11 Cara Menawarkan Produk ke Konsumen agar Laris Manis

Cara menawarkan produk ke konsumen

Promosi produk merupakan proses memasarkan sebuah produk baik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Mempromosikan produk merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Sebagai pelaku bisnis atau usaha, tentu saja Anda ingin produk yang ditawarkan laku dan diminati di pasaran.

Promosi produk yang menarik membuat konsumen jadi lebih tertarik untuk mengetahui dan mencoba produk yang ditawarkan dibandingkan milik kompetitor atau pesaing. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mempromosikan produk, yuk simak cara-cara nya berikut ini!

Cara Menawarkan Produk ke Konsumen dengan Mudah

Cara-Menawarkan-Produk-ke-Konsumen-dengan-Mudah 

Pada proses jual menjual, tidak ada produk yang namanya produk jelek karena setiap produk memiliki kelebihannya masing-masing. Cara menawarkan produknyalah yang dinilai kurang baik sehingga produk tidak bersinar dan tidak terjual dengan banyak.

Simak cara berikut ini jika Anda ingin mengetahui rahasia memenangkan hati pelanggan sehingga mendatangkan penjualan.

Baca Juga: Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru untuk Meningkatkan Penjualan dan Menonjol di Pasar

1. Menawarkan Promo Menarik

Siapa yang tidak suka dengan barang promo? Pastinya pelanggan akan merasa senang jika produk favoritnya dibanderol dengan diskon tinggi. Nah, tips promo ini juga bisa digunakan untuk menarik minat konsumen melakukan pembelian.

Selain berupa potongan harga, Anda bisa menawarkan produk kepada konsumen dengan memberikan promo berbentuk hadiah voucher belanja dan garansi spesial dari toko.

Beberapa diskon lainnya yang bisa diterapkan antara lain:

  • Beli satu gratis satu. Jadi, setiap pembelian satu produk, konsumen akan mendapatkan satu produk lagi secara gratis. Diskon ini bisa diterapkan untuk menghabiskan stok dengan lebih cepat.
  • Gratis ongkir. Anda bisa menawarkan gratis ongkir apabila produk perlu dikirim menggunakan ekspedisi atau jasa kirim agar konsumen lebih tertarik untuk membeli.
  • Pengurangan harga. Anda dapat memberikan pengurangan harga untuk jumlah pembelian tertentu. Misalnya, dengan pembelian Rp300.000, konsumen akan mendapat potongan harga Rp50.000.
  • Bundling, yaitu menjual beberapa produk dalam satu paket atau bundle dengan harga yang lebih terjangkau. Diskon ini membuat konsumen lebih tertarik karena mereka akan mendapatkan produk lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Diskon menggunakan persentase. Ini merupakan jenis diskon yang sering dilihat di mana-mana. Contohnya, diskon 50%, 70%, atau diskon 40%+20%, dan lainnya.

Baca Juga: 13 Cara Memperkenalkan Produk Baru Agar Cepat Dikenal Konsumen

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Tingkat pengetahuan setiap konsumen terhadap suatu produk tidak bisa disamaratakan. Ada beberapa konsumen yang betul-betul memahami produk secara mendetail, tetapi ada juga konsumen yang kurang begitu memahaminya. Di sinilah para pebisnis harus mampu menyederhanakan bahasa yang digunakan untuk mempromosikan produknya dengan cara menonjolkan keunggulan produk tanpa merendahkan produk pesaing agar lebih menarik perhatian konsumen.

Banner - SEO General

3. Gunakan Email Marketing

Biasanya, email marketing suatu produk mencantumkan informasi diskon atau penawaran menarik. Contohnya, menawarkan voucher diskon produk, promo bebas ongkir, atau menawarkan informasi lainnya.

Email marketing juga bisa mengundang konsumen untuk mengunjungi halaman web produk untuk mencari informasi lebih lanjut. Selain itu, e-mail juga terasa lebih personal bagi konsumen. Alasannya, e-mail marketing bisa menjaga hubungan baik antara konsumen dan brand serta dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

4. Memahami Apa yang Diinginkan Konsumen

Penjualan terjadi karena konsumen membeli produk atau jasa yang sangat dibutuhkan. Seorang pebisnis perlu mengetahui keinginan konsumennya. Dari trik ini, Anda tidak akan salah sasaran dalam memasarkan produk, karena telah memahami kebutuhan konsumen.

5. Tunjukkan Testimoni dari Konsumen yang Pernah Membeli

Cara meyakinkan konsumen bisa juga dengan menunjukkan testimoni dari konsumen lain yang sudah pernah membeli produk Anda. Terlebih lagi jika terdapat testimoni pembeli dari kalangan public figure atau selebritas ternama, maka calon konsumen akan makin tertarik dan diyakinkan.

