Backlink Adalah: Definisi, Manfaat dan Cara Membuatnya

backlink adalah

Backlink adalah salah satu strategi terpenting dalam SEO, agar sebuah website dapat bertengger di halaman pertama hasil pencarian. Dapat dikatakan bahwa manfaat backlink sangat besar bagi para blogger maupun pemilik bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan audiens. Jika Anda menggunakan website sebagai platform utama bisnis, maka Anda wajib untuk mengetahui bagaimana sebuah backlink dapat bekerja, manfaatnya, serta cara membuat backlink dengan benar. Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini!

Definisi Backlink

definisi backlink

Backlink dapat didefinisikan sebagai sebuah link dari domain atau sub-domain yang mengarah pada halaman web lain. Backlink juga biasa disebut dengan inbound link, incoming link, atau one-way link yang berarti tautan masuk atau tautan satu arah.

Website dengan backlink yang baik akan mendapatkan penilaian positif dari mesin pencari seperti Google atau Bing, dan dipercaya untuk berada di tingkat atas pada pencarian. Hal ini karena backlink berfungsi sebagai penanda jika sebuah website memiliki otoritas, dipercaya, dan mengandung konten yang berkualitas.

Pada umumnya, backlink terbagi atas dua kategori, yaitu internal backlink dan external backlink. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai kedua kategori backlink ini:

a. Internal Backlink

Internal backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman web pada satu domain, dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada konten tertentu. Kategori Internal backlink ini biasa digunakan untuk mengurangi bounce rate pada suatu website. Bounce rate adalah sebuah metrik yang menunjukkan bahwa pengunjung website tidak betah membaca konten dan cenderung langsung menutupnya.

b. External Backlink

External backlink adalah link yang mengarah atau diterima suatu website dari domain lain. Link ini sangat diperlukan jika website Anda tidak mempunyai konten yang dapat ditautkan untuk topik tertentu, sehingga harus menambahkan resource dari website lain. External backlink sangat bermanfaat, tidak hanya membantu memberikan informasi kepada pengunjung, tetapi juga membantu website lain yang Anda rujuk untuk membangun otoritas dan relevansinya di mesin pencari.

Baca Juga : Hyperlink : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Manfaat dari Backlink

Selain membuat website Anda disukai oleh mesin pencari, backlink juga memiliki beberapa manfaat penting untuk SEO website. Berikut adalah lima manfaatnya, yakni:

1. Mempercepat Proses Indeks

Mesin pencari seperti Google dan Bing dapat menaikkan sebuah website agar dapat terlihat oleh pengguna dengan cara crawling dan indexing. Crawling merujuk pada kegiatan crawler bot mesin pencari dalam menelusuri setiap link yang terdapat pada website yang dikunjunginya. Kemudian, crawler bot akan melakukan indexing, yaitu menyimpan hasil penelusurannya ke berbagai macam kategori sesuai dengan tautan atau keyword yang dimasukkan oleh pembuat konten website. Kuantitas dan kualitas backlink yang baik, akan membuat website Anda lebih cepat terindeks oleh mesin pencari, sehingga dapat lebih mudah muncul di hasil pencarian.

2. Meningkatkan Referral Traffic

Selain mendapatkan traffic dari halaman pencarian, website yang memiliki backlink yang baik juga akan mendapatkan traffic tambahan dari website yang memberikan backlink tersebut. Hal ini memungkinkan traffic website Anda semakin meningkat, terlebih lagi jika website yang memberikan backlink tersebut merupakan website yang populer dengan traffic yang tinggi.

3. Meningkatkan Domain Authority (DA)

Domain Authority (DA) pada suatu website juga dapat ditingkatkan oleh backlink. Perlu Anda ketahui juga bahwa DA digunakan sebagai matriks untuk mengukur kekuatan keseluruhan situs. Makin tinggi nilai DA pada suatu website, maka akan makin mudah bagi website tersebut berada di posisi teratas mesin pencarian, ketika mengunggah sebuah konten SEO.

