Apa itu Server Proxy? Berikut 6 Cara Periksa Proxy Melalui Komputer

cara cek proxy di pc

Sampai saat ini belum mendapatkan penjelasan secara mudahnya soal apa itu server proxy beserta manfaat dari penggunaannya? Selain itu, Anda juga tertarik untuk mengetahui bagaimana cara cek proxy di PC? Semua pertanyaan yang mungkin belum sempat Anda temukan jawabannya, bisa terjawab lewat artikel dari ToffeeDev kali ini!

Jadi, siapkan diri Anda untuk membaca semua penjelasan lebih lengkapnya yang sudah berhasil dirangkum oleh ToffeeDev di bawah ini, ya! Semoga dapat menambah pemahaman Anda!

Apa Itu Server Proxy?

Server proxy merupakan salah satu perangkat komputer atau software yang memiliki peran sebagai perantara antara Anda dan juga server tujuan. Penjelasan lebih mudahnya ialah ketika Anda sedang mengakses internet, sebenarnya tidaklah langsung terhubung ke website yang dituju. Melainkan, Anda akan melalui server terlebih dahulu.

Selain itu, dengan kehadiran proxy ini Anda dapat berselancar di internet secara aman. Hal demikian dikarenakan seluruh informasi yang Anda miliki sanggup disamarkan menggunakan proxy tersebut. 

Baca Juga: Apa itu Proxy dan Jenis-Jenisnya

5 Manfaat Menggunakan Server Proxy

Kehadiran dari server proxy tentu bukan tanpa alasan yang jelas. Melainkan terdapat beberapa manfaat yang memang ditujukan untuk para pengguna internet. Penasaran kira-kira apa saja manfaat yang ditawarkan oleh server proxy? Simak semuanya di bawah ini : 

1. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan salah satunya adalah berkat dari fungsi yang dimiliki oleh server proxy itu sendiri yaitu masking dan filtering. Kedua fungsi tersebut mampu menyamarkan dan menyaring data yang masuk sekaligus keluar. 

Hal tersebut jelas saja membantu melindungi Anda dari serangan berbagai virus dan malware. Selain itu semua aktivitas pertukaran data yang Anda lakukan akan secara otomatis terenkripsi sehingga mencegah orang lain memantau segala aktivitas Anda saat berselancar internet.

2. Menjaga Privasi Pengguna

Seperti yang sudah sempat kita bahas tadi soal salah satu fungsi dari server proxy yaitu masking, maka manfaat selanjutnya adalah terjaganya seluruh privasi Anda saat sedang aktif menggunakan internet.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena alamat IP Anda saat melakukan aktivitas browsing akan disembunyikan dan langsung diganti menggunakan IP  dari proxy tersebut. Sehingga, website yang hendak Anda tuju tidak akan pernah mengetahui informasi pribadi milik Anda sedikit pun.

Baca Juga: Jenis-Jenis Proxy Server

3. Mempercepat Akses 

Manfaat berikutnya tentu saja akses yang semakin cepat. Hal tersebut terjadi berkat fungsi caching yang dimiliki oleh server proxy di mana semua data yang sempat Anda akses akan otomatis tersimpan sementara. Nah, ketika di kemudian hari Anda melakukan permintaan akses data yang sama dari server, maka proxy.

4. Menghemat Penggunaan Bandwidth

Selain mendukung akses Anda selama berselancar internet dengan cepat, server proxy juga akan membantu dalam melakukan penghematan bandwidth. Untuk memahami lebih jelasnya, berikut ini pernyataan yang akan memudahkan pemahaman Anda soal manfaat server proxy satu ini.

Misalkan, jika Anda memiliki sejumlah permintaan yang sama untuk menuju ke server tujuan, maka diperlukannya bandwidth dalam membantu melayani seluruh permintaan tersebut. Hal tersebut akan berbeda jika adanya kehadiran server proxy, permintaan Anda tersebut akan dilayani melalui cache terlebih dahulu. Sehingga, tidak lagi membutuhkan bandwidth seperti permintaan yang sifatnya baru untuk mengarah ke server.

5. Membuka Akses yang Diblokir

Manfaat yang terakhir ini cukup menarik. Server proxy sanggup memberikan akses terhadap konten yang diblokir oleh negara dan provider internet tertentu. Hal tersebut mudah dilakukan karena server proxy mampu menyembunyikan alamat IP pengguna, maka akses yang mengalami pemblokiran pun bisa secara otomatis dibuka kembali. 

Baca Juga: Manfaat Proxy Server

6 Cara Cek Proxy di PC Melalui Mozilla Firefox

Untuk melakukan cek ataupun setting server proxy di perangkat komputer Anda melalui mozilla firefox, dapat dengan melakukan beberapa langkah berikut ini. Ikuti setiap langkahnya, ya!

  1. Membuka browser melalui mozilla firefox terlebih dahulu. 
  2. Setelah berhasil dibuka, kini saatnya Anda mengklik tombol Menu yang ada di bagian atas kanan pojok. Lalu dilanjutkan dengan memilih tombol Options.
  3. Kemudian, pilih tab Advanced dan klik opsi Network. Jika sudah, klik juga opsi Settings.
  4. Pilih Manual Proxy Configuration
  5. Lalu, tuliskan konfigurasi HTTP Proxy beserta port.
  6. Terakhir, jangan sampai terlupa untuk memberikan tanda centang pada bagian Use this proxy server for all protocols dan klik OK.
banner

6 Cara Cek Proxy di PC Melalui Google Chrome

Tidak hanya melalui Mozilla Firefox, namun cek atau setting server proxy juga dapat Anda lakukan melalui Google Chrome. Untuk langkah-langkah yang perlu dilakukan juga masih sangatlah mudah, pastikan Anda mengikutinya dengan seksama. Berikut ini caranya : 

  1. Bukalah halaman pertama Google Chrome Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian, arahkan kursor Anda ke bagian atas pojok kanan, lalu klik menu Settings.
  3. Setelah Anda berhasil masuk ke halaman Settings, silakan untuk scroll ke bawah hingga menemukan opsi Show Advanced Settings dan klik.
  4. Lalu, klik opsi Change Proxy Settings maka muncul halaman baru terkait Internet Properties.
  5. Lanjutkan cara berikutnya dengan memilih LAN Settings.
  6. Selanjutnya, pada bagian Server Proxy, pastikan Anda telah mencentang Use a proxy server for your LAN dan tuliskan alamat proxy yang digunakan. Terakhir klik OK.

Baca Juga: Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Web Server

Nah, demikian penjelasan soal pengertian server proxy, manfaat yang dimiliki hingga bagaimana cara periksa atau setting server proxy melalui perangkat komputer milik Anda. Sekarang Anda sudah semakin paham, bukan?

Ingin membuat website untuk pertama kalinya dan menginginkan desain yang pastinya tidak hanya sekadar bagus namun juga mampu memberikan keuntungan lebih lainnya? Ini waktu yang tepat mewujudkannya bersama ToffeeDev sebagai jasa web developer di Jakarta yang tepercaya!

ToffeeDev juga menawarkan jasa menarik lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi, apakah Anda masih ragu? Sudah bukan saatnya! Yuk, segera hubungi tim ToffeeDev dan konsultasikan semua yang menjadi kebutuhan Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top