Mengenal Coding: Cara Kerja, Fungsi, dan Cara Belajarnya

coding adalah

Coding adalah elemen fundamental yang diperlukan dalam membuat website atau aplikasi. Website Anda tidak akan beroperasi dengan optimal tanpa penulisan coding yang tepat. Coding berisi bahasa pemrograman yang bisa dipahami oleh komputer sehingga bisa menjalankan instruksi yang Anda tulis.

Inilah pentingnya mempelajari coding ketika Anda hendak merancang website. Anda juga perlu memahami cara kerja coding dalam memproses perintah atau instruksi yang dituliskan sehingga website bisa berjalan dengan baik. Simak artikel ini agar Anda bisa mengenali lebih dalam tentang seluk-beluk coding.

Pengertian Coding

Pemrograman alias coding adalah proses penulisan instruksi atau perintah kepada komputer untuk melakukan tugas tertentu. Coding sangat berkaitan erat dengan bahasa pemrograman. Instruksi yang ditulis dalam coding harus menggunakan bahasa pemrograman yang terdiri dari aturan sintaks dan struktur.

Ketika melakukan coding, Anda menuliskan skrip yang terdiri dari serangkaian kode dalam salah satu jenis bahasa pemrograman yang dipilih. Kode yang ditulis dalam skrip bisa disamakan seperti bahasa yang Anda gunakan sehari-hari. Bedanya, kode ini akan membantu komputer dalam memahami instruksi yang Anda berikan. Komputer akan menerima dan memproses skrip sehingga bisa memunculkan perintah yang Anda inginkan.

Anda harus mengikuti aturan sintaks dari bahasa pemrograman yang digunakan. Pasalnya, komputer akan menginterpretasikan instruksi yang dibuat dengan akurat apabila Anda menulis kodenya sesuai aturan sintaks. Selain itu, komputer hanya bisa menjalankan perintah yang ditulis. Kode yang tidak sesuai aturan sintaks tidak akan mengoperasikan perintah yang Anda inginkan.

Dalam praktiknya, coding melibatkan proses merancang (design), mengembangkan (develop), menguji (test), dan memelihara (maintenance) website, software, atau aplikasi. Proses coding sendiri biasanya dilakukan oleh programmer atau tim developer yang terdiri dari beberapa orang dengan kemampuan dan tugas yang berbeda. Coding membutuhkan skill pemecahan masalah, logika, dan kreativitas agar bisa menghasilkan solusi dalam pembuatan website.

Apa Perbedaan Coding dengan Programming?

Coding dan programming seringkali disamakan atau dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Supaya Anda lebih memahami perbedaannya, berikut 4 perbedaan antara coding dan programming yang penting Anda ketahui. 

1. Definisi

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, coding berkaitan dengan proses menulis kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sedangkan programming melibatkan rangkaian aktivitas mulai dari perencanaan, perancangan, pengembangan, dan pengujian program. Apakah Anda sudah bisa membedakannya dari segi definisi?

2. Ruang lingkup

Coding merupakan bagian dari programming. Coding hanya berkaitan dengan penulisan kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu, sedangkan programming melibatkan berbagai aspek termasuk perencanaan dan pengujian program untuk memastikan program tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Baca Juga: 7 Website Belajar Coding Gratis

3. Fokus

Dari sisi fokus, coding lebih banyak berkaitan dengan tata bahasa pemrograman dan sintaks. Sementara itu, programming melibatkan pemahaman logika dan algoritma untuk membuat program yang efektif dan efisien. Coding hanya berkaitan dengan menulis kode, sedangkan programming menyangkut proses pengembangan program secara keseluruhan.

4. Tujuan

Tujuan utama coding menghasilkan kode program yang dapat dijalankan oleh komputer, sedangkan programming melibatkan tujuan yang lebih luas, yaitu membuat program yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Programming juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti efisiensi, keamanan, dan kemudahan pemeliharaan program.