Oleh sebab itu, coba kumpulkan testimoni dari para pembeli tersebut. Cukup penting untuk mengumpulkan testimoni ini, karena konsumen baru yang sulit diyakinkan. Mereka bisa luluh dengan menunjukkan beberapa pengalaman positif dari konsumen lain yang pernah membeli produk Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan social media untuk membagikan testimoni kepada calon pelanggan.

6. Melakukan Endorsement dengan Influencer

Pebisnis bisa bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan visibilitas. Review positif dari influencer bisa membantu dalam promosi produk, apalagi bila brand Anda belum memiliki banyak pengikut di media sosial atau belum diketahui banyak orang. Strategi pemasaran melalui kerja sama dengan influencer bisa memperluas audiens bisnis dalam penawaran produk.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Efektif?

Banner - Ebook SEO

7. Berikan Sampel Gratis atau Giveaway

Apabila produk bisnis Anda adalah makanan atau minuman, sangat mungkin untuk memberikan sampel atau tester agar konsumen bisa mengetahui rasanya. Pemberian sampel gratis kepada konsumen bisa kamu lakukan di pameran dagang yang diadakan di pusat perbelanjaan atau acara-acara tertentu.

Jika Anda ingin menerapkan cara yang satu ini, maka harus memutuskan jumlah sampel yang akan diberikan kepada konsumen. Jika produk yang diberikan terlalu banyak dengan harga yang mahal, tentu membutuhkan biaya yang besar. Jangan lupa memberikan logo atau kontak yang dapat dihubungi jika konsumen ingin melakukan pemesanan atau pembelian.

8. Laksanakan Survei Daya Beli Sebelum Memperkenalkan Produk

Guna meningkatkan penjualan serta mutu layanan, maka Anda perlu mensurvei setiap pelanggan ketika produk terjual. Anda dapat melakukannya secara langsung, atau melalui email dan telepon. Dengan melaksanakan survei, Anda akan mengetahui apa saja kritik, saran, serta pujian yang disampaikan oleh pelanggan setia. Sehingga, Anda dapat meningkatkan kualitas produk Anda jika diperlukan.

9. Konsisten Promosi

Bagi pebisnis, penting untuk melakukan promosi secara konsisten. Promosi yang konsisten merupakan landasan untuk mulai membangun keyakinan konsumen terhadap produk maupun bisnis Anda. Jika Anda jarang melakukan promosi atau bahkan terlalu sering berpromosi, hal tersebut dapat membahayakan bisnis Anda. 

Maka dari itu, langkah berpromosi yang tepat adalah dengan melakukannya secara konsisten. Contohnya seperti peluncuran produk baru setiap beberapa bulan sekali, setiap mendekati momen perayaan tertentu, dan sebagainya.

Banner - SEO x CRO

10. Manfaatkan Iklan Berbayar

Memanfaatkan iklan berbayar adalah strategi efektif dan cepat untuk meningkatkan visibilitas produk Anda dengan cepat. Dengan menggunakan iklan berbayar, Anda dapat menyasar target audiens secara spesifik berdasarkan faktor demografi, lokasi, perilaku, dan minat. Platform seperti Google AdWords, Facebook Ads, dan Instagram Ads menyediakan beragam opsi penargetan serta analitik detail untuk mengukur kinerja iklan Anda.

Penting untuk merancang iklan dengan pesan yang jelas, menarik, dan langsung to the point. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang mencerminkan produk atau jasa Anda dengan baik. Selain itu, alokasikan anggaran iklan Anda secara bijak untuk memaksimalkan hasil.

11. Berikan Layanan Kepada Konsumen dengan Prima

Pastikan pelayanan pada konsumen Anda secara responsif, bersahabat, dan siap membantu dalam menanggapi setiap pertanyaan atau masalah yang mungkin dihadapi pelanggan. Pelayanan pelanggan yang efisien juga melibatkan kejelasan kebijakan pengembalian, proses pengiriman yang dapat diandalkan, serta penyediaan informasi produk yang memadai. Pengalaman positif ini akan meningkatkan kepuasan konsumen dan memperbesar peluang pembelian kembali.

Cara menawarkan produk dengan konsisten bisa pula dengan rutin membuat sebuah blog yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen. Untuk mengetahui keinginan konsumen, Anda dapat menggunakan layanan SEO dari ToffeeDev. Segera hubungi ToffeeDev agar produk yang ditawarkan ke konsumen makin laris manis.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat