Content Marketing: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Keuntungannya

content marketing

Content marketing dapat dikatakan sebagai fundamental kegiatan pemasaran digital. Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya. Semakin mudahnya akses internet dan media sosial, content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh. Namun, bagaimana cara mengaplikasikannya dalam bisnis Anda? Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkannya? Mari kita simak bersama ulasan lengkap mengenai definisi, fungsi, jenis, dan keuntungan menerapkan content marketing untuk bisnis Anda!

Definisi Content Marketing

definisi content marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang bermanfaat dan relevan, dengan tujuan menarik perhatian target konsumen, membuatnya terlibat dalam bisnis, hingga akhirnya menjadi pelanggan tetap. Sebuah content marketing harus memenuhi tiga syarat penting, yaitu, relevan, berguna atau penting, dan konsisten. Itulah sebabnya content marketing tidak boleh dibuat secara sembarangan, karena sangat berhubungan dengan kepentingan inti bisnis.

Misalnya, ketika Anda mengelola sebuah bisnis kuliner, tentu konten yang harus Anda produksi dan sebarkan adalah konten yang relevan dengan industri tersebut. Selain relevan, Anda juga harus mempertimbangkan apakah konten tersebut memang berguna atau penting untuk diketahui oleh target konsumen. 

Namun, satu konten yang relevan dan berguna saja tidak akan cukup untuk menarik perhatian target konsumen Anda yang tersebar di berbagai wilayah. Anda juga harus mengutamakan konsistensi dalam membuat dan menyebarkan konten secara rutin agar kesempatan konten dilihat oleh target konsumen Anda semakin besar.

Konten yang telah Anda buat juga tidak hanya harus dapat memberikan informasi dan menghibur, tetapi juga dapat mengonversi target konsumen menjadi pelanggan. Buatlah konten yang dapat mendorong mereka untuk melakukan aksi yang bisnis Anda harapkan, baik itu transaksi atau berlangganan melalui situs.

Baca Juga : Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Sesuai Tren Saat Ini

Fungsi Content Marketing

Content marketing memiliki berbagai fungsi yang dapat membantu meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika mengaplikasikan strategi content marketing, yaitu:

  • Membantu bisnis lebih unggul dan kompetitif  di antara para kompetitor bisnis yang tidak menggunakan pemasaran konten.
  • Dapat menjalin hubungan jangka panjang dan terpercaya dengan para pelanggan dan mitra bisnis melalui content marketing yang kuat.
  • Konsisten dalam menghasilkan lebih banyak web traffic dan media sosial yang digunakan oleh bisnis Anda.
  • Meningkatkan potensi prospek konversi yang berujung pada peningkatan penjualan.
  • Visibilitas media yang tinggi dengan potensi pengembalian investasi yang lebih baik.

Baca Juga : User Generated Content (UGC): Pengertian dan Pentingnya untuk Brand

Jenis-Jenis Content Marketing

jenis-jenis content marketing

Berbagai jenis konten kini hadir seiring menjamurnya media promosi brand dengan berbagai ide-ide kreatif. Strategi pemasaran online juga jauh lebih kompleks dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Hal ini dikarenakan pemasaran online membutuhkan waktu riset yang cenderung lebih lama, agar penyesuaian produk yang dijual dapat selaras dengan karakteristik target pasar yang dituju. 

Anda juga harus memilih jenis content marketing yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta anggaran yang ada pada perusahaan. Berikut adalah tujuh jenis content marketing yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan pemasaran digital, di antaranya:

1. SEO Articles

Artikel blog yang diunggah melalui website dapat membantu audiens untuk lebih mengenal lebih dalam brand Anda. Penulisan artikel ini juga wajib menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat agar mampu mendorong tulisan Anda berada pada jajaran teratas mesin pencarian seperti Google atau Bing. Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membuat artikel SEO adalah pemilihan keyword yang tepat, penggunaan kata yang mudah dicerna algoritma Google maupun pembaca, dan pembahasan topik yang relevan atau sedang trend.

2. Video

Konten video lebih mudah dipahami oleh sebagian orang, khususnya audiens yang menyukai informasi yang disajikan secara visual dibandingkan teks. Dilansir dari HubSpot, sebanyak 54% audiens lebih menyukai konten video dibandingkan jenis konten lainnya. Oleh karena itu konten video dapat menjadi salah satu metode paling ampuh bagi Anda yang ingin menarik audiens lebih banyak. 

Konten video menawarkan berbagai macam opsi dalam penentuan topiknya. Ide konten seperti tips & trick, review produk dari audiens, rekomendasi produk, hingga penjelasan manfaat dari produk dapat ditampilkan dengan kemasan yang menarik dalam bentuk video. Daya tarik video dapat membuat audiens nyaman, dan menghasilkan retensi yang besar. Jika olahan video disajikan secara tepat, brand Anda akan semakin dikenal audiens dan potensi mereka untuk menjadi pelanggan tetap semakin besar.

3. Infografis

Saat menelaah informasi, audiens generasi saat ini sangat mengutamakan kecepatan, sehingga mereka lebih menyukai tulisan yang singkat padat dan jelas dibandingkan dengan tulisan yang terlalu panjang. Oleh karena itu, infografis dapat menjadi solusi yang tepat untuk bisnis mempromosikan brand yang dikemas dengan konten informatif. Infografis dapat memberikan data valid yang diperkaya dengan visual cantik, sehingga mempermudah daya tangkap konsumen. Infografis yang mengutamakan kesederhanaan dalam penyajian kontennya dapat menjadi salah satu pilhan content marketing yang efektif untuk bisnis Anda.