Mempelajari coding merupakan hal yang sangat penting di era digital saat ini. Apakah Anda mulai tertarik belajar coding untuk membantu bisnis berkembang secara digital? Coding adalah komponen penting dalam proses pembuatan website bisnis Anda. Melalui website, Anda bisa promosi dan menjual produk serta layanan dengan lebih mudah.

Baca Juga: 7 Website Belajar Coding Gratis

Cara Kerja Coding

Lantas, bagaimana cara kerja coding dalam memproses skrip yang telah dibuat? Coding bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda tergantung tujuan dan penggunaannya. Terlepas dari perbedaan tersebut, cara kerja coding umumnya sama dan terdiri dari tiga tahap. Apa saja?

1. Penulisan Kode

Pertama, Anda akan menuliskan kode atau instruksi dalam bahasa pemrograman yang dipilih. Kode ini terdiri dari serangkaian perintah yang menginstruksikan komputer tentang apa yang harus dilakukan. Anda harus memperhatikan sintaks dan struktur kode agar komputer dapat menerjemahkannya dengan benar dalam sistemnya.

2. Kompilasi atau Interpretasi Kode

Setelah kode selesai ditulis, komputer akan menerjemahkan kode tersebut menjadi bahasa mesin. Perlu diingat bahwa bahasa mesin ini hanya bisa dipahami oleh komputer. Proses ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu kompilasi atau interpretasi. Pada proses kompilasi, semua kode diterjemahkan ke bahasa mesin sekaligus. Berbeda dengan interpretasi, kode diterjemahkan ke bahasa mesin secara bertahap saat dijalankan.

3. Menjalankan Kode

Komputer akan menjalankan kode yang telah diubah ke dalam bahasa mesin sesuai instruksi yang telah ditulis. Hasil atau output coding ini bisa berupa aplikasi, website, game, atau software (perangkat lunak) lainnya.

Proses coding juga tidak lepas dari kesalahan sehingga dibutuhkan debugging atau penyelesaian masalah. Dalam tahap ini, Anda akan mencari kesalahan (bug) pada kode dan memperbaikinya agar dapat dijalankan kembali dengan benar. Debugging membutuhkan penggunaan alat bantu seperti debugger, log, dan tes untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan. Inilah pentingnya skill problem solving dalam melakukan coding.

Coding adalah proses yang melibatkan penulisan, pengujian, dan debugging. Anda memerlukan keterampilan dan pemahaman yang kuat tentang bahasa pemrograman yang digunakan, struktur data, dan algoritma dalam coding. Selain itu, coding memerlukan waktu, kesabaran, dan dedikasi agar Anda bisa menghasilkan website atau aplikasi yang berkualitas dan dapat diandalkan.

banner

Fungsi Coding

Hampir semua perangkat berbasis teknologi membutuhkan coding. Proses ini tidak hanya digunakan untuk membuat aplikasi atau website di komputer atau smartphone. Teknologi pintar seperti smart home, smart TV, bahkan sistem lalu lintas di perkotaan juga membutuhkan coding dalam proses pembuatannya. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan machine learning juga dibangun menggunakan coding.

Intinya, Anda bisa merasakan kecanggihan teknologi dalam kehidupan sehari-hari berkat kehadiran coding. Pekerjaan yang awalnya dilakukan secara manual berjalan lebih efisien karena kehadiran beberapa aplikasi dan sistem AI yang dibangun dengan coding. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menikmati hiburan seperti bermain game atau mencari informasi dengan cepat melalui website.

Baca Juga: Coding Adalah Skill yang Berguna di Zaman Sekarang

Apa Manfaat Mempelajari Coding?

