Analisa Persaingan Keywords dalam SEO: Panduan dengan Teknik dan Tools Terbaik

analisa persaingan keywords dalam seo

Analisa persaingan keywords dalam SEO merupakan salah satu langkah yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, halaman hasil mesin pencarian (Search Engine Result Page atau SERP) Google menampilkan berbagai website yang mengandung kata kunci atau keyword target dalam kontennya. Keyword yang mereka gunakan pun mempunyai volume pencarian dan tingkat kompetisi yang tinggi. Untuk itulah, Anda perlu mengetahui kata kunci yang digunakan oleh kompetitor.

Menganalisis persaingan keyword dalam SEO merupakan salah satu rahasia halaman website Anda bisa masuk ke halaman pertama SERP. Inilah alasannya Anda perlu melakukan analisis persaingan keyword ketika menjalankan strategi Search Engine Optimization, atau yang sering disingkat sebagai SEO.

Lantas, bagaimana cara melakukan analisis keyword yang digunakan oleh kompetitor website Anda? Bacalah artikel ini untuk menemukan panduan lengkapnya!

Mengapa Analisa Keywords Sangat Penting untuk SEO?

Analisis keywords adalah proses riset keyword yang dilakukan untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan efektif untuk digunakan dalam strategi SEO. Dalam Digital Marketing, analisis keywords sangat penting karena dapat membantu meningkatkan peringkat SEO dan traffic organik ke website. Berikut adalah beberapa alasan mengapa analisis keywords sangat penting untuk SEO:

1. Menentukan Kata Kunci yang Tepat

Dalam upaya meningkatkan strategi SEO Anda, sangat penting untuk melakukan penelitian kata kunci secara cermat. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang paling sesuai untuk digunakan dalam konten Anda. Dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda akan meningkatkan relevansi dan kualitas konten Anda, yang pada akhirnya akan mengangkat peringkat SEO Anda.

2. Meningkatkan Peringkat SEO

Dengan memanfaatkan kata kunci yang sesuai dan relevan, Anda akan memperbaiki peringkat SEO situs web Anda. Makin tinggi peringkat SEO Anda, makin mudah bagi pengguna untuk menemukan website Anda melalui mesin pencari.

3. Meningkatkan Traffic Organik ke Website

Dengan meraih peringkat SEO yang lebih baik, Anda juga akan merasakan peningkatan arus traffic organik menuju website Anda. Makin banyak pengunjung yang datang melalui hasil pencarian organik, makin besar peluang Anda untuk mengonversi pengunjung tersebut menjadi pelanggan atau penjualan yang sukses.

Teknik Terbaik untuk Analisis Keywords Pesaing

Teknik Terbaik untuk Analisis Keywords Pesaing

Untuk meningkatkan strategi SEO, Anda juga perlu melakukan analisis keywords kompetitor. Berikut adalah beberapa teknik terbaik untuk melakukan analisis keywords pesaing:

1. Penelitian Manual

Teknik ini melibatkan kunjungan ke website pesaing Anda dan penelusuran setiap halaman mereka untuk mengidentifikasi kata kunci yang mereka fokuskan dalam konten mereka. Anda dapat memulainya dengan meneliti halaman beranda mereka, lalu menjelajahi halaman lainnya seperti blog, halaman produk, atau halaman layanan. Dengan demikian, Anda akan dapat mengidentifikasi kata kunci yang terkait dengan berbagai aspek bisnis mereka.

2. Menggunakan Keywords Tools

Selain penelitian manual, Anda juga dapat mengandalkan berbagai alat analisis kata kunci yang canggih untuk membantu Anda dalam proses ini. Alat seperti Ahrefs, SEMrush, atau Moz memiliki kemampuan untuk mengungkapkan lebih banyak tentang strategi kata kunci pesaing Anda. Anda dapat melihat peringkat kata kunci pesaing, volume pencarian, tingkat persaingan, hingga perkiraan lalu lintas yang diperoleh dari kata kunci tertentu. Dengan informasi ini, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih rinci dan terfokus.

Baca Juga: 10 Kesalahan SEO yang Harus Anda Perhatikan dan Hindari!

3. Mengamati SERP

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pesaing Anda di dunia SERP, Anda harus aktif memantau (SERP) untuk kata kunci yang ingin Anda targetkan. Identifikasi pesaing yang muncul di halaman pertama hasil pencarian dan amati halaman mereka. Tanyakan pada diri sendiri mengapa mereka muncul di posisi atas. Mungkin mereka memiliki konten yang sangat relevan, atau mereka telah mengoptimalkan meta deskripsi mereka dengan baik. Dengan menganalisis pesaing ini secara cermat, Anda dapat memetakan strategi Anda untuk bersaing dengan lebih efektif.

4. Analisis Backlink

Selain fokus pada kata kunci, analisis profil backlink pesaing juga merupakan aspek penting dalam strategi SEO Anda. Tools seperti Ahrefs akan membantu Anda melihat sumber-sumber backlink yang mengarah ke situs web pesaing Anda. Ini bukan hanya tentang kuantitas backlink, tetapi juga tentang kualitasnya. Anda dapat mempelajari cara pesaing membangun otoritas dan reputasi mereka di mata mesin pencari melalui backlink. Dengan informasi ini, Anda dapat merencanakan strategi backlink yang lebih baik untuk situs Anda sendiri.

