Mengulas 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Cara menjadi pengusaha sukses

Pengusaha menciptakan bisnis baru yang dapat membantu menambah pendapatan nasional melalui perpajakan, sekaligus membantu memperluas lapangan pekerjaan. Jika memiliki ide-ide baru dan inovatif untuk menciptakan hal-hal yang dapat membantu orang banyak, Anda mungkin cocok untuk menjadi seorang pengusaha. Namun, menjadi pengusaha tentu tidak semudah kelihatannya. Untuk mempersiapkan diri, mari simak 10 cara menjadi pengusaha sukses berikut ini!

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar peluang menjadi pengusaha sukses. Berikut 10 di antaranya:

1. Belajar dari Mentor

Hampir semua pengusaha yang Anda jadikan inspirasi saat ini memiliki mentor. Bahkan Mark Zuckerberg, Co-founder dan CEO Facebook, memiliki Steve Jobs sebagai mentornya. Belajar dari mentor dapat membantu pengusaha belajar lebih banyak, terbuka menerima perspektif yang berbeda, dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Karenanya, temukanlah mentor yang bisa membantu Anda belajar lebih lanjut tentang sektor usaha secara keseluruhan dan berbagai aspek menjalankan bisnis sendiri.

Baca Juga: Pemasaran Tidak Langsung dan Manfaatnya Bagi Bisnis

2. Pelihara Hubungan Bisnis Jangka panjang

Menjaga hubungan bisnis jangka panjang merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan bisnis. Hubungan bisnis bisa mencakup pelanggan, vendor, bank, media, instansi pemerintah, dan sebagainya. Jika Anda memiliki hubungan bisnis yang baik dengan media, misalnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengiklankan produk atau jasa baru. Akses keuangan bisnis juga akan lebih baik jika Anda memelihara hubungan dengan investor dan bank yang dapat menggerakkan roda untuk mengamankan pendanaan usaha.

3. Berikan Inspirasi bagi Tim 

Tidak ada pengusaha yang ahli dalam segala hal. Itu sebabnya semua pengusaha butuh tim yang terdiri dari orang-orang dengan keahlian beragam. Selain memastikan setiap anggota tim punya keterampilan dan kinerja terbaik untuk membangun usaha, Anda juga perlu mempekerjakan tim yang punya visi dan passion yang sama dengan Anda. Bangunlah kesamaan visi dan hasrat tersebut dengan menginspirasi tim lewat menciptakan lingkungan kerja yang sehat, feedback positif, dan reward.

4. Kembangkan Rencana Bisnis yang Matang

Rencana bisnis dapat membantu pengusaha mewujudkan ide usaha dan membayangkan bagaimana bisnis akan dioperasikan. Singkatnya, rencana bisnis setidaknya harus menjawab beberapa pertanyaan seputar produk atau layanan yang akan ditawarkan, siapa target konsumennya, mengapa konsumen harus membeli dari Anda, dan sebagainya. Ciptakanlah pertanyaan-pertanyaan untuk memulai proses brainstorming. Makin banyak pertanyaan yang dapat Anda jawab, makin jelas bagaimana bisnis nantinya akan dijalankan.

Baca Juga: 20 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

5. Berhemat

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan pengusaha adalah menghabiskan banyak uang untuk berbagai hal dengan alasan investasi. Sebelum membeli sesuatu, tentukan apakah pengeluaran itu adalah investasi yang diperlukan. Cek lagi rencana bisnis Anda dan pikirkan bagaimana pengeluaran tersebut akan berkontribusi pada keberhasilan bisnis. Cobalah menjalankan bisnis dengan mindset hemat agar usaha tidak mati di tengah jalan. Jika memungkinkan, cari cara untuk mengurangi biaya, misalnya seperti barter dengan perusahaan lain.

6. Jangan Berhenti Belajar

Cara menjadi pengusaha sukses yang selanjutnya adalah dengan tidak pernah berhenti belajar. Menghadiri seminar atau kelas online, misalnya, dapat membantu Anda memperluas pengetahuan yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak bagi bisnis. Anda juga bisa membaca buku karya pengusaha sukses yang Anda kagumi untuk belajar rahasia kesuksesan dan kegagalannya. Mengamati bagaimana pengusaha lain memecahkan masalah bisa membantu menyelesaikan masalah usaha Anda sendiri.

7. Bagikan Pengetahuan Anda

Dalam dunia bisnis saat ini, kesuksesan ada di tangan pengusaha yang berbagi ide dan informasi. Meskipun Anda mungkin kehilangan sedikit keunggulan kompetitif dengan melakukannya, sebagai imbalan Anda bisa memengaruhi orang lain dan sukses berbisnis karenanya. Jadi, jika Anda menemukan tool bisnis atau solusi atas masalah di industri Anda, bagikan pengetahuan tersebut lewat artikel website atau postingan media sosial.

banner

8. Manfaatkan Alat Pemasaran Gratis

Sejumlah alat pemasaran gratis seperti media sosial dapat digunakan untuk promosi. Banyak bisnis membuat akun media sosial untuk menyebarkan berita dan berinteraksi dengan audiens. Memiliki pemasaran yang sangat baik dapat membuat produk atau layanan Anda lebih banyak dikenal. Berhubung gratis, Anda bisa berhemat dan mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan biaya yang lebih sedikit.

9. Jangan Takut Gagal

Hampir semua pengusaha sukses pernah gagal. Keuletan untuk terus berusaha—meskipun gagal— diperlukan demi bisa mengubah ide bisnis menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi, Anda harus mampu melihat kegagalan sebagai pelajaran yang positif. Terlebih, semua pengusaha pasti pernah melakukan kesalahan dalam proses mencapai kesuksesan. Terapi yang paling penting adalah bertanggung jawab penuh atas kegagalan tersebut dan terus bergerak maju.

Baca Juga: 5 Cara Pengusaha Sukses Mengatur Waktu Mereka

10. Percaya Insting Anda

Mengandalkan data memang penting untuk memastikan Anda membuat keputusan bisnis yang tepat. Namun, terkadang Anda perlu lebih percaya dengan insting yang memungkinkan Anda melihat melampaui posisi bisnis hari ini. Sebagai contoh, saat Henry Ford (pendiri Ford Motor Company) menghadapi penurunan permintaan mobil dan tingkat turnover karyawan yang tinggi (1914), dia justru menggandakan gaji karyawan. Keputusan ini tidak sesuai dengan kondisi bisnis yang sedang lesu, tetapi tingkat turnover karyawan justru turun dan permintaan mobil Ford melonjak karena karyawannya pun mampu membeli mobil tersebut.

Kini, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan sebagai cara menjadi pengusaha sukses. Agar peluang kesuksesan bisnis meningkat, imbangi dengan strategi Digital Marketing yang tepat. Untuk kebutuhan satu ini, serahkan kepada ahlinya seperti ToffeeDev.

Sebagai digital agency profesional dan punya jam terbang tinggi, ToffeeDev menyediakan berbagai layanan Digital Marketing yang komprehensif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Jadi, segera hubungi tim ToffeeDev dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top