Jasa SEO

4. Meningkatkan Page Authority (PA)

Berbeda dengan DA, PA atau Page Authority digunakan untuk mengukur kekuatan URL pada halaman. Skor PA berkisar dari 1 hingga 100, dan dapat ditingkatkan dengan menggunakan backlink yang baik. Makin tinggi PA yang dimiliki suatu website, maka makin besar kesempatannya untuk menduduki peringkat teratas hasil mesin pencarian atau SERP.

5. Membangun Reputasi Website

Website dengan jumlah backlink yang banyak akan dianggap sebagai website populer oleh mesin pencari. Ketika Anda mengetikkan suatu keyword pada address bar, mesin pencari akan cenderung menampilkan websitewebsite populer dengan backlink yang baik di dalamnya. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi website Anda untuk mulai membuat backlink dengan benar, agar reputasi website Anda tinggi dan mudah untuk berada di peringkat atas hasil pencarian.

Baca Juga : Cek Backlink Anda dengan Tools Backlink Checker

Cara Membuat Backlink dengan Benar

cara membuat backlink

Setelah Anda mengetahui manfaat dari backlink, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah empat langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat sebuah backlink yang sehat dan benar, yakni:

1. Perhatikan Relevansi Konten

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun backlink adalah tingkat relevansi tautan yang dibangun dengan situs. Neil Patel, seorang ahli SEO menyebutkan bahwa tingkat relevansi yang semakin tinggi akan membuat backlink website Anda semakin berkualitas. Misalnya website Anda memiliki niche mengenai travelling. Anda dapat menautkan link ke situs traveling yang memiliki kredibilitas yang baik. Kemudian, Konten berkualitas niche yang Anda buat secara berkala akan menarik perhatian dari website tersebut, dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan backlink darinya.

2. Gunakan Tools Backlink yang Tepat

Anda juga dapat menggunakan pihak ketiga untuk membangun backlink yang berkualitas. Melalui tools seperti Ahrefs dan Ubersuggest, Anda dapat menemukan blog atau website dengan kata kunci yang relevan dengan konten website Anda.

3. Manfaatkan Content Sharing Platform

Content sharing platform dapat menjadi metode yang bisa Anda gunakan untuk membangun backlink. Saat ini, banyak sekali content sharing platform yang tersebar di internet, seperti Medium, Reddit, Hipwee, dan IDN Times. Anda dapat membuat artikel dari platform tersebut dan menautkan backlink di dalamnya yang langsung terarah ke website yang Anda miliki. Pastikan konten yang Anda buat relevan dengan isi website. Cara ini dapat dilakukan secara berulang pada semua platform yang niche dengan website Anda.

4. Gunakan Metode Guest Blogging

MIrip dengan metode content sharing platform, guest blogging merupakan strategi backlink dengan menuliskan konten atau artikel yang akan dipublikasikan di situs orang lain. Teknik ini cocok digunakan untuk mencari niche yang lebih spesifik dengan tujuan mencapai audiens khusus yang tidak terjangkau oleh content sharing platform. Perbedaan lainnya dengan content sharing platform adalah Anda harus memperhatikan kualitas website tempat Anda akan membuat konten. Jika kualitasnya bagus, tidak ada salahnya untuk menanamkan backlink di dalamnya. Namun, jika traffic yang dihasilkan website tersebut tidak terlalu bagus, sebaiknya Anda cari website lain.

Baca Juga : Cara Membuat Internal Link yang Baik Dalam Konten SEO

Kesimpulan

Pemilik bisnis seperti Anda harus mengetahui peran backlink dalam kegiatan pemasaran karena backlink memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas dan otoritas website mereka di mesin pencari seperti Google. Anda juga harus aktif dalam membangun dan mengelola backlink yang berkualitas untuk meningkatkan kinerja pemasaran digital. Kegiatan mencari tautan dari situs yang relevan, berkualitas, dan otoritatif sangat diperlukan mendapatkan manfaat maksimal dari backlink

Pengaplikasian strategi backlink membutuhkan waktu dan usaha yang tidak instan, terlebih lagi jika dilakukan sendiri. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jasa web developer seperti Toffeedev untuk mendapatkan strategi backlink terbaik yang sesuai dengan website bisnis Anda.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda yang melakukannya.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat