Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

cara kerja seo

SEO seharusnya sudah menjadi istilah yang tak asing lagi bagi pebisnis, terutama mereka yang menjalankan usahanya dengan media teknologi digital. Namun, jika Anda merupakan pemain baru di dunia bisnis digital, ada baiknya Anda memahami dulu pengertian serta cara kerja SEO. Dengan memaksimalkan salah satu strategi pemasaran ini, bisnis Anda tentu akan menuai beragam manfaat yang ditawarkannya.

Apa Itu SEO?

Sebelum mengupas lebih jauh tentang cara kerja SEO, hal paling utama yang harus dipahami adalah pengertian SEO itu sendiri. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization—Pengoptimalan Mesin Pencari. Istilah ini merujuk pada strategi tertentu untuk mengoptimalkan suatu situs, misalnya situs penjualan atau promosi produk dan jasa. 

Tujuan utama dari penerapan SEO adalah membuat website target berada di posisi teratas dari hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Jika tujuan ini sudah tercapai, trafik website akan naik secara signifikan. Peringkatnya pun akan turut melesat dengan cepat. Sejumlah pakar SEO mengungkapkan bahwa kondisi tersebut memberikan pengaruh positif terhadap popularitas website, apalagi jika situs yang dimaksud adalah situs untuk berbisnis.  

Banner - SEO General

Apa Manfaat SEO?

Setelah mengetahui jenis-jenis SEO dan cara kerjanya, kini saatnya beralih untuk mengetahui manfaat SEO dalam bisnis. Berikut 3 manfaat SEO untuk kelangsungan bisnis.

1. Meningkatkan Traffic

Melakukan SEO dapat meningkatkan traffic sebuah website karena dengan mengoptimalkan website sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh mesin pencari seperti Google, website akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet dan akan mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian.

Makin tinggi ranking website yang diperoleh di hasil pencarian, maka akan makin mudah ditemukan oleh pengguna internet dan makin banyak traffic yang akan didapatkan.

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Sejarah SEO Secara Mendalam

2. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika website Anda sering muncul di hasil pencarian, maka akan lebih banyak orang yang akan mengenal brand yang dimiliki. Bahkan, ketika sebuah brand yang diinginkan tidak muncul di deretan mesin pencari, pelanggan akan mencari dan mengingat brand tersebut. Mempraktikkan SEO adalah cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness Anda.

Baca Juga: Catat! Panduan Menulis SEO-Friendly Agar Meningkatkan Traffic Website

3. Investasi Jangka Panjang

SEO merupakan investasi jangka panjang karena hasil dari SEO tidak akan terlihat dengan instan, tetapi akan terlihat setelah beberapa waktu. Investasi dalam SEO merupakan investasi jangka panjang yang bisa memberikan hasil yang sangat menguntungkan bagi bisnis Anda.

5 Cara Kerja SEO

Ada beberapa proses yang perlu diketahui untuk memahami cara kerja SEO, yaitu: crawling, indexing, processing, calculating relevancy, dan ranking. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Crawling

Crawling adalah proses di mana mesin pencari menjelajahi internet dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Proses crawling dilakukan oleh Googlebot, yang juga dikenal dengan sebutan crawler atau spider. Setiap halaman yang ditemukan akan diindeks dan disimpan di dalam database mesin pencari.

Contohnya, ketika Anda mencari sesuatu di mesin pencari, mesin pencari tersebut akan melakukan crawling terhadap website untuk mencari website yang relevan dengan kata kunci yang telah dimasukkan. Setelah ditemukan, mesin pencari akan mengindeks konten yang ada di website tersebut sebagai bahan untuk diproses lebih lanjut.

2. Indexing

Setelah proses crawling selesai, informasi yang telah dikumpulkan akan diolah dan disimpan di dalam database mesin pencari. Proses ini disebut dengan indexing. Pada tahap ini, informasi tersebut akan diberi label dan kategori sesuai dengan topik yang dibahas.

3. Processing

Selanjutnya, mesin pencari akan melakukan proses processing untuk mengolah informasi yang telah diindeks. Proses ini dilakukan untuk menentukan relevansi dan autoritas dari setiap halaman yang diindeks. Mesin pencari akan mengukur faktor-faktor seperti keyword density, meta description, backlink, dan lain-lain untuk menentukan tingkat relevansi dan autoritas dari setiap halaman.

Baca Juga: Mengenal SEO Untuk YouTube dan Cara Menerapkannya

4. Calculating Relevancy

Pada tahap ini, mesin pencari akan menghitung tingkat relevansi setiap halaman terhadap kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Hasil dari proses ini akan menentukan posisi setiap halaman di hasil pencarian.

Baca Juga : Optimasi Website untuk Mendapatkan Zero-Click Dalam SEO

5. Ranking

Terakhir, mesin pencari akan melakukan proses ranking untuk menempatkan halaman-halaman yang memiliki tingkat relevansi dan otoritas tertinggi di posisi teratas hasil pencarian, sedangkan halaman-halaman yang memiliki tingkat relevansi dan otoritas terendah akan ditempatkan di posisi terbawah.

Jenis-Jenis SEO

Berikut ini beberapa jenis SEO yang sering dikenal dan digunakan, diantaranya.

1. SEO On-Page

SEO On-Page adalah sebuah strategi yang dilakukan pada halaman website, untuk meningkatkan kualitas website tersebut sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh mesin pencari Google. Cara optimasi SEO On-Page meliputi judul, meta description, internal link, URL, dan optimasi gambar.

Website akan lebih mudah dicari dan dipahami dengan menggunakan strategi SEO On-Page. Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic website Anda.

Baca Juga : 3 Cara Optimasi SEO Agar Website Bertahan di Halaman Pertama Google

2. SEO Off-Page

Sebaliknya, SEO Off-Page merupakan strategi yang dilakukan pada halaman luar website, hal ini bertujuan untuk membuat website berada di halaman paling atas mesin pencari Google. Optimasi SEO Off-Page dilakukan dengan cara meningkatkan domain authority melalui link building, backlink, dan aktivitas pengoptimalan eksternal website lainnya.

Banner - Ebook SEO

Bagaimana Menerapkannya?

Dari pemahaman tentang cara kerja yang dijalankan SEO, Anda mungkin akan bertanya-tanya: Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik-teknik SEO agar bisa bekerja dengan tepat?

Pada dasarnya, dari setiap kata kunci yang dicari, mesin pencari akan merekomendasikan situs dengan relevansi dan reputasi terbaik. Artinya, usaha ini perlu dimaksimalkan agar situs bisnis Anda selalu tampil di halaman pertama pencarian.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dicermati saat menerapkan teknik SEO dalam situs bisnis:

  1. Gunakan kata kunci populer atau yang paling banyak dicari pada seluruh konten website Anda. Namun, penggunaannya tak boleh sembarangan. Anda tetap harus mempertimbangkan jumlah dan porsi kata kunci agar tidak terkesan spam.

  2. Kembangkan setiap kata kunci menjadi longtail keywords atau kata kunci turunan yang lebih panjang. Kata kunci ini biasanya berupa pengembangan dari kata kunci utama. Seluruhnya dapat Anda temukan dengan melakukan riset kata kunci untuk topik yang ingin dikembangkan.

  3. Tulislah konten yang berkualitas dengan judul menarik, topik yang informatif, serta struktur yang rapi dan mudah dibaca.

  4. Lengkapi setiap konten dengan meta deskripsi yang bisa menarik perhatian. Lampirkan pula beberapa tautan internal pada konten lain di situs bisnis Anda agar pengunjung betah berlama-lama menelusurinya.  

Banner - SEO x CRO

Itulah penjelasan ringkas terkait SEO, termasuk pengertian, manfaat, serta cara kerja SEO yang akan menguntungkan usaha Anda. Untuk mengoptimalkan penggunaan SEO yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pasar, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan master SEO yang merupakan tenaga ahli dalam strategi pemasaran bisnis digital.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top