4. User Generated Content

Jenis konten ini terbilang sangat sederhana, yaitu mengunggah ulang opini atau konten dari konsumen. Namun pada praktiknya, dampak yang dihasilkan sangat besar. Mengapa demikian? Karena para konsumen dapat merasakan hubungan yang dekat dengan brand melalui unggahan ulang tersebut. Pada umumnya, konsumen lebih mempercayai review dari sesama konsumen dibandingkan brand itu sendiri. Ide konten ini dapat menarik simpati audiens lain untuk lebih mengenal brand Anda, dan bahkan ingin membuat konten menarik lain agar diunggah kembali oleh brand. Bentuk content marketing ini dapat berupa foto, video, maupun artikel review dari suatu produk.

Jasa SEO

5. Testimoni

Salah satu faktor penting tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko adalah adanya testimoni positif. Unggahan testimoni atau ulasan produk dari konsumen sebagai konten mampu dijadikan sebagai daya tarik berupa referensi yang ingin dirasakan audiens saat menggunakan produk. Anda dapat mengunggah ulasan yang berasal dari website, marketplace, atau platform lainnya untuk dijadikan konten di media sosial resmi brand. Meskipun efektif, Anda harus membuat jarak antara konten ini dengan jenis content marketing yang lainnya. Jika tidak, konsumen akan menganggap brand Anda tidak kreatif dalam membuat konten. Gunakan secukupnya agar audiens tidak merasa terganggu dengan banyaknya konten testimoni.

6. Influencer

Menyewa jasa influencer dapat menjadi salah satu strategi content marketing yang jitu di dunia digital. Influencer cenderung memiliki banyak pengikut yang sangat niche dan berpengaruh besar pada audiensnya. Dampak dari influencer sangat besar, dan hal ini dapat Anda manfaatkan, apalagi jika influencer tersebut memiliki target pasar yang selaras dengan brand Anda.

7. Podcast

Jenis content marketing berupa rekaman suara dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi audiens. Topik yang disajikan tidak hanya menarik, tetapi juga tetap ringan dan santai sehingga dapat dinikmati dalam situasi apa saja. Podcast juga dapat membantu audiens untuk lebih memahami sebuah brand dengan cara yang tidak ‘memaksa’, sehingga terjalin sebuah kedekatan yang baik antara keduannya. Mengingat kepopulerannya yang semakin meningkat, Anda bisa menggunakan podcast sebagai salah satu alat pemasaran digital bisnis.

Baca Juga : 7 Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru yang Jitu

Keuntungan Content Marketing

Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan kebutuhan exposure dan engagement secara masif dan efektif. Terdapat beberapa keuntungan lainnya yang perlu Anda ketahui dari menggunakan content marketing sebagai strategi pemasaran digital Anda, yaitu:

1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Content Marketing dapat membantu Anda menciptakan citra profesional bagi bisnis. Menghasilkan konten yang berkualitas dan relevan dapat membangun reputasi sebagai pemimpin dalam industri Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat mereka melihat bisnis Anda sebagai sumber yang dapat diandalkan.

2. Brand akan semakin dikenal

Content marketing adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas merek Anda. Membuat konten yang valuable dan menarik akan membantu Anda memperluas jangkauan brand Anda. Utamakan konsistensi agar merek Anda semakin dikenal oleh khalayak yang lebih luas.

3. Menghasilkan Traffic yang Lebih Tinggi

Konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web Anda. Penggunaan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dalam konten Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian situs web Anda di mesin pencari. Hal ini akan membantu mengarahkan lebih banyak traffic organik ke situs Anda, meningkatkan peluang untuk mendapatkan prospek dan pelanggan baru.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Sajian konten yang menarik dan valuable untuk pelanggan dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Melalui konten yang relevan, Anda dapat mengedukasi pelanggan tentang produk atau layanan dan memberikan alasan bagi mereka untuk memilih bisnis Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan angka penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.

5. Mempertahankan Tingkat Retensi

Content marketing juga dapat membantu dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Konten yang bermanfaat dan relevan secara teratur, dapat menjaga keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka. Tingkat retensi yang tinggi bertahan lama, dapat mengurangi tingkat churn (kehilangan pelanggan) dan memperoleh pelanggan yang lebih setia.

6. Memperluas Jaringan Partnership

Content marketing juga dapat membantu Anda membangun hubungan dengan pemimpin industri dan memperluas jaringan partnership. Konten yang valuable dan shareable kepada audiens yang relevan, dapat menarik perhatian dan membangun hubungan dengan pihak lain dalam industri Anda. Hal ini dapat membuka pintu untuk kolaborasi, joint venture, dan peluang bisnis lainnya.

Kesimpulan

Content marketing sudah menjadi strategi wajib yang harus diterapkan bagi pemilik perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya di era digital. Alasannya, karena pada dasarnya setiap materi pemasaran yang dilakukan pasti membutuhkan sebuah konten untuk menjadi wadahnya. Melalui konten yang disusun dengan baik, Anda akan dengan mudah menarik perhatian target konsumen Anda dalam upaya mengembangkan bisnis.

Terlebih lagi pada zaman digital saat ini, apa pun bisnis yang Anda geluti, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital, seperti brand awarness. Salah satu platform penting yang dapat Anda gunakan sebagai media content marketing yaitu website. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jasa web developer seperti Toffeedev untuk menciptakan website yang menarik dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda yang melakukannya.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top