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembuatan website, Anda bisa langsung menghubungi tim kami untuk berkonsultasi disini. Kami sangat menantikan kerjasama dengan Anda, tunggu apalagi? Kunjungi website kami sekarang!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat