Business Intelligence: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

business intelligence adalah

Business Intelligence adalah suatu alat bantu yang saat ini sedang populer digunakan oleh berbagai macam bisnis di seluruh dunia. Keberadaannya memang sudah terbukti banyak memberikan bantuan untuk mengevaluasi, menganalisis, serta membuat keputusan yang tepat sesuai keadaan pasar. 

Kebutuhan perusahaan yang selama ini tidak terlihat juga jadi dapat ditemukan demi operasional yang lebih efektif dan efisien. Kalau bisnis Anda belum menggunakan tools satu ini, coba pelajari dahulu informasi lengkapnya dan mulailah mengaplikasikannya. 

Apa Itu Business Intelligence?

Business Intelligence (BI) adalah sebuah konsep terkait pengumpulan, analisis, dan presentasi informasi yang diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik. 

BI membantu memproses dan menganalisis data yang terkumpul dari berbagai sumber, sehingga dapat memberikan informasi yang berguna serta diandalkan untuk memahami performa bisnis mereka. 

Dalam praktiknya, BI melibatkan teknologi dan alat untuk mengumpulkan, menganalisis, serta mempresentasikan data dalam bentuk visualisasi yang mudah dipahami. BI membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik serta cepat dengan mengurangi waktu saat mengumpulkan dan menganalisis data. 

Melalui penggunaan BI, setiap perusahaan dapat melacak performa bisnis mereka dan mengidentifikasi tren, peluang, serta tantangan yang kemungkinan besar akan dihadapi. BI juga dapat membantu untuk memperbaiki efisiensi operasional dengan mengidentifikasi area-area yang membutuhkan perbaikan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya mereka. 

Tidak berhenti di sana, BI juga membantu perusahaan untuk memahami pelanggan dan merespons kebutuhan mereka dengan lebih baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus menghasilkan pertumbuhan bisnis.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Business Model Canvas dengan Mudah

Apa Manfaat Business Intelligence?

Penggunaan BI sangat berguna dalam membantu seluruh aspek operasional bisnis tanpa terkecuali. Keberadaannya dalam setiap bisnis mampu memberikan optimalisasi yang selama ini dibutuhkan oleh para pebisnis. Manfaat lebih detailnya bisa Anda baca berikut ini. 

1. Membantu Menafsirkan Data Mentah

Keberadaan BI mampu menafsirkan data-data mentah yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini sangat penting karena biasanya perusahaan tidak mampu mengolah data mentah untuk memberikan informasi yang menyeluruh terkait performa bisnis mereka. 

Alhasil data mentah tersebut tidak mendatangkan manfaat apa pun ke dalam bisnis. Namun dengan adanya BI maka data mentah tersebut bisa langsung diolah dan dianalisis untuk memberikan hasil informasi penting dalam membuat keputusan. 

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Penggunaan BI membuat perusahaan dapat melacak performa bisnis dan mengidentifikasi area-area yang membutuhkan perbaikan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya serta mengurangi biaya operasional. 

Selain itu, BI juga dapat membantu dalam pemantauan terhadap tingkat kinerja operasional yang memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih efektif.

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

BI dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dan cepat. Nantinya perusahaan dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam banyak kasus, BI juga membantu mengungkapkan wawasan baru yang tidak terlihat sebelumnya.

Baca Juga: Melihat Lebih Dalam Manfaat Google My Business

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan BI membuat perusahaan dapat memahami pelanggan dan merespons kebutuhan mereka dengan lebih baik. 

BI akhirnya membuat perusahaan bisa memperoleh wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas produk serta layanan yang tepat sasaran. Ketika kepuasan meningkat maka perusahaan pun dapat memperoleh keuntungan serta brand awareness dari pasar yang dituju.

5. Meningkatkan Kinerja Keuangan

Selanjutnya penggunaan BI dalam bisnis juga membantu perusahaan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kinerja keuangan mereka. Saat pengumpulan seluruh data keuangan dari berbagai sumber selesai dilakukan maka BI dapat digunakan untuk memantau anggaran, mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan, dan mengurangi biaya operasional yang tidak diperlukan. 

6. Menyediakan Data Real-time

BI dapat menyediakan informasi bisnis yang real-time yang sangat penting dalam mengambil keputusan cepat yang tepat. 

Memiliki data real-time sangat penting agar perusahaan dapat merespons perubahan pasar dengan lebih cepat dan memperoleh keuntungan dari peluang bisnis yang muncul. Informasi real-time juga dapat membantu organisasi dalam melakukan pemantauan terhadap proyek-proyek yang sedang berjalan.

banner

6 Contoh Business Intelligence

Setelah Anda memahami BI maka sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan analisis dan penafsiran data hingga mengetahui tren pasar yang sedang berjalan. Coba perhatikan beberapa pengaplikasiannya dalam bisnis berikut ini. 