5. Analisis Konten

Saat Anda menyelidiki pesaing yang menduduki peringkat tinggi, perhatikan konten mereka. Apakah kontennya lebih mendalam, informatif, atau menarik daripada yang Anda miliki? Analisis konten pesaing dapat memberikan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dalam industri Anda. Anda dapat melihat gaya penulisan, panjang artikel, penggunaan multimedia, dan jenis konten lainnya yang disukai oleh audiens target Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat meningkatkan kualitas dan relevansi konten Anda sendiri.

Banner SEO X CRO 2

Alat Terbaik untuk Analisis Keywords Pesaing

Untuk melakukan analisis keywords pesaing, Anda juga perlu menggunakan alat analisis kata kunci yang tepat. Berikut adalah beberapa alat terbaik untuk analisis keywords pesaing:

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk melakukan riset kata kunci. Tools ini berguna untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan efektif untuk digunakan dalam strategi SEO Anda. Namun, kekurangan Google Keyword Planner adalah alat ini hanya menampilkan data yang terbatas dan cenderung kurang akurat.

Cara menggunakan Google Keyword Planner

  1. Buka Google Keyword Planner.
  2. Masukkan kata kunci yang ingin Anda riset.
  3. Pilih lokasi dan bahasa yang sesuai.
  4. Klik tombol “Dapatkan Ide Kata Kunci”.
  5. Tinjau hasil riset kata kunci.

Baca Juga: Apa Itu CTA WhatsApp dan Bagaimana Menggunakannya dalam Strategi SEO?

2. SEMrush

SEMrush adalah tools berbayar yang bermanfaat untuk melakukan analisis keywords pesaing. Alat ini menyediakan informasi yang sangat detail tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda. Namun, kekurangan SEMrush adalah alat ini berbayar dan kurang ideal untuk pengguna yang memiliki anggaran terbatas.

Cara menggunakan SEMrush

  1. Buka SEMrush.
  2. Masukkan URL pesaing Anda.
  3. Klik tombol “Analisis”.
  4. Tinjau hasil analisis kata kunci.

3. Ahrefs

Ahrefs juga merupakan tools berbayar yang bermanfaat untuk analisis keywords. Ahrefs memiliki banyak fitur yang berguna, seperti analisis lalu lintas, laporan backlink, dan lainnya.

Cara menggunakan Ahrefs

  1. Buka Ahrefs.
  2. Masukkan URL pesaing Anda.
  3. Klik tombol “Analisis”.
  4. Tinjau hasil analisis kata kunci.

Langkah-langkah untuk Melakukan Analisis Keywords Pesaing

Langkah-langkah untuk Melakukan Analisis Keywords Pesaing

Setelah mengetahui teknik dan alat terbaik untuk melakukan analisis keywords pesaing, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan analisisnya:

1. Identifikasi Pesaing

Dalam konteks SEO, pesaing atau kompetitor Anda adalah pemilik website yang menempati halaman teratas SERP pada kata kunci yang ditargetkan, baik website bisnis, organisasi non-profit, maupun milik pribadi. Langkah yang penting dilakukan adalah melacak tren dan perkembangan kompetitor melalui website mereka.

2. Identifikasi Kata Kunci Pesaing

Setelah mengidentifikasi kompetitor Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi keywords pesaing. Berbekal bantuan tools SEO yang direkomendasikan, mulailah dengan mencari keywords yang relevan dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh kompetitor. Kemudian, bandingkan kata kunci yang Anda temukan dengan kata kunci yang digunakan serta lihatlah mana kata kunci yang lebih populer dan mana yang lebih sedikit digunakan.

Berikutnya, tinjau hasil pencarian Anda dan temukan kata kunci yang digunakan oleh pesaing dalam konten website mereka. Setelah selesai meninjau satu kata kunci, lakukan hal yang sama pada keywords lain yang digunakan oleh pesaing Anda.

3. Analisis Backlink Pesaing

Berikutnya, lakukanlah analisis backlink untuk melihat kualitas kompetitor Anda. Lihatlah jumlah dan kualitas backlink pesaing Anda untuk mengetahui seberapa kuat dan relevan website mereka.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik

4. Analisis Konten Pesaing

Setelah melakukan analisis backlink kompetitor, periksa juga konten pada website mereka. Hal yang perlu Anda tinjau dari mereka adalah judul dan topik konten untuk mengetahui jenis konten yang dibuat. Selain itu, Anda juga perlu melihat kualitas konten dan website-nya secara langsung supaya konten yang Anda buat bisa lebih maksimal.

5. Membuat Strategi SEO berdasarkan Hasil Analisis

Terakhir, setelah melakukan empat langkah di atas, sekarang saatnya untuk menyusun strategi SEO berdasarkan hasil analisis yang telah Anda dapatkan.  Gunakan kata kunci yang sama dengan pesaing untuk meningkatkan ranking website dalam mesin pencari. Selain itu, gunakan juga kata kunci yang berbeda untuk menarik lebih banyak traffic ke website. Yang paling penting, buatlah konten yang lebih berkualitas untuk meningkatkan visibilitas website Anda.

Intinya, analisa persaingan keywords dalam SEO merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Langkah ini perlu dilakukan supaya website Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk ke peringkat teratas SERP. 

Tidak bisa dimungkiri bahwa analisa persaingan keywords membutuhkan teknik dan penggunaan tools yang tepat. Belum lagi, Anda juga perlu menganalisis dengan teliti sehingga bisa menyita fokus yang besar. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. Tim SEO di ToffeeDev bekerja dengan prinsip performance-driven, sehingga kami menganalisis keyword yang digunakan pada kompetitor di halaman pertama SERP. Klik di sini dan mulailah berkonsultasi bersama tim profesional ToffeeDev supaya visibilitas website bisnis Anda meningkat!

 

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top