Mengulas Definisi dan Pentingnya Sales Funnel

sales funnel adalah

Saat Anda membeli sesuatu di toko, hal yang perlu Anda lakukan hanya memilih barang yang Anda inginkan, setelah itu membayarnya. Secara sederhana, tahapan saat seseorang berbelanja adalah pilih, ambil, bayar. Namun, saat ini, proses jual beli sudah beralih ke bentuk digital dalam bentuk e-commerce dan marketplace. Di sinilah sales funnel terjadi.

Singkatnya, sales funnel adalah alur yang terjadi saat seseorang berbelanja. Apalagi, sejak digitalisasi, alur jual beli menjadi tidak sesederhana saat orang beli barang di toko konvensional. Mengapa bisa demikian? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Definisi Sales Funnel

Sales funnel adalah salah satu strategi bisnis yang dilakukan untuk proses penjualan. Tahap demi tahap penjualan yang Anda lakukan merupakan sales funnel, mulai dari proses saat Anda menawarkan promo yang menarik untuk pembeli hingga saat closing atau pembelian. Singkatnya, sales funnel adalah strategi untuk meningkatkan penjualan melalui customer journey.

Misalnya, apabila Anda berjualan lewat e-commerce, maka tahap sales funnel bermula ketika Anda mulai mempromosikan produk pada pembeli. Media promosi yang Anda gunakan pun bisa melalui aplikasi, media sosial, website, atau platform lain yang memungkinkan Anda untuk tidak bertatap muka langsung dengan pembeli.

Para pembeli akan memilih produk yang diinginkan atau dibutuhkan sesuai dengan iklan yang Anda tawarkan. Jika tertarik, maka pembeli akan melanjutkan tahap sales funnel ke Anda atau customer service untuk memeriksa detail barang. Jika cocok, maka pembeli akan lanjut lagi ke tahap transaksi. Sales funnel adalah seluruh tahap penjualan yang terjadi seperti di atas.

Baca Juga: Sales Funnel dan SEO: Repeat Purchase hingga Loyalitas Customer 

Pentingnya Penerapan Sales Funnel

Sales funnel adalah strategi yang cukup penting dalam dunia bisnis. Cakupan prosesnya panjang, mulai dari awal promosi sampai akhir penjualan. Secara sederhana, sales funnel adalah strategi untuk mengarahkan calon-calon pembeli potensial agar melakukan action atau pembelian di toko online Anda.

Maka dari itu, menerapkan strategi sales funnel bisa jadi kunci sukses bisnis yang mampu membawa Anda meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Anda harus tahu cara agar sejumlah target pasar potensial Anda tetap setia sampai akhir. Mempertahankan pembeli untuk terus belanja di toko online Anda perlu beberapa strategi yang mutakhir. Itulah pentingnya peran sales funnel dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Strategi Sales Untuk Bisnis Online

Tahapan Penerapan Sales Funnel

Sales funnel adalah proses yang mencakup beberapa tahap. Dalam sales funnel klasik, dikenal lima tahapan, yaitu seperti berikut ini.

1. Awareness

Tahap pertama dalam sales funnel adalah awareness, yaitu menerapkan kesadaran pada calon pembeli atas kebutuhannya dan membuat mereka sadar bahwa kebutuhan itu harus segera dipenuhi. Untuk meningkatkan awareness, Anda bisa memanfaatkan media sosial, website, atau platform lainnya.

2. Interest

Tahap berikutnya adalah interest atau ketertarikan. Pada tahap ini, calon pembeli akan menunjukkan minat mereka atas produk yang Anda tawarkan. Tahapan ini biasanya ditandai dengan calon pembeli yang mulai mengajukan pertanyaan terkait produk.

3. Decision

Setelah dua tahapan di atas tuntas, maka tinggal keputusan atau decision yang ditetapkan oleh pembeli. Melalui tahap awareness dan interest, calon pembeli sudah mendapatkan seluruh informasi yang diinginkannya. Maka dari itu, mereka tinggal mengambil keputusan; membeli produk itu atau tidak. 

Tahap ini cukup krusial karena menentukan alur penjualan dalam bisnis Anda. Tidak sedikit yang terpaksa berhenti hanya sampai tahap ini akibat calon pembeli tidak jadi membeli produk Anda. Hal ini bisa juga berkaitan dengan pertimbangan akan manfaat produk Anda untuk mereka.

Baca Juga: Rekomendasi Cara Meningkatkan Sales Online

4. Action

Jika calon pembeli lanjut sampai tahap ini, maka Anda sudah otomatis mengantongi keuntungan dari penjualan produk. Tahap ini ditandai dengan kemantapan pembeli untuk mengeklik tombol pembelian dan melanjutkan pembayaran.

5. Purchase

Tahap ini adalah kelanjutan dari tahap action. Apabila pembeli sudah memutuskan untuk beli, maka mereka akan lanjut ke tahap pembayaran. Tahap ini ditandai dengan adanya akad jual beli antara Anda dan pembeli atas produk.

banner

3 Cara Penerapan Sales Funnel untuk Bisnis

Setelah memahami bahwa sales funnel adalah strategi yang penting, maka Anda harus tahu bagaimana cara menerapkannya untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah contoh tiga cara penerapan sales funnel untuk bisnis gadget.

1. Bangun Awareness dan Interest lewat Media Sosial

Umumnya, jika seseorang sedang mencari HP, mereka akan melihat berbagai review dari media sosial, seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Di sini, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk memperkenalkan produk HP Anda, lengkap dengan promo dan diskon yang bisa menarik pembeli.

2. Gunakan Website atau E-commerce

Biasanya, pembeli yang tertarik dengan salah satu produk HP, akan langsung mengunjungi official website atau e-commerce terkait. Di tahap ini, pembeli juga biasanya menelusuri testimoni pelanggan lain untuk mengecek apakah toko Anda benar-benar kredibel atau tidak. Anda juga bisa menawarkan garansi yang menarik agar pembeli tidak ragu untuk lanjut beli.

3. Sediakan Variasi Metode Pembayaran

Melalui e-commerce, pembeli juga bisa diuntungkan karena ada banyak metode pembayaran yang bisa dipilih. Bahkan, ada fitur pay later atau cicilan yang bisa dimanfaatkan oleh pembeli secara langsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sales funnel adalah satu dari sekian banyak strategi digital marketing yang wajib Anda kuasai agar bisnis bisa lebih berkembang. Anda tak perlu kesulitan mempelajarinya satu per satu karena sudah ada jasa layanan Digital Marketing yang jauh lebih mudah dan praktis, seperti ToffeDev. ToffeeDev menawarkan banyak layanan, mulai dari SEO, pembuatan website, ads, dan masih banyak lagi! Hubungi kontak ToffeeDev untuk informasi lebih lanjut!

Share this post :

Toffeedev’s Pick