1.Analisis Data dan Laporan

BI dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan menghasilkan laporan yang membantu perusahaan dalam memahami performa bisnis mereka. Contohnya seperti laporan keuangan, laporan penjualan, laporan inventaris, dan lain sebagainya.

2. Analisis Data Pelanggan

Penggunaan BI dapat membantu perusahaan untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta menghasilkan pertumbuhan bisnis yang lebih baik. 

Contohnya, perusahaan dapat menggunakan BI untuk menganalisis data penjualan dan mengidentifikasi produk yang paling populer di kalangan pelanggan.

3. Analisis Tren Pasar

BI dapat membantu perusahaan memahami tren pasar dan meresponsnya dengan cara yang tepat. Contohnya seperti penggunaan BI untuk menganalisis data pasar dan mengidentifikasi tren yang sedang berkembang, seperti permintaan pasar terhadap produk baru.

4. Analisis Operasional

BI dapat digunakan untuk memantau performa operasional perusahaan dan mengidentifikasi area-area yang membutuhkan perbaikan. Contohnya, seperti penggunaan BI untuk menganalisis data produksi dalam hal efisiensi dan kualitas.

5. Analisis Biaya

BI juga membantu perusahaan dalam memahami biaya operasional mereka dan mengidentifikasi area yang dapat dioptimalkan. Contohnya, perusahaan dapat menggunakan BI untuk menganalisis data keuangan dan mengidentifikasi area mana saja yang memerlukan penghematan.

6. Dashboard Bisnis

BI juga dapat digunakan untuk membuat dashboard bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk memantau performa bisnis mereka secara real-time. Contohnya, dashboard ini dapat menampilkan grafik, diagram, serta tabel yang memberikan informasi tentang penjualan, pengeluaran, kinerja operasional, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian, Cara Daftar, dan Manfaat Google My Business

5 Skill yang Dibutuhkan Seorang Business Intelligence?

Meski konsep Business Intelligence bukan sesuatu yang baru tetapi jumlah orang yang berkecimpung di dalamnya masih tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan profesi lainnya. Kalau Anda berminat menekuni profesi satu ini, ketahui dahulu di bawah ini apa saja skill yang dibutuhkan. 

1. SQL

Keterampilan SQL (Structured Query Language) sangat penting dalam Business Intelligence karena berguna untuk mengakses, memanipulasi, dan menganalisis data dalam database yang menjadi sumber data utama dalam bisnis. 

Melalui keterampilan SQL yang baik, seseorang dapat mengekstraksi informasi penting dari database, menghasilkan laporan, dan visualisasi data yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang tepat. 

Selain itu SQL juga memungkinkan untuk melakukan pengolahan data yang kompleks seperti penggabungan dan agregasi data sehingga proses bisnis menjadi efisien dan efektif.

2. Microsoft Excel

Skill menggunakan Microsoft Excel dibutuhkan untuk membantu Anda mengolah data. Meski ada banyak software analisis yang lebih canggih, penggunaan Microsoft Excel tetap menjadi dasar penting bagi Anda untuk menekuni profesi satu ini. 

Bukan sekadar memasukkan angka tetapi juga mampu mengoperasikan keseluruhan fitur di dalamnya. Memiliki sertifikasi Excel bisa menjadi poin plus untuk Anda diterima dalam suatu perusahaan. 

3. Bahasa Pemrograman alias Coding

Seperti yang telah diketahui, analisis BI dilakukan secara digital menggunakan berbagai software yang memudahkan menafsirkan informasi. Itu berarti seorang BI harus memahami bahasa pemrograman untuk digunakan dalam berbagai aplikasi seperti Tableau, Microsoft Power BI, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Mengenal Business Plan dan Mengapa Perlu Membuatnya

4. Analisis

Seorang BI harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan analisis data. Mereka harus dapat memahami masalah bisnis dan mengidentifikasi sumber data yang diperlukan untuk menganalisis masalah tersebut.

5. Komunikasi dan Presentasi yang Baik

Seorang BI harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, baik dengan tim teknis maupun bisnis. Mereka harus dapat menjelaskan hasil analisis data dan rekomendasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pihak yang tidak memiliki latar belakang teknis.

Secara keseluruhan, Business Intelligence adalah suatu metode yang sangat efektif untuk membantu perusahaan memahami informasi dan data bisnis yang relevan sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dan cepat. 

Dalam era digital yang makin berkembang, BI juga makin menjadi penting bagi perusahaan untuk tetap berada di depan persaingan. Namun BI bukan satu-satunya solusi bisnis yang bisa digunakan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. 

Digital marketing merupakan salah satu solusi bisnis lainnya yang juga bisa memberikan dampak signifikan bagi bisnis Anda. melalui digital marketing, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness mereka dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. 

Untuk membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan sayapnya, ToffeeDev menawarkan layanan konsultasi dan implementasi digital marketing. Jangan ragu menghubungi ToffeeDev untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang layanan seputar digital marketing. 

Buka penghalang bisnis Anda dengan menggunakan layanan digital marketing dari ToffeeDev hari ini! 

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top