Mempelajari coding di era digital ini tentu akan memberikan banyak manfaat. Apalagi berbagai industri mulai beralih ke di dunia digital untuk mengembangkan bisnisnya. Lalu, apa saja manfaat belajar coding? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Membuka Peluang Karier

Mempelajari coding dapat membuka peluang karier yang luas di bidang teknologi informasi. Pekerjaan seperti web developer, software engineer, mobile app developer, dan data scientist makin banyak dibutuhkan saat ini. Semua pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan coding yang baik. Anda juga akan mendapatkan peluang untuk bekerja di industri teknologi dan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. 

2. Meningkatkan Keterampilan Logika dan Problem-Solving

Coding melatih Anda untuk berpikir logis dan menyelesaikan masalah dengan cara yang sistematis dan efektif. Saat proses coding, Anda harus bisa mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan mengimplementasikan solusi tersebut dengan cara yang tepat. Kemampuan ini dapat diterapkan pada berbagai bidang, termasuk dalam mengambil keputusan di kehidupan sehari-hari.

3. Memperluas Kemampuan Berpikir Kreatif

Proses coding membutuhkan kreativitas dalam merancang dan mengembangkan program. Dalam hal ini, Anda dapat mengekspresikan ide dan kreativitas melalui kode yang ditulis. Kemampuan berpikir kreatif yang Anda dapatkan saat belajar coding juga akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang lainnya. 

4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Dalam coding, Anda perlu memahami bahasa pemrograman dan sintaks yang digunakan. Kemampuan ini dapat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan lebih jelas dan efektif. Saat melakukan coding, Anda juga perlu bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan rekan kerja secara efektif. Mempelajari coding juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan lebih efektif saat bekerja sama dengan anggota tim lainnya. 

Cara Belajar Coding

Tertarik belajar coding setelah membaca manfaatnya di atas? Anda perlu memahami cara belajar coding yang sistematis agar bisa melakukannya dengan lancar. Ikuti langkah di bawah ini untuk mulai belajar coding.

1. Pahami Konsep Dasar Coding

Konsep dasar coding terdiri dari lima bagian, yaitu struktur data, variabel, control structure, tools, dan aturan sintaks. Anda perlu memahami konsep dasar tersebut sebagai fundamental dalam melakukan coding. Komputer tidak akan memproses instruksi yang ditulis tanpa lima konsep dasar coding.

2. Pilih Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan cara agar Anda bisa berkomunikasi dengan komputer. Anda harus memilih bahasa pemrograman sesuai tujuan atau kebutuhan Anda. Pelajari setiap aturan sintaks dan struktur dari bahasa pemrograman yang Anda butuhkan. Setelah memahami bahasa pemrograman, barulah Anda bisa menulis instruksi berisi kode yang bisa dipahami oleh komputer.

3. Lihat Contoh Coding

Langkah ini merupakan cara efektif dalam belajar coding. Ketika melihat coding yang dibuat, Anda bisa menganalisis proses pembuatan atau metode yang diaplikasikan, penggunaan kode tertentu, hingga kesalahannya.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Website Tanpa Coding

4. Mulai dengan Belajar HTML

HTML merupakan bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan karena merupakan dasar dari website atau aplikasi. HTML juga memiliki aturan sintaks yang sederhana sehingga pemula bisa lebih mudah memahaminya. Setelah menguasai HTML, barulah Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman lainnya, seperti bahasa pemrograman Python untuk membangun aplikasi.

Kesimpulannya, coding adalah elemen penting dalam pembuatan website. Baik perusahaan teknologi maupun programmer, Anda bisa mulai mempelajari coding melalui empat langkah di atas. Manfaat belajar coding juga tidak terbatas pada pembuatan aplikasi atau software, tetapi juga melatih soft skill problem solving Anda.

Namun, bagaimana jika Anda membutuhkan website sementara belum menguasai coding? Serahkan saja masalah ini ke jasa web developer ToffeeDev. Ceritakan mengenai website impian Anda dan kami akan mewujudkannya dalam website yang menarik dan responsif! Tim developer kami juga menggunakan teknologi terbaru sehingga website Anda terlihat lebih canggih. Hubungi kami segera dan mulailah membangun